12 Cara Cepat Menulis Artikel SEO Yang Praktis Dan Mudah Dipahami

Cara Cepat Menulis Artikel SEO

Artikel kini memang menjadi salah satu konten yang sangat diperlukan dalam melakukan digital marketing. Tentunya dalam membuat artikel tidak boleh sembarangan. Apalagi jika tujuannya adalah untuk melakukan digital marketing. Salah satu jenis digital marketing yang cukup populer adalah artikel SEO.

Di dalam membuat artikel SEO, anda perlu memperhatikan banyak hal. Termasuk peletakan kata kunci, pemilihan kata kunci dan lain sebagainya. Pastinya sebagian masyarakat tentu ingin dapat menulis artikel SEO dengan cepat dan efektif. Padahal ada banyak panduan yang diperlukan dalam penulisan artikel SEO friendly. Bagaimanakah cara cepat menulis artikel SEO? Inilah beberapa ulasannya.

1. Memprioritaskan Pengalaman Pembaca

Hal pertama yang anda lakukan adalah perhatikan pengalaman pembaca yang menjadi target sasaran artikel. Melalui fokus pada pembaca, anda akan lebih mudah mendapatkan ide-ide yang menarik untuk artikel. Selain itu, dengan cara ini artikel yang dibuat juga fokus dan sesuai dengan sasaran pembaca yang dituju. Untuk mengetahui demografi dari pembaca, anda dapat mencoba menggunakan google anatlytics, kemudian pilih audience, demographics dan overview.

2. Melakukan Riset Kata Kunci

Riset kata kunci memang sangat penting. Tujuannya agar artikel SEO yang anda buat itu benar-benar dapat menaikkan website ataupun blog. Nah, di dalam meriset kata kunci sebaiknya juga mengukur tingkat kemampuan dari website/blog pesaing. Jadi, nantinya artikel yang dibuat tidak sia-sia.

3. Memasukkan Keyword Di Judul Artikel

Memasukkan kata kunci di judul artikel nantinya akan sangat membantu anda dalam menulis artikel SEO. Hanya dengan memasukkan kata kunci pada judul, akan membuat artikel anda lebih mudah bersaing di search engine page. Lho, mengapa perlu memasukkan kata kunci di judul artikel? Jadi, secara tidak langsung kata kunci di dalam judul tersebut akan menjadi identitas artikel layaknya sebuah judul toko. Jika anda tidak memasukkan kata kunci ke dalam judul, maka otomatis crawl google akan sulit memfilter ataupun menampilkan artikel anda di halaman pertama pencarian.

4. Menggunakan LSI (Latent Semantic Index)

LSI ini bisa anda jadikan variasi agar artikel yang dibuat memenuhi SEO dan tidak terkesan monoton. Penggunaan LSI ini juga akan membuat artikel anda menjadi konten yang relevan dan menarik di pencarian google.

5. Membuat Judul Yang Menarik

Jika salah satu cara cepat menulis artikel SEO ada yang berupa memasukkan keyword di dalam judul, maka kini anda juga bisa membuat judul yang menarik. Pada umumnya, para pencari artikel di google akan membaca judulnya terlebih dahulu. Bagaimanakah judul yang menarik? Tentu saja yang berbeda atau unik jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Misalnya anda akan membuat artikel tentang “tips menguruskan badan”, sebaiknya hindari judul yang monoton seperti 3 tips menguruskan badan. Namun, sebagai alternatifnya anda dapat membuat judul  seperti ini “17 Cara Menguruskan Badan Dengan Mudah Dan Praktis Hanya Dalam Satu Minggu Tanpa Olahraga”. Judul tersebut akan membuat artikel SEO anda lebih berpeluang dipilih oleh para pencari di google.

6. Menyederhanakan Kata-Kata Di Dalam Artikel

Jadi, untuk menemukan cara cepat menulis artikel SEO, anda tidak perlu terlalu memikirkan kata per katanya. Lho, mengapa demikian? Jika anda ingin membuat artikel SEO dengan cepat, sebaiknya hindari kata-kata yang terlalu tinggi/ ribet. Hal ini akan mempermudah anda dalam menulis artikel. Tenang saja, penyederhanaan kata-kata ini tidak lantas membuat artikel yang dibuat tidak disukai oleh pembaca. Asalkan, anda pintar dalam meletakkan kata kunci dan pokok-pokok pikiran dalam artikel. Biasanya para pembaca hanya akan melakukan teknik membaca vertikal atau scanning. Artinya, mereka hanya akan membaca pokok-pokoknya saja. Jadi, untuk apa anda menghabiskan waktu terlalu lama dalam menuliskan artikel?

7. Menggunakan Teknik Heading Dalam Penulisan

Pada umumnya, pembaca lebih menyukai artikel-artikel yang menarik. Nah, salah satu cara untuk membuat artikel menarik adalah dengan meletakkan gambar di dalamnya. Namun selain itu, ternyata juga ada cara cepat menulis artikel SEO yang cukup mudah diterapkan. Caranya yaitu dengan menerapkan sistem heading dan subheading.

Setelah menentukan kata kunci dan judul, anda bisa membuat kerangka heading terlebih dahulu. Dari kerangka itu, anda akan lebih mudah merangkai kata demi kata dalam artikel. Selain itu, melalui teknik heading fokus artikel tidak akan melebar. Sebagai salah satu penerapan dari cara cepat menulis artikel SEO, sebaiknya anda menghindari 1 paragraf lebih dari 3-4 baris.

8. Menjadikan Menulis Sebagai Hobi Bukan Beban

Cara cepat menulis artikel SEO yang satu ini memang terkesan sepele namun sangat penting. Agar dapat menulis artikel SEO dengan cepat, anda perlu menanamkan pada diri sendiri bahwa menulis itu hobi bukan beban. Jika hal ini sudah tertanam di hati dan pikiran, maka menulis artikel apapun akan terasa mudah dan menyenangkan.

9. Melakukan Strategi Rewrite

Strategi atau teknik rewrite ini memang bisa dikatakan cukup efisien untuk penulisan artikel SEO. Melalui teknik ini, anda dapat menggubah atau memodifikasi dari beberapa artikel lain. Tentu saja dengan teknik ini, waktu yang dibutuhkan untuk membuat artikel SEO akan lebih cepat dan efisien. Namun perlu diingat teknik rewrite ini juga cukup riskan. Artinya jika anda tidak pintar dalam mengakali artikel asli, maka akan timbul kecenderungan plagiarisme. Nah, untuk menga

10. Melakukan Pemeriksaan Tata Bahasa Dan Ejaan Di Akhir Penulisan

Sebagai seorang penulis, memang sangat perlu mengetahui berbagai cara cepat menulis artikel SEO sebelum terlambat. Nah, sebagai seorang penulis, tentu saja anda perlu melakukan pengecekan tata bahasa dan ejaan pada artikel, kan? Jika anda ingin dapat menulis dengan cepat, sebaiknya jangan terlalu sering memeriksa ejaan dan tata bahasa. Tanpa disadari hal ini justru akan membuat waktu anda terbuang sia-sia. Sebaiknya lakukan pemeriksaan tata bahasa dan ejaan hanya di di akhir penulisan.

11. Mengambil Waktu Istirahat Secara Berkala

Tentu saja saat membuat artikel pikiran akan merasa lelah. Nah, salah satu cara cepat menulis artikel SEO adalah ambil waktu istirahat secara berkala. Artinya, anda jangan memaksakan diri jika pikiran dan ide sudah terasa lelah. Jika dipaksakan, alhasil artikel yang dibuat justru tidak akan selesai-selesai. Namun, waktu istirahat ini harus dilakukan secara teratur. Misalnya anda dapat mengambil waktu istirahat selama 5-10 menit ketika sudah berhasil menyelesaikan 1 artikel sepanjang 1000 kata. Pokoknya atur waktu istirahat anda seefisien mungkin. Satu hal yang perlu dihindari, yaitu menjauhkan diri dari gadget yang tidak terlalu penting.

12. Melakukan Optimasi On Page SEO Di Akhir Penulisan

Lho, mengapa optimasi SEO malah dilakukan di akhir penulisan? Satu hal ini sepertinya memang sepele namun ternyata bisa menjadi salah satu cara cepat menulis artikel SEO yang baik. Jadi, pada intinya saat menulis artikel, anda jangan terlalu terbebani dengan panduan SEO. Satu hal yang perlu anda ingat adalah kata kunci. Namun, anda juga tidak boleh terlalu banyak memasukkan kata kunci ke dalam satu artikel. Pada umumnya keyword density yang dibutuhkan adalah 1% dari jumlah kata secara keseluruhan. Nah, untuk mengecek artikel SEO anda, maka lakukanlah optimasi SEO dengan menggunakan aplikasi di akhir penulisan. Hal ini akan sangat menghemat waktu pengerjaan artikel SEO friendly.

error: Content is protected !!