Banyak yang belum paham cara membuat artikel SEO friendly. Pada dasarnya artikel yang original dan berkualitaslah yang akan banyak dicari dan besar kemungkinan muncul dihalaman pertama google. Namun disamping itu ada beberapa tips yang akan membantu artikel kamu supaya muncul di halaman pertama google.

Pada kesempatan kalai ini kita akan membahas bagaimana cara membuat artikel SEO friendly. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis jadi tidak usah ragu untuk mempraktikkan ilmu yang akan penulis bagikan.

Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Berikut tips atau cara yang dapat kamu lakukakan :

Buat Konten Yang Original

Poin ini sengaja saya tulis paling atas karena memang keaslian sebuah artikel itu nomor satu. Jika kamu ingin artikel kamu muncul di halaman awal google maka kamu harus membuat artikel yang 100% unik bukan dari hasil copy paste.

Untuk membuat artikel yang original tidak harus 100% pemikiran sendiri. Kamu bisa mencari referensi dari berbagai website/blog yang memiliki artikel yang berkualitas. Dari beberapa referensi yang kamu dapatkan, mulailah menulisnya dengan bahasa kamu sendiri. Buat artikel kamu lebih lengkap dari referensi yang kamu peroleh. Gabungkan beberapa referensi menjadi satu artikel yang baru.

Buat Konten Yang Dibutuhkan Banyak Orang

Selain membuat konten yang original, membuat konten yang dibutuhkan sangatlah penting untuk diperhatikan. Bagaimana blog kamu akan banyak pengunjung jika artikel yang kamu buat terlalu spesifik dan tidak banyak orang butuh. Contoh artikel yang banyak dicari dan dibutuhkan adalah artikel tentang kesehatan, teknologi, bisnis, wisata dll.

Untuk mengetahui seberapa banyak suatu artikel dicari, kamu bisa menggunakan bantuan google keyword planner. Google keyword planner ini akan membantu kamu dalam meriset suatu kata kunci. Kata kunci ini yang akan kita terapkan dalam artikel yang akan kita buat.

Optimasi Artikel

Jika kita sudah paham caranya membuat artikel yang original dan banyak dibutuhkan, maka selanjutnya adalah mengoptimasi. Yang dimaksud mengoptimasi disini adalah membuat artikel menjadi seo friendly. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menulis artikel, berikut ini penjelasannya :

  • Optimasi judul artikel. Buatlah judul artikel yang menarik agar orang terpancing untuk mengklik artikel kamu. Masukkan keyword atau kata kunci dalam judul artikel yang kamu buat. Untuk penulisan keyword dalam judul boleh ditambahkan didepan atau dibelakang keyword dan tidak boleh diselipkan ditengah kata kunci.
  • Penempatan keyword. Tempatkan keyword di paragraf pertama atau didalam 140 kata pertama, ditengah artikel dan di akhir artikel. Hal ini akan membantu meyakinkan google bahwa isi artikel adalah benar-benar sesuai dengan keyword.
  • Penggunaan elemen h1,h2,h3. Jangan pernah membuat artikel yang isinya hanyalah paragraf saja, karena hal ini akan membuat pembaca sulit untuk mengetahui isi seleruruhan dari paragraf. Buatlah subheading atau sub judul untuk membantu pembaca memahami isi dari tulisan kamu. Gunakan elemen h1, h2, dan h3 dalam membuat judul dan subjudul.
  • Teliti format penulisan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan seperti dalam 1 subheading tidak boleh lebih dari 300 kata, 1 kalimat tidak boleh lebih dari 20 kata dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam mengoptimasi artikel, kamu bisa menggunakan pluggin wordpress SEO by Yoast. Pluggin ini akan membantu dan memandu kamu dalam menulis artikel. Sebuah pluggin yang sangat bagus menurut saya, karena dengan pluggin itu kita bisa menilai apakah tingkat readability dan SEO nya sudah bagus atau belum.

Pada intinya google akan menampilkan sebuah website dihalaman pertama website yang memiliki konten yang berkualitas, original dan dibutuhkan banyak orang. Untuk itu perlu untuk kamu membuat konten yang sesuai kriteria tersebut. Demikian cara membuat artikel seo friendly yang dapat saya bagikan. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan dikolom komentar dibawah ini.