Mudah! Ini Cara Daftar Google News Terbaru

By: rianda 5 min read

Cara Daftar Google News

Dunia teknologi digital semakin berkembang pesat, termasuk dalam hal penyampaian informasi. Saat ini, media berlomba-lomba menyampaikan informasi terkini dalam versi digital alih-alih membuat versi kertas. Itulah sebabnya, diperlukan pengetahuan bagaimana cara daftar Google News, sebagai layanan online yang dibesut Google untuk menyediakan berita dari berbagai sumber.

Pentingnya bergabung pada layanan ini, selain sebagai alasan praktis, juga merupakan jawaban dari tantangan global. Dinamika masyarakat yang berputar sangat cepat, membuat kebutuhan membaca berita harus juga dapat terakses dengan cepat satu sentuhan. Tidak ada lagi waktu dan kertas terbuang, karena membaca koran versi cetak.

Mengenal Google News

Fokus dari layanan ini tentu saja ada pada penyediaan konten berita. Banyak redaksi berita yang ingin merambah layanan ini, menggali cara daftar Google News agar bisa turut menampilkan liputannya di halaman Berita Google. Tentu saja, jika bertengger di sana maka hasil liputan akan dapat segera dikonsumsi publik.

Bukan hanya untuk redaksi ternama, melainkan juga terbuka bagi pemilik blog atau web yang baru merintis situsnya. Bagi blog dengan niche berita-berita terkini, juga memiliki kesempatan yang sama untuk menampilkan beritanya di laman ini, sepanjang mengetahui bagaimana cara daftar Google News.

Selain untuk redaksi atau penyedia berita, layanan Google News juga sangat memudahkan bagi khalayak para pengakses berita. Publik kini tidak harus lagi mencari dan menunggu agen koran buka di pagi hari hanya untuk mendapatkan berita terkini. Hal tersebut karena akses berita melalui layanan Google ini dapat diakses 24 jam.

Tampilannya pun sangat membantu para pembaca berita untuk mendapatkan klasifikasi berita sesuai topik. Bahkan, berita yang sudah lama terbit masih dapat diakses dengan mencari berdasarkan kata kunci berita. Selain topik, berita dapat juga dipilih berdasarkan redaksi atau sumber berita, serta lokasi berita.

Dengan kemudahan tersebut, publik tentu saja terbantu karena akses yang sangat dinamis hanya dalam genggaman. Bagi yang ingin selalu mendapatkan update berita pun, Google News dapat diunduh langsung melalui Google Play Store. Membaca berita kini tak lagi terhambat waktu.

Bagaimana Cara Daftar Google News?

Pemilik blog tak perlu repot lagi jika ingin mengunggah berita-berita pilihan agar dengan mudah terakses publik. Ada beberapa tahapan yang dapat diikuti dengan mudah, sebagai cara daftar Google News yang bisa dengan segera mendongkrak blog di mesin pencarian, seperti di bawah ini:

1. Login Akun Google

Sebagai calon pengguna halaman Google News, tentu saja pemilik blog harus memiliki akun google untuk mendaftarkan blognya. Sebagai langkah awal cara daftar Google News, blogger bisa melakukan login ke akun Google yang dimiliki.

2. Melakukan Verifikasi

Kebanyakan pemilik blog atau web biasanya sudah menautkan situsnya pada Google Search Console. Namun jika belum, blogger bisa melakukan verifikasi Google Search Console dengan sangat mudah. Google juga telah menyediakan panduan yang bisa diikuti dengan mudah, jika blogger belum pernah melakukan verifikasi sebelumnya.

3. Mendaftar Melalui Publisher Center

Setelah verifikasi diterima, cara daftar Google News berikutnya adalah dengan melakukan pendaftaran melalui Google News Publisher Center. Tampilannya sangat mudah dipahami, meskipun bagi yang pertama kali mendaftarkan di halaman ini.

Pada tampilan awalnya, akan terbaca sebuah pertanyaan “Want to suggest a website for Google News?” yang diikuti dengan arahan untuk menge-click sebuah tautan di sampingnya. Dengan menyentuh tautan tersebut, pemohon akan diarahkan pada sebuah tampilan permintaan pendaftaran.

4. Mengisi Pengajuan Pendaftaran

Melalui halaman pendaftaran tersebut, silahkan isikan data-data terkait blog yang akan didaftarkan dengan benar dan lengkap. Informasi yang diisikan nantinya akan dikurasi oleh pihak Google, untuk memastikan bahwa situs yang didaftarkan adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Beberapa data yang diminta adalah informasi umum terkait situs, seperti nama situs, alamat URL, bahasa yang digunakan, dan juga lokasi tempat blog tersebut berada. Berikutnya, terdapat pilihan kategori berita yang akan diunggah di blog yang didaftarkan. Mulai dari konten opini hingga tema satire dapat di-checked list sesuai kebutuhan.

5. Melengkapi Informasi

Pada tahap akhir, pemilik blog akan diminta mengisi “News Section Information”. Halaman ini diisi manakala ada informasi penting yang ingin ditambahkan terkait blog yang didaftarkan. Terdapat dua kolom isian yaitu alamat URL blog yang ingin ditambahkan, dan juga label berita yang akan ditampilkan.

Setelah semua tahapan tersebut dilakukan, proses pendaftaran blog ke Google News pun selesai. Selanjutnya, pengguna dapat mengklik “submit” agar data-data dikirim ke Google untuk dikurasi. Review akan dilakukan oleh Google dan memerlukan waktu paling lama 3 minggu.

Kriteria Situs untuk Mendaftar Google News

Sepintas dapat terlihat bagaimana halaman ini akan memberikan kemudahan menyiarkan berita. Terutama, bagi pemilik blog yang juga menyiarkan liputannya ke publik yang mengakses Google News. Ternyata, tidak ada kriteria yang rumit agar sebuah situs bisa mendaftarkan namanya ke Google News.

1. Niche Berita

Hal pertama yang harus dipenuhi sebagai kriterianya adalah, blog atau web yang dibangun harus merupakan blog berita. Hal itu berarti, situs yang dibangun harus memuat berita-berita terkini dan penting untuk diketahui oleh publik. Tentu saja, hal ini akan menjadi otoritas Google untuk menyeleksi apakah sebuah situs benar-benar memiliki niche berita.

Memiliki blog untuk menyiarkan berita tentu tak mudah. Hal itu karena banyak bidang yang bisa diangkat dan dijadikan materi liputan. Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik blog, karena bidang berita yang bercampur, tentu akan mengurangi kualitas blog. Ada baiknya, ditentukan sejak awal, bidang berita mana yang akan menjadi fokus.

Situs yang dibangun bisa fokus dengan mengangkat berita-berita ekonomi, olahraga, atau bidang lainnya. Meskipun bisa saja menggabungkan lebih dari satu topik, namun sebaiknya tidak terlalu banyak, agar Google lebih mudah menentukan kategori blog yang dibangun.

2. Konten Berita Berkualitas

Setelah menentukan niche yang sesuai untuk Google News, langkah selanjutnya adalah pemilik blog harus memastikan bahwa konten berita yang tersaji memiliki kualitas baik. Kriteria ini sangat penting, terutama bagi yang ingin mengetahui bagaimana cara daftar Google News, mengingat halaman Google dapat dikatakan sebagai acuan adanya berita-berita berkualitas.

Meskipun Google tentunya memiliki caranya untuk memfilter berita, namun sebaiknya pemilik blog juga menerapkan attitude yang baik dalam membagikan konten. Banyak hal yang menjadikan sebuah konten berkualitas, diantaranya sajian berita ter-update dan tidak mengandung pornografi atau konten terlarang.

3. Bukan Penyebar Hoaks

Kriteria berikutnya agar situs dapat didaftarkan di Google News adalah, memastikan bahwa berita yang akan diunggah bukan hoaks. Hal ini berarti, pemilik blog harus memastikan referensi yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki sebagai pembawa dan penyebar berita adalah critical thinking. Dalam hal ini, seorang pengunggah konten harus memastikan bahwa sebuah berita adalah benar. Bukan sekadar menjadi yang tercepat mengunggah berita, melainkan jadilah yang paling berkualitas dengan tidak menyebarkan hoax.

4. Tidak Menjiplak

Terdapat kriteria lain yang harus menjadi perhatian yaitu tidak ada jiplakan. Hal ini juga termasuk salah satu etika dalam membuat konten berita, meskipun topik yang sama sangat mungkin menjadi berita yang diliput banyak redaksi. Memuat berita yang sama, bukan berarti menyajikan berita yang sama persis, apalagi dengan menjiplak konten milik situs lain.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyajikan setiap berita menggunakan gaya liputan sendiri. Setiap web atau blog, tentu memiliki gayanya sendiri yang menjadi khas tulisan. Maka, lakukan unggahan berita menggunakan kekhasan tersebut, dan jangan lupa sebutkan juga sumber yang digunakan sebagai referensi.

5. Sajian Blog Menarik

Kriteria berikutnya adalah sajian blog yang menarik secara struktur. Para blogger tentu memiliki keterampilan yang bisa diulik untuk membuat tampilan blog menarik dan mudah diakses. Kenyamanan tampilan blog, terutama dalam mencari arsip berita, adalah nilai tersendiri yang akan memudahkan pembaca dan juga Google dalam memprioritaskan blog tersebut.

Meskipun estetika penampilan juga menghasilkan kredit poin tersendiri di mata pembaca, namun kemudahan pencarian tetap menjadi yang utama. Tujuan seseorang mengakses berita adalah untuk mendapatkan informasi akurat secepat mungkin. Maka, tampilan yang rumit justru akan merepotkan pembaca untuk mendapatkan berita yang dibutuhkan.

Keuntungan Mendaftar Google News

Mengapa cara daftar Google News penting untuk diketahui, karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh para blogger. Selain bagi pembaca yang dapat mengakses berita dengan lebih cepat, para blogger bisa mendapatkan manfaat lebih, terutama untuk membangun blognya menjadi lebih baik.

1. Meningkatkan Rangking Blog

Salah satu keinginan yang dimiliki pemilik blog tentu saja adalah agar situs yang dibangun dapat terdeteksi di mesin pencarian Google. Selain itu, tentu akan lebih menguntungkan jika situs dapat tampil di halaman pertama Google. Selain menjadi populer, blog akan mendapatkan traffic kunjungan yang meningkat.

Dengan mengetahui bagaimana cara daftar Google News, praktis para blogger akan memajang berita-berita blognya di halaman berita milik Google ini. Maka, bukan tidak mungkin peringkat situs tersebut akan terdongkrak karena akses yang semakin terbuka lebar menuju halaman blog yang dibangun.

2. Media Promosi yang Efektif

Mendapatkan kunjungan yang banyak dari pembaca tentu saja akan membuat blog semakin banyak dikenal publik. Hal ini bisa menjadi media promosi yang efektif bagi pemilik blog, paling tidak untuk memperkenalkan branding atau nama blognya kepada publik. Semakin banyak akses, semakin banyak juga publik mengenal blog yang dibangun.

Jika selama ini mengundang pengunjung hanya dilakukan dengan optimasi SEO yang rumit, dengan membuka akses di Google News, hal itu akan semakin mudah. Meskipun tetap diperlukan optimasi SEO, namun setidaknya menampilkan artikel hingga ke halaman pertama Google sangat mungkin untuk diraih.

3. Mengurangi Biaya Iklan

Optimasi brand name pada blog atau web sering dilakukan dengan memasang iklan. Dengan mengetahui bagaimana cara daftar Google News, blogger kini memiliki cara lain untuk mengurangi biaya iklan, dengan tetap meningkatkan traffic pengunjung. Bahkan, blog yang dimiliki bisa dipromosikan gratis dengan tautan backlink dari web lain, karena unggahan berita yang berkualitas.

Setelah memahami cara daftar Google News dan manfaatnya, blogger dan pengelola web dapat melakukan optimasi branding. Meningkatkan jumlah pengunjung ke blog, sekarang dapat dilakukan dengan mudah, tanpa harus memanfaatkan spam backlink atau cara yang tidak berkualitas. Halaman berita Google dapat dimanfaatkan untuk memudahkan blog mendapatkan kenaikan rangking di mesin pencari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *