15 Cara Membuat Artikel Yang Baik Untuk Pemula By Dewi

Cara Membuat Artikel Yang Baik Untuk Pemula

Media saat ini sangat membebaskan semua orang untuk menulis, untuk itu anda perlu mengetahui cara membuat artikel yang baik. Artikel yang berkualitas adalah yang jenis konten artikel dengan jumlah kata dan kalimat yang lengkap.

Data yang valid merupakan konten yang paling penting untuk membuat artikel yang baik. Sebelum anda menulis artikel penting untuk mengetahui faktanya sebelumnya. Mengingat, tulisan anda nantinya akan dibaca oleh semua kalangan, dengan memberi tulisan fakta maka dapat mengurangi berita hoax.

Dalam membuat artikel salah satu cara membuat artikel yang baik adalah dilarang membuat konten artikel yang rumit. Dengan begitu pengunjung diblog atau website anda tidak akan bosan dengan apa yang anda tulis.

Cara membuat artikel yang baik tidak berdasarkan dari jumlah yang semakin banyak semakin berkualitas, dan semakin sedikit tidak berkualitas. Terpenting dalam pembuatan artikel adalah tulisan yang detail dan mengarah pada inti tulisan.

Beberapa dari anda tentunya ada yang masih menanggap bahwa menulis artikel itu rumit karena membutuhkan ide yang banyak dan pandai dalam mengola kata.

Banyak juga tentunya yang hanya menjadi pembaca artikel saja tetapi belum pernah menulis artikel. Padahal sebenarnya membuat artikel ini sangatlah mudah terlebih jika anda telah memahami teknik membuat artikel itu sendiri. Oleh karena itu, kami akan membagikan apa saja cara membuat artikel yang baik.

1. Menentukan Tema dan Judul

Hal yang pertama dan yang paling penting anda lakukan untuk menciptakan artikel yang baik adalah menentukan tema dan judul. Dengan menentukan tema dan judul apa yang akan anda tulis, maka tulisan anda tentunya lebih jelas karena terarah.

2. Berikan Judul dan Deskripsi yang Menarik

Setelah anda menentukan judul, buatlah judul semenarik mungkin. Agar pembaca minat untuk membaca tulisan anda karena judul anda membuat semua pembaca penasaran.

Selain judul yang menarik deskripsikan tulisan anda semenarik mungkin diawal paragraf. Karena pokok tulisan terletak pada judul dan deskripsi tulisan.

3. Berikan Gambar yang Unik

Agar pembaca tidak bosan melihat tulisan anda saja jangan lupa untuk menyelipkan beberapa gambar yang menarik sesuai dengan tema anda. Dengan begitu artikel anda tentunya semakin bervariasi dan berwarna pembaca juga semakin tertarik untuk membacanya.

4. Kalimat yang Bagus

Penting untuk anda yang ingin menulis artikel yaitu penggunaan kalimat yang bagus. Kalimat yang bagus adalah kalimat yang sinkron antara paragraf satu dengan lainnya sehingga tulisan tersebut memiliki inti yang sama. Kalimat yang bagus tentuny memudahkan pembaca untuk membaca tulisan anda.

5. Keyword yang Mudah Dipahami

Keyword adalah kata kunci dimana keyword adalah inti dari apa yang anda tulis. Untuk itu dalam pembuatan keyword itu sendiri pilihlah keyword yang mudah dipahami. Dengan begitu inti tulisan anda dengan mudah dipahami oleh pembaca artikel anda.

6. Membuat Kerangka Artikel

Cara ini juga sangat penting agar artikel yang anda buat tidak bergeser terlalu jauh dari tema yang telah anda tentukan. Dengan membuat kerangka terlebih dahulu tentunya artikel lebih mudah dikerjakan dan searah dengan judul serta tema anda.

7. Perbanyak Membaca Buku dan Gunakan Referensi Terpercaya

Buku adalah jendela dunia bagi semua kalangan tentunya dengan membaca buku wawasan anda menjadi lebih luas. Dengan memiliki wawasan luas akan membuat anda kaya ide dalam menuangkan segala tulisan di artikel anda. Jika wawasan luas, anda juga tidak perlu mencari ide di internet.

Kalau memang memperlukan data gunakan referensi yang terpercaya seperti buku. Karena media online saat ini sulit ditemukan referensi data yang valid lebih dominan berita hoax daripada fakta.

8. Memahami Isi

Tentunya jika anda memahami judul, tema dan juga keyword anda juga sangatlah perlu untuk memahami isi. Dengan memahami isi yang ada pada artikel anda tentunya antara judul, tema, keyword dan juga isi akan sama dan menghindari keluar dari topik. Tentunya cara ini akan membuat pembaca lebih mudah memahami mengenai apa yang anda tulis pada artikel tersebut.

9. Artikel Original

Semakin pesatnya perkembangan teknologi tentunya saat ini banyak program yang dapat mendeteksi tulisan itu original maupun tidak. Tingkat original dalam artikel yang anda buat merupakan kualitas yang paling penting diperhatikan. Semakin artikel tersebut original maka tulisan anda akan lebih dihargai.

10. Artikel Padat

Banyak artikel atau yang paragraf utamanya hanya singkat saja akan tetapi memiliki kata penghubung yang banyak sehingga memberi kesan bahwa paragraf tersebut tidak padat. Paragraf yang tidak padat dapat dilihat banyaknya kata sifat daripada kata kerja. Hal tersebut dapat membuat artikel anda tidak menarik, terkesan boros dan tidak informatif.

11. Menggunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Penulisan artikel memang memiliki ciri khas yang beragam, dapat menggunakan bahasa baku. Banyak juga yang menggunakan bahasa yang lebih santai. Akan tetapi penting untuk anda menggunakan bahasa yang mudah dipahami meski anda menggunakan ciri khas yang berbeda.

Hindari penggunaan bahasa gaul, maupun kata yang disingkat. Karena, pembaca anda dari segala macam kalangan dan tidak semua orang dapat memahami apa yang anda tulis.

12. Berikan Kualitas Pada Tulisan

Semua penulis artikel tentunya memiliki ciri khas tersendiri disetiap tulisannya. Penulis yang memiliki ciri khas dengan menulis yang selalu baik dan rapi. Maka makna yang terjadi pada tulisan tersebut juga lebih enak dibaca, dan sinkron. Sehingga perlu bagi penulis untuk memperhatikan kualitas dalam penulisan.

13. Tulisan Artikel Fokus

Maksud dari poin ini adalah anda dituntut untuk membuat tulisan artikel yang fokus dan sesuai dengan tema, judul, isi dan keyword. Misalnya anda membuat artikel mengenai wisata di pulau lombok, maka isilah artikel tersebut dengan macam-macam wisata dipulau lombok.

Tidak perlu melebar hingga wisata pulau bali, yogyakarta dsb karena itu akan membuat artikel anda tidak fokus.

14. Buatlah Artikel yang Bermanfaat

Untuk anda penulis artikel, buatlah artikel yang bermanfaat. Tentunya akan memiliki banyak manfaat untuk anda, maupun pembaca. Tulislah artikel mengenai tips kesehatan, tips perawatan tubuh, tips hidup sehat tentunya akan bermanfaat untuk menambah wawasan anda dan pembaca.

15. Kesimpulan yang Berkesan

Banyak yang menganggap bahwa kesimpulan ini tidak terlalu penting. Padahal dengan menggunakan kesimpulan yang berkesan tentunya akan membuat kesan tersendiri pada pembaca.

Jika kesimpulan tersebut menarik pembaca akan selalu berlangganan untuk membaca artikel anda. Namun, jika kesimpulan tersebut kurang menarik mereka akan bosan dan memilih membaca artikel penulis yang lain.

Beberapa cara membuat artikel yang baik ini tentunya dapat anda gunakan sebagai pedoman agar kedepannya anda dapat menjadi penulis yang baik. Tentunya menulis artikel tidak hanya sebatas menulis kata demi kata dan paragraf demi paragraf. Tetapi, buatlah tulisan anda seperti anda sedang perbicara pada pembaca anda dimulai dari pembukaan, isi, kesimpulan dan juga penutup.

Penting juga anda ketahui, jadilah penulis yang jujur akan fakta dan hindari unsur plagiarisme. Karena jika langka tersebut masih dilakukan tentunya akan semakin banyak penyebaran berita hoax.

Sering membaca buku dan mengali informasi yang ada tentunya akan membuat artikel anda menarik bagi pembaca. Semoga beberapa cara membuat artikel yang baik yang sudah kami bagikan ini bermanfaat untuk anda.

Jika anda kesulitan dalam membuat artikel silahkan bisa memesan ke kami. Bikinartikel.com merupakan jasa penulis artikel yang melayani pembuatan artikel untuk berbagai macam kebutuhan. Untuk melihat harga silahkan kunjungi : bikinartikel.com/harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *