8 Cara Membuat Artikel Opini Yang Baik Dan Benar Serta Berkualitas

1 min read

Menulis merupakan seni dan anugerah dari Tuhan. Tidak setiap orang mempunyai kemampuan untuk menulis. Kegiatan menulis dapat memberikan pundi-pundi rupiah ke dalam dompet kamu. Contohnya akhir-akhir ini banyak sekali penulis-penulis lepas, terutama penulis artikel opini. Namun meskipun banyaknya penulis tak banyak mengetahui tentang bagaimana cara membuat artikel opini yang baik, benar, dan berkualitas.

Tidak mudah memang untuk membuatnya. Namun jika setiap hari terus-terusan kamu asah. Kemampuan menulis artikel opini kamu pun patut diperhitungkan.

Menulis artikel opini memanglah susah-susah gampang. Perlu latihan, mengasah serta banyak-banyak membaca buku agar kosakata dalam penyusunan kalimatnya saling berkesinambungan satu sama lain. Namun untuk kamu yang masih kebingungan dalam membuat artikel opini kamu bisa lakukan beberapa cara membuat artikel opini di bawah ini.

1. Mencari Topik Terhangat Terlebih Dahulu

Untuk kamu yang ingin membuat artikel opini, mencari topik terhangat sangatlah penting di lakukan pertama kali. Sehingga dalam kegiatan menulis nanti kamu mudah mau menuliskan apa nantinya. Karena beritanya masih hangat di perbincangkan.

2. Menyusun Secara Garis Besar Apa Saja Yang Akan Kamu Tulis

Cara membuat artikel opini selanjutnya adalah kamu menyusun secara garis besar apa saja yang akan kamu tulis nantinya. Hal ini mempermudah kamu dalam menulis artikel opini. Selain itu kamu dapat menyusun mana saja yang akan di tulis pertama kali dan mana yang akan kamu tulis paling akhir.

3. Menggunakan Bahasa Yang Baik Dan Tidak Monoton

Dalam penulisan artikel opini. Memakai bahasa yang baik dan tidak monoton memanglah sangat di anjurkan. Tujuannya agar si pembaca bisa memahami artikel opini yang kita tulis namun tidak merasa bosan ketika membacanya

4. Sistematis

Setelah kamu menyusun secara garis besar apa saja yang akan kamu tulis. Kamu bisa meyusunya dengan cara sistematis. Penulisan sistematis ini sangatlah penting. Karena akan mempermudah memahami oranglain dalam memahami artikel yang kamu tulis.

5. Munculkan Wacana Yang Berimbang

Menulis artikel opini bertujuan untuk mengiyakan oranglain pada opini yang kita buat. Maka dari itu, sebaiknya dalam artikel opini yang kita buat usahakan untuk memunculkan wacana yang berimbang. Cari referensi atau sumber-sumber dari pakar di bidangnya.

Setelah itu kemudian kutip benang merah yang telah di sampaikan. Penulis artikel opini memang identik dengan dunia akademisi, jadi berilah berbagai pilihan opini kepada masyarakat dan biarkan masyarakat sendiri yang menentukannya.

6. Sertakan Data Yang Akurat

Poin ini sangat penting bagi kamu yang menulis artikel opini. Karena apa yang kamu tulis di dalam artikel bukan hanya analisa kamu semata melainkan dari data-data yang kamu peroleh.

Data-data itupun bukan hanya data-data yang diucapkan dari orang lain, melainkan harus disertai bukti yang akurat. Dengan menyertakan data-data akurat yang kamu peroleh tulisan artikel opini merupakan sebuah artikel opini yang baik.

7. Penutup Yang Berkesan

Cara membuat artikel opini yang ke 5 ini sangat penting bagi kamu lakukan. Kamu bisa menuliskan sebuah pertanyaan, pernyataan, doa, serta harapan dengan ucapan yang menarik di akir tulisanmu. Agar si pembaca terkesan setelah membaca artikel opini kamu.

8. Judul Yang Menarik

Satu lagi yang jangan kamu lupakan. Yakni membuat judul dalam tulisanmu. Berilah judul yang menarik, singkat, padat, dan jelas dalam tulisanmu. sehingga membuat orang lain penasaran dengan tulisan yang kamu tulis dan ingin membaca artikel opinimu.

Membuat Kerangka Artikel: Kenali Jenis Dan Susunan Kerangka Artikel

Kerangka alur tulisan sangat mempengaruhi kualitas sebuah artikel, bagaimana tidak karena alur yang jelas akan membuat sebuah artikel enak...
rianda
3 min read

Jasa Penulis Artikel Online Solusi Kebutuhan Artikel Anda

Saat ini ada banyak jasa penulis artikel online yang hadir guna memenuhi kebutuhan artikel. Memang harus diakui jika saat...
rianda
1 min read

Ingin Jadi Penulis Artikel? Ini Cara Membuat Artikel Yang…

Kualitas sebuah website atau blog bisa ditentukan dari kualitas konten yang ada di dalamnya, terutama adalah konten artikel. Hal...
rianda
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *