"> Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Peringkat Google By Kang Pur

Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Peringkat Google By Kang Pur

3 min read

Berbicara mengenai website tentunya tidak lepas dari yang namanya artikel, entah itu website profesional maupun sebuah blog sederhana. Artikel merupakan hal terpenting karena website sebesar apapun, sebagus apapun, apabila memiliki artikel yang tidak enak dibaca dan buruk tentunya lambat laun akan mengalami kemunduran dan tidak akan berkembang.

Tidak heran terdapat istilah Content is King. Lantas bagaimana cara menulis artikel yang baik dan mendapat peringkat di Google? Anda akan memahaminya setelah membaca artikel ini hingga selesai.

Hubungan Artikel Yang Baik Dengan SEO Friendly

Menulis artikel di website dengan menulis buku tidaklah sama, walaupun keduanya memiliki skill menulis dan merangkai kata yang baik. Penulis artikel website harus bersaing untuk mendapatkan peringkat di Google.

Sebaik apapun artikel apabila tidak mendapat peringkat pada 3 halaman pertama Google maka akan sangat sedikit bahkan tidak mungkin mendapat pengunjung website, kenapa? Karena rata-rata pengguna internet pasti memilih artikel dari website yang berada pada 3 halaman pertama Google atau bahkan hanya halaman pertama Google.

Mesin pencari Google sendiri memiliki algoritma unik yang akan memprioritaskan artikel yang sesuai dengan kriteria Google. Salah satu kriteria adalah banyaknya jumlah pembaca, durasi menit artikel dibaca, berapa kali dibagikan, dan tentunya SEO Friendly. Dari ke empat hal tersebut memang SEO Friendly saya letakkan pada prioritas terakhir karena fokus membuat artikel tentunya untuk pembaca bukan untuk mesin Google.

Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Nyaman Dibaca?

Website/blog akan sering dikunjungi apabila setiap artikel alias postingan dapat membuat pengunjungnya/pembaca betah bertahan lama untuk membacanya. Karena akan sangat percuma juga apabila memiliki konten informatif namun penyampaiannya tidak enak dibaca. Berikut tips agar artikel nyaman dibaca :

1. Menggunakan Bahasa Yang Mudah Dipahami

Setiap orang dapat menemukan website anda dan tentunya mereka memiliki kepribadian dan dari latar belakang yang berbeda. Maka hindari dan usahakan menggunakan bahasa yang terkesan berlebihan atau terlihat “Alay dan Lebay”, hal ini terkadang membuat pembaca merasa risih. Cek terlebih dahulu setiap Kosta kata yang anda gunakan dalam kalimat.

2. Memiliki Paragraf Yang Tidak Terlalu Panjang

Paragraf yang panjang akan terlihat tidak enak dipandang dan membuat mata pembacanya lebih mudah lelah dibanding dengan paragraf yang singkat. Rata-rata paragraf yang tidak membuat lelah pembacanya memiliki kurang dari 6 kalimat atau 8 baris. Kecuali anda membuat konten cerita.

3. Memiliki Sub Judul Atau Sub Heading

Pemberian Sub Heading merupakan salah satu cara membuat artikel yang baik karena akan memudahkan pembacanya. Sub Judul juga akan memberikan penekanan topik yang dibicarakan dan tentunya memperlihatkan anda seorang yang profesional. Terutama dalam artikel berupa konsep maupun tips dan trik akan sangat perlu memberikan Sub Heading.

4. Menggunakan Tanda Nomor/Bullet Dalam Penerapan Konsep

Cara ini dapat digunakan dalam artikel yang memaparkan sebuah konsep atau penjelasan mengenai suatu hal. Misalnya :

  • Tips Memilih Smartphone
  • Cara Membeli Hosting
  • Langkah Membuat Artikel

Cara ini juga wajib digunakan apabila artikel yang ditulis berisi tentang tutorial.

5. Memaparkan Referensi (opsional)

Apabila artikel yang anda buat mengandung kutipan dari pendapat seorang tokoh, pakar, maupun buku maka sangat disarankan memberikan referensi. Pembaca biasanya akan lebih menghargai artikel yang mengungkapkan sumber yang jelas. Namun apabila artikel yang anda buat merupakan karya sendiri maka tidak perlu memakai cara ini.

6. Penyisipan Media Visual

Tampilan pertama sebuah artikel akan mempengaruhi mood pembaca, penyisipan gambar akan sangat menarik perhatian pembaca terlebih dalam konten tempat wisata.

7. Penegasan Kata Maupun Kalimat

Apabila terdapat kata penting, istilah, maupun nama ilmiah maka penegasan kata sangat diperlukan. Kata penting maupun kalimat penting dapat ditegaskan dengan tanda baca. Misalnya tanda kurung,tanda petik maupun style penulisan misalnya ditebalkan (Bold), garis bawah (Underline), maupun dengan huruf miring (italic).

8. Cek Kembali Tulisan Sebelum Dipublikasikan

Sangat penting dilakukan sebelum memposting artikel adalah membaca kembali artikel yang anda buat. Karena sering sekali terjadi salah ketik/Typo yang tidak disadari. Selain itu membaca kembali artikel akan meningkatkan pemahaman penulis mengenai konten yang dibuat.

Setelah membaca mengenai 8 cara membuat artikel yang baik, kini saatnya memikirkan dan menerapkan SEO karena berpengaruh terhadap peringkat Google.

Lantas Bagaimana Meningkatkan SEO Pada Artikel?

Kenapa SEO menjadi bagian penting terhadap artikel yang baik dan berkualitas? karena artikel yang baik namun tidak menggunakan pedoman SEO akan kecil kemungkinan bersaing pada pemeringkatan Google. Sebaik apapum konten apabila kalah bersaing dalam pemeringkatan Google maka akan sedikit yang membaca bahkan tidak ada. Dalam arti lain percuma membuat konten baik namun tidak ada yang membaca karena salah satu tujuan kita membuat artikel adalah dibaca orang lain. Lantas bagaimana meningkatkan SEO pada artikel? berikut tipsnya:

1. Menggunakan Keyword Pada Judul

Sebenarnya ini bersifat opsional ayan artinya bukan keharusan. Namun hal ini ikut berpengaruh karena judul dengan keyword akan mudah bersaing pada mesin pencarian Google.

Judul yang menarik dan terkait dengan kata kunci tentunya akan ikut diperhitungkan dengan algoritma Google. Selain itu judul yang menarik juga tentu saja akan memiliki kesempatan lebih besar mendapat klik dari pengunjung.

Sebagai contoh kata kunci “ tempat wisata di Bandung” maka anda dapat mengembangkan kata kunci tersebut menjadi “Tempat Wisata Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi”.

2. Tidak Memaksakan Kata Kunci Dalam Kalimat

Walaupun kata kunci harus selalu disisipkan dalam artikel, namun harus diperhatikan juga apakah kata kunci serasi atau tidak apabila dibaca dalam kalimat. Karena pengalaman, banyak sekali artikel yang menyisipkan kata kunci namun tidak nyaman dibaca karena memaksakan penggunaan kata kunci dalam kalimat yang tidak tepat.

3. URL Mengandung Keyword Utama

Apabila anda memiliki website yang membahas “Niche” mengenai tempat wisata maka sangat disarankan memiliki nama website yang mengandung kata wisata. Misalnya “explorewisata.com, tempatwisata.com, wisataindonesia.com” ataupun jika anda masih menggunakan domain gratisan sama saja penerapan kata kunci untuk website.

4. Gunakan Keyword Turunan

Salah satu cara membuat artikel yang baik dan pendapa SEO adalah penggunaan keyword turunan. Keyword turunan akan ikut mendukung dalam memperingkatan website pada halaman Google.

Sebagai contoh apabila anda membidik kata kunci “Laptop Terbaik” maka anda dapat menggunakan keyword turunan berupa “Teknologi Laptop Terbaik, Laptop Terbaik Dan Terbaru”.

5. Persentase Kata Kunci Dengan Jumlah Kata Artikel

Persentase kata kunci dalam artikel juga akan berpengaruh dalam peringkat Google. Biasanya persentase kata kunci yang dianjurkan dalam penulisan artikel adalah 0,5% – 2,5%.

Sebagai contoh apabila artikel terdiri dari 1000 kata dan menggunakan kata kunci “cara membuat artikel yang baik”, maka jumlah kalimat “cara membuat artikel yang baik” minimal ada 5 dan maksimal 25, berlaku kelipatan.

6. Penggunaan Tags

Penggunaan Tags dalam artikel juga sangat berpengaruh dan sangat disarankan diisi dengan kata kunci. Selain dengan kata kunci, tags juga disarankan diisi dengan kata kunci turunan.

Kesimpulan

Walaupun Keyword harus dimasukkan dalam artikel, namun perlu diingat bahwa SEO dijadikan prioritas terakhir. Karena artikel alias konten dibuat ditujukan kepada manusia bukan mesin. SEO hanyalah salah satu cara menaikkan  peringkat Google.

Ingat bahwa kriteria algoritma Googlemenaikkan peringkat websiteadalah banyaknya jumlah pembaca, durasi menit artikel dibaca, berapa kali dibagikan, dan tentunya SEO Friendly. (SEO friendlydiprioritas terakhir).Maka fokuslah dengan konten yang bagus dan menarik namun juga menerapkan SEO.

Demikian cara membuat artikel yang baik dan SEO Friendly. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Ditulis oleh penulis : Purwo Widodo

One Reply to “Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Peringkat Google By…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *