Ingin Jadi Penulis Artikel? Ini Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas

Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas

Kualitas sebuah website atau blog bisa ditentukan dari kualitas konten yang ada di dalamnya, terutama adalah konten artikel. Hal ini karena artikel adalah konten terbesar dari sebuah website atau blog yang paling banyak diposting. Sebagai pemilik website atau blog memang harus mengetahui cara membuat artikel berkualitas agar konten yang diposting berkualitas.

Bagi penulis yang sudah berpengalaman mungkin menulis artikel adalah pekerjaan yang mudah, namun bagi pemula tidaklah begitu. Apalagi jika dituntut untuk membuat artikel berkualitas yang memiliki manfaat bagi pembacanya. Artikel yang baik pasti menarik untuk dibaca karena berisi informasi penting yang bermanfaat.

Langkah-Langkah Membuat Artikel

Agar memahami cara membuat artikel berkualitas dengan struktur yang benar bisa melihat ulasannya. Di bawah ini akan diulas lengkap langkah demi langkah secara mendetail agar menghasilkan artikel berkualitas.

1. Tentukan Fokus Pembahasan

Sebelum memulai menulis sebuah artikel penulis sebaiknya menentukan terlebih dahulu fokus pembahasan artikel yang akan dibuat. Fokus pembahasan bisa dengan menentukan kata kunci agar pembahasan artikel bisa fokus dan tidak melebar.

a. Menentukan Kata Kunci

Jika penulis belum memiliki kata kunci yang akan dibuat artikel, maka penulis harus menentukan kata kunci terlebih dahulu. Untuk menentukan kata kunci artikel memang cukup sulit, namun banyak tool yang bisa digunakan. Berikut ini adalah beberapa tool yang bisa digunakan menentukan kata kunci:

  • Google auto complete. Fitur pada search engine Google yang akan secara otomatis melengkapi kata kunci yang diketikkan di dalam kolom pencarian. Google akan secara otomatis memberikan long tail keyword pada keyword yang diketik pengguna internet. Dengan begitu maka akan bisa digunakan untuk mencari atau menentukan keyword yang dibutuhkan.
  • Google keyword planner. Adalah satu perangkat yang bisa digunakan secara free untuk menentukan kata kunci (riset keyword). Google keyword planner seringkali digunakan oleh blogger untuk menentukan kata kunci bagi artikel yang akan dibuat. Namun harus berhati-hati agar tidak terjerumus pada kampanye iklan adwords yang ada.
  • Keywordtool.io. Adalah alternative tool gratis untuk melakukan riset keyword dengan tujuan optimasi website. Dengan menggunakan tool ini bisa melakukan perencanaan kata kunci secara gratis. Tool ini ramah terhadap pemula sehingga tidak perlu khawatir saat menggunakannya.
  • Semrush keyword research. Tool ini akan membantu untuk menemukan keyword yang sempurna untuk yang seharusnya digunakan sebuah website. Semrush tool kit memiliki database keyword yang extensive sehingga akan dengan mudah menemukan keyword yang relevan.
  • WordStream keyword tool. Tool ini lebih banyak digunakan oleh marketer karena memang memiliki kelebihan yang menguntungkan bagi marketer. Dengan menggunakan tool ini penulis bisa riset kata kunci dengan baik dan memaksimalkan keyword untuk keperluan penjualan. Software bisa didapatkan secara gratis dengan memberikan seleksi kata kunci dengan benar.

Itulah beberapa tool yang bisa digunakan oleh penulis saat ingin menentukan kata kunci artikelnya agar sesuai dengan topik. Setelah menemukan kata kunci yang akan digunakan maka tahap selanjutnya adalah mulai menulis artikel sesuai keyword yang sudah ditentukan.

b. Menganalisa Kata Kunci

Analisa kata kunci (keyword) perlu dilakukan jika penulis tidak menentukan kata kunci sendiri, melainkan kata kunci yang sudah ada. Maka penulis harus menganalisa informasi apa saja yang akan dituangkan didalam artikel yang akan dibuat sesuai kata kunci yang ditentukan. Penulis harus mencari tahu segala informasi yang berhubungan dengan kata kunci.

Kumpulkan informasi-informasi yang akan mendukung penggunaan kata kunci dalam artikel agar tidak terjadi pemaksaan kata kunci dan tampak natural. Saat menentukan informasi yang akan ditulis, penulis harus membayangkan jika menjadi pengguna internet yang mengetikkan kata kunci tersebut di Google. Apa yang dicari oleh pengguna internet dengan kata kunci tersebut? Jika penulis bisa memahami hal itu maka artikel yang dihasilkan pasti akan sesuai dengan kata kunci yang telah ditentukan.

2. Buat Kerangka Penulisan Artikel Sesuai Kebutuhan

Kerangka tulisan adalah hasil dari breakdown dari judul yang sudah dibuat sebelumnya oleh penulis. Dari judul yang sudah dibuat, seharusnya penulis tahu apa saja informasi yang akan ditulis didalam artikelnya. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat kerangka artikel?

  • Relevan dengan judul artikel itu sendiri. Kerangka artikel sebenarnya menunjukkan isi dari sebuah artikel, yang harus dibuat relevan dengan judul artikel.
  • Informasi yang ingin disampaikan. Tentukan informasi apa saja yang ingin disampaikan kepada pembaca sesuai dengan judul yang sudah ditentukan.
  • Kerangka terdiri dari 3 bagian. Kerangka karangan terdiri dari 3 bagian besar yaitu pembuka, isi dan penutup atau kesimpulan.
  • Referensi yang didapatkan. Buat kerangka sesuai dengan referensi yang didapatkan terkait keyword artikel tersebut.

Setelah memperhatikan hal-hal di atas, maka saat nya membuat kerangka artikel yang baik dan benar. Membuat kerangka artikel tidak boleh sembarangan agar artikel yang dihasilkan berkualitas. Berikut ini pembahasan terkait cara membuat kerangka artikel.

Cara Membuat Kerangka Artikel

Kerangka artikel seolah pagar yang membatasi pembahasan di dalam sebuah artikel agar tidak melenceng kemana-mana. Berikut ini cara membuat kerangka artikel yang benar:

  • Menentukan judul dari keyword yang sudah ditentukan. Setelah mendapatkan keyword maka mulailah membuat kerangka artikel dengan menentukan judul dari artikel tersebut.
  • Menetapkan poin-poin yang ingin disampaikan. Tetapkan poin-poin apa saja yang ingin disampaikan kepada pembaca artikel yang akan dibuat.
  • Menuliskan kerangka dalam sebuah kertas. Agar tidak lupa tulis kerangka artikel di atas kertas atau diketik, untuk membtasi pembahasan artikel.
  • Lakukan breakdown judul menjadi sub heading. Lakukan breakdown judul dan tentukan sub sub heading yang dibutuhkan untuk artikel tersebut.

Demikianlah pembahasan terkait membuat kerangka tentang apa saja yang harus diperhatikan dan bagaimana cara membuatnya. Kerangka karangan sangat penting untuk dibuat karena sebagai patokan alur artikel agar pembahasan tidak melenceng jauh.

3. Buat Pembukaan Yang Menarik Perhatian Pembaca

Setelah menentukan kerangka cara membuat artikel berkualitas selanjutnya adalah mulai menulis yang diawali dengan membuat pembukaan artikel. Pembukaan artikel adalah bagian yang sangat penting karena akan menentukan pembaca melanjutkan membaca artikel atau menutupnya. Pembuka artikel seharusnya mematik rasa penasaran atau ingin tahu agar pembaca meneruskan membaca artikel tersebut, bagaimana cara membuat pembukaan yang baik?

  • Mulai dengan pertanyaan. Salah satu cara membuat pembukaan menarik adalah mengawalinya dengan pertanyaan. Dengan mengawali pembukaan dengan pertanyaan akan membuat artikel lebih interaktif dan membuat pembaca penasaran. Pembaca pun akan ikut menanyakan hal yang sama dan penasaran jawaban pada akhir artikel.
  • Awali dari sebuah fakta. Cara kedua untuk membuat pembukaan yang berkualitas adalah dengan menampilkan sebuah fakta yang bisa dipertanggungjawabkan. Dengan melihat paparan fakta pada pembukaan akan membuat pembaca percaya terhadap kualitas sebuah artikel.
  • Awali dengan yang menggali pikiran dan ingatan pembaca. Cara berikutnya yang juga sangat efektif untuk menghasilkan pembukaan yang baik dan membuat pembaca penasaran adalah menggali pikiran dan ingatan pembaca. Ada banyak rangkaian kata yang bisa digunakan untuk membuka ingatan pembaca agar menarik rasa penasaran.
  • Jelaskan latar belakang terkait topik. Metode latar belakang bisa digunakan dalam membuat pembukaan artikel yang baik. Seperti halnya membuat latar belakang maka pembukaan dimulai dari menjelaskan gambaran umum masalah, lalu mengemukakan fakta dan diakhiri dengan solusi.
  • Jelaskan kata yang dipilih menjadi topik atau tema. Cara terakhir yang bisa dilakukan dalam membuat pembukaan yang baik adalah dengan menjelaskan keyword yang menjadi topik. Metode ini lebih mudah dilakukan karena to the point pada hal yang akan dibahas dalam artikel.

Kesan pertama yang menarik pada paragraph pembukaan sangat penting. Dengan mengikuti langkah-langkah membuat pembukaan di atas maka penulis akan menghasilkan paragraph pembukaan yang mampu mengajak pembaca meneruskan membaca isinya. Setelah berhasil membuat pembaca penasaran dengan isi artikel setelah membaca pembukaan, tentu saja penulis harus membuat pembahasan yang berkualitas.

4. Buat Pembahasan Berkualitas Yang Mendetail Dan Terstruktur

Pembahasan atau isi artikel adalah inti dari sebuah artikel itu dibuat, berisi tentang informasi penting terkait tema yang dipilih. Dalam pembahasan biasanya akan dijelaskan beberapa topik terkait dengan tema yang dipilih, dan semuanya harus disampaikan dengan mendetail dan terstruktur. Tujuannya tentu agar pembaca bisa dengan mudah memahami isi pembahasan artikel yang dibuat, bagaimana cara membuat pembahasan?

  • Ikuti alur kerangka penulisan yang sudah dibuat. Penulis bisa mengikuti alur kerangka yang sudah dibuat sebelumnya sehingga lebih mudah menulis pembahasan. Kerangka adalah patokan dalam membuat pembahasan artikel agar tidak melebar dari keyword atau topik yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Cari artikel-artikel spesifik untuk pembahasan setiap poin. Dari kerangka yang sudah dibuat akan tampak poin-poin penting apa saja yang akan dibahas dari artikel tersebut. Untuk menjelaskan setiap poinnya, penulis harus mencari informasi spesifik setiap poin pada website yang kredibel. Dengan demikian kualitas artikel akan terjamin bahkan lebih bagus dari artikel referensi.
  • Bahas dengan alur penulisan yang sistematis dan mudah diikuti. Setelah mendapatkan semua referensi yang dibutuhkan maka mulailah menulis pembahasan artikel yang berkualitas. Buat pembahasan artikel dengan alur penulisan yang sistematis sehingga mudah dipahami oleh pembaca.
  • Buat pembahasan setiap poin secara mendetail. Untuk lebih memudahkan pembaca memahami isi dari artikel, bisa dengan membuat pembahasan yang mendetail untuk setiap poinnya. Dengan demikian pembaca bisa paham apa yang dimaksudkan oleh penulis, tapi ingat mendetail bukan berarti bertele-tele.
  • Pembahasan harus informatif. Parameter kualitas sebuah artikel bisa dilihat dari informasi yang disampaikan penulis kepada pembaca. Semakin informatif sebuah artikel maka semakin berkualitas pula artikel tersebut di mata pembacanya.

Nah itulah cara membuat pembahasan artikel berkualitas yang mendetail dan terstruktur untuk memudahkan pembaca memahami tulisan yang dibuat. Selain mudah dipahami, artikel berkualitas yang pembahasannya dibuat dengan benar akan sangat nyaman dibaca. Pembaca akan bisa memahami alur pembahasan dengan jelas dan mendapat poin-poin penting yang ingin disampaikan.

5. Buat Penutup Yang Mengesankan

Sebagai bagian terpenting dari sebuah artikel berkualitas adalah adanya penutup yang mengandung kesimpulan bagi pembacanya. Penutup atau kesimpulan adalah penyempurna artikel yang terletak pada bagian akhir artikel tersebut. Bagaimana cara membuat penutup yang mengesankan?

Sebutkan kesimpulan dari uraian artikel yang telah dibuat. Sebuah artikel yang berkualitas harus memiliki struktur yang lengkap dan jangan melupakan bagian penutup artikel. Pada bagian penutup penulis seharusnya menyebutkan kesimpulan dari uraian artikel yang sudah dibuat. Dengan demikian pembaca akan lebih mudah menyimpulkan apa isi dari artikel tersebut.

Tambahkan kata-kata ajakan, harapan, atau renungan. Bagian penutup biasanya juga disertai kata-kata ajakan , harapan atau renungan bagi pembaca. Dengan membuat penutup yang demikian akan lebih mengena dan lebih diingat oleh pembaca, karena akan mempengaruhi pikiran pembaca. Setelah mengetahui informasi yang ada di dalam artikel tidak menutup kemungkinan pembaca akan mengikutinya, apalagi jika artikel berisi tips, trik atau solusi dari sebuah masalah.

Pilih kalimat yang benar-benar menggugah dan mengesankan. Pemilihan kata atau kalimat untuk bagian penutup harus yang mengesankan dan menggugah bagi pikiran pembaca. Dengan begitu pembaca akan merasa ketagihan dengan artikel yang dibuat penulis. Kalimat-kalimat yang bisa menegaskan gagasan yang diutarakan penulis di dalam artikelnya, sehingga pembaca bisa menerima kebenaran artikel penulis.

Tambahkan CTA Jika yang Ditulis Adalah Artikel Penawaran. Untuk jenis artikel penawaran penutup memiliki peranan yang sangat penting dengan tujuan closing penjualan. Penulis bisa menambahkan CTA (Call To Action) artinya ajakan untuk menghubungi pembuat penawaran atau pemilik jasa.

Setelah mengikuti cara membuat artikel berkualitas di atas maka bisa dipastikan penutup yang dibuat akan mengesankan bagi pembaca. Penutup atau kesimpulan yang mengesankan akan selalu diingat oleh pembaca, sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa diterima.

Kesimpulan

Cara membuat artikel berkualitas dimulai dengan menentukan fokus pembahasan menggunakan kata kunci, menentukan judul, membuat kerangka dan mulai menulis. Penulis harus membuat artikel sesuai dengan alur yang sudah ditentukan dari kerangka yang sudah dibuat. Mulai dari pembukaan, pembahasan dan diakhiri dengan kesimpulan dan penutup.

Demikian pembahasan lengkap cara membuat artikel berkualitas mulai dari membuat judul, kerangka, pembukaan, pembahasan hingga kesimpulan yang bisa dijadikan referensi. Selain mengikuti cara-cara di atas artikel akan lebih sempurna jika penulis melengkapinya dengan gambar, foto, audio, video visual kualitas terbaik. Dengan demikian pembaca akan semakin memahami isi daru artikel yang dibuat.

Tags:
error: Content is protected !!