"> Begini Cara Membuat Berita Sepak Bola Ala Jurnalis - Bikinartikel.com

Begini Cara Membuat Berita Sepak Bola Ala Jurnalis

3 min read

Cara Membuat Berita Sepak Bola

Beberapa penulis mungkin perlu mempelajari bagaimana cara membuat berita sepak bola yang baik dan benar. Sebab meski terkesan ringan, penulisan berita sepak bola bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Penulis harus bisa menyampaikan informasi secara jelas dan terkadang perlu menggambarkan situasi yang terjadi.

Artikel Berita Sepak Bola yang Baik di Internet

Dalam suatu situs berita populer, topik olahraga khususnya sepak bola pasti memiliki penggemar tersendiri. Tidak heran jika permintaan artikel sepak bola tak pernah sepi. Apalagi, pemberitaan sepak bola selalu bergulir baik di dalam maupun luar lapangan.

Terkait dengan hal itu tersebut, kebanyakan orang kini lebih menyukai internet sebagai sumber informasi sepak bola teraktual. Oleh karena itu, sebelum mencari tahu tentang cara membuat berita sepak bola yang baik dan benar, harus tahu seperti apa kriteria yang dibutuhkan.

Alasannya adalah karena artikel di internet agak sedikit berbeda dengan yang dimuat di koran atau majalah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga artikel tersebut bisa mendapatkan pembaca.

Misalnya berita sepak bola yang baik di internet harus punya judul yang tidak bertele-tele, tapi mengundang rasa penasaran untuk membacanya. Mungkin ada beberapa yang menggunakan cara clickbait atau membuat judul yang berlebihan. Tetapi terkadang hal semacam itu justru bisa menjatuhkan penilaian pembaca terhadap sebuah situs secara keseluruhan.

Berita sepak bola juga membutuhkan foto atau minimal ilustrasi tentang topik yang dibahas. Entah itu foto momen pertandingan, foto pemain atau mungkin ilustrasi statistik dan klasemen. Tanpa adanya daya tarik visual, kebanyakan orang pasti malas untuk membaca.

Terakhir dan tak kalah penting adalah, sebuah artikel berita sepak bola juga harus SEO friendly. Seiring dengan berkembangnya algoritma Google, ada banyak teknik yang bisa digunakan. Dengan teknik SEO, maka artikel jadi lebih mudah ditemukan di internet.

Terlepas dari itu, penyampaian informasi juga harus jelas. Jangan lupa ingat rumus penulisan 5W + 1 H agar apa yang ingin disampaikan kepada pembaca bisa dipahami sepenuhnya. Tetapi, jangan juga terpaku pada aturan baku itu karena terkadang bisa membatasi kreativitas. Intinya, lakukan sebaik mungkin.

Jenis Artikel Berita Sepak Bola

Adapun berita sepak bola yang biasanya beredar di internet biasanya terbagi menjadi beberapa jenis. bahkan jika diperhatikan, topik sepak bola memiliki pembahasan yang lebih beragam daripada cabang olahraga lain. Namun, sebenarnya artikel berita terbagi menjadi dua kategori besar yaitu hard news dan soft news.

  • Hard News. Hard news biasanay bersifat faktual tergantung pada ketepatan waktu. Tujuannya adalah untuk memberi tahu pembaca tentang suatu hal secara aktual. Contohnya menulis laporan hasil pertandingan Manchester United vs Chelsea yang baru saja selesai. Artikel semacam ini akan terasa ‘basi’ jika dibaca satu minggu kemudian.
  • Soft News. Sedangkan soft news tidak terpaku pada waktu. Tujuannya untuk menghibur pembaca atau memberikan saran dan biasanya masih bisa dibaca hingga satu atau dua tahun kemudian. Contohnya seperti profil pemain atau analisis formasi suatu pertandingan penting, yang pasti akan diingat di masa depan.

Langkah-langkah Menulis Berita Sepak Bola

Untuk membuat sebuah artikel yang berkualitas, coba ikuti panduan cara membuat berita sepak bola di bawah ini.

1. Ketahui Jenis Artikel

Di bawah kategori hard news dan soft news, dalam sepak bola secara spesifik, setidaknya ada beberapa jenis artikel yang paling familiar, yaitu:

  • Laporan – hal-hal penting yang harus diketahui dalam pertandingan atau kejadian. Misalnya siapa yang menang, berapa skornya, pemain A pindah ke klub baru, dll.
  • Feature – jika berita tentang pertandingannya sudah tidak menarik lagi, yang bisa dibahas berikutnya adalah hal-hal lebih mendalam dari topik tersebut. Misalnya fakta-fakta, rekor khusus yang dicatatkan, dll.
  • Profil – pembahasan profil ini biasanya fokus pada kata kunci seorang pemain atau pelatih tentang kegiatannya di dalam dan luar lapangan.
  • Preview dan Review – biasanya artikel ini berupa perkiraan dan hasil pertandingan atau jalannya musim suatu klub.
  • Kolom – kolom berita umumnya berupa opini dari seorang penulis olahraga atau bahkan dari seorang pelaku sepak bola sendiri.

2. Mencari Referensi

Setelah menentukan kategori, berikutnya perlu mencari referensi. Buka koran lokal, majalah olahraga favorit atau kunjungi situs web olahraga populer. Pikirkan tentang apa yang membuat artikel tertentu menonjol.

Cari tahu bagaimana cara menulis berita sepak bola yang menarik dan membuat merasa seperti sedang berada di pertandingan besar atau di dalam ruang ganti. Pilih situs web hanya yang terpercaya agar mendapatkan referensi yang berkualitas.

4. Pikirkan Tentang Pembaca

Sebelum mulai menulis, perlu memikirkan tentang pembaca. Cobalah menempatkan diri sebagai pembaca, dengan begitu tahu artikel seperti apa yang ingin diketahui. Apakah itu tentang skor akhir dan siapa yang menjadi bintang permainan, atau mengenai hal lain. Tulis artikel yang ingin dibaca sebagai seorang penggemar sepak bola itu.

5. Saksikan Langsung

Kebanyakan penulis berita sepak bola saat ini hanya sekadar mengambil dari situs-situs olahraga lainnya. Namun jika ingin sebuah artikel yang lebih autentik, coba datang langsung ke pertandingan dan perhatikan baik-baik jalannya laga. Buat sebuah catatan untuk merekam jalannya permainan, skor dan statistik penting. Perhatikan juga detail yang menarik dan bisa dibahas selain soal pertandingan.

Misalnya bagaimana para pemain melakukan selebrasi, reaksi penonton atau suasana di dalam stadion. Bahkan bisa mendapatkan ‘sumber’ berita lainnya dari komentar orang-orang yang datang menonton.

6. Memulai Artikel

Di kalangan jurnalistik ini dikenal sebagai lead, kalimat pembuka sebuah artikel, yang sangat berpengaruh terhadap kesuksesan artikel berita tersebut. Leads harus singkat, langsung, memberikan informasi yang paling penting, dan memaksa pembaca untuk terus masuk lebih dalam ke artikel.

Leads menggunakan formula 5W 1H, yang dalam konteks olahraga skor akhir selalu menjadi pengantar yang bagus untuk memulai. Misalnya: “Pada hari Minggu malam, Bayern Munich sukses meraih kemenangan 3-2 dari Hertha BSC dengan gol penentu kemenangan di menit-menit akhir.”

7. Lengkapi Artikel

Setelah itu lengkapi artikel berita dengan membahas bagian-bagian yang menarik dari topik yang dipilih. Misalnya apa yang membuat pertandingan tersebut istimewa atau menambah kutipan dari pemain dan pelatih.

Dalam artikel sepak bola, mulai dengan leads, lalu informasi yang lebih penting, kemudian tambahkan kutipan, lalu arahkan menuju penutup. Kurang lebih seperti itu cara membuat berita sepak bola yang mungkin sering dibaca di situs-situs berita di internet.

Penulisan artikel berita secara umum bergantung pada struktur piramida terbalik, di mana unsur-unsur paling penting berada di bagian atas artikel. Sedangkan informasi tambahan berada di bagian bawah.

8. Jangan Bertele-Tele

Langkah terakhir adalah membaca lagi artikel yang baru saja ditulis. Pastikan semua informasi tersampaikan tetapi tidak terlalu panjang. Dalam jurnalisme, harus bisa menyampaikan sebanyak mungkin dalam kata yang sesedikit mungkin. Pilih kalimat yang lebih pendek, apalagi untuk kebutuhan artikel berita di internet.

Penutup

Jadi meski saat dibaca terlihat sangat sepele, namun sebenarnya cara menulis berita sepak bola itu juga cukup ada tantangannya. Terkadang dibutuhkan passion dan pengetahuan mendalam tentang sepak bola agar artikel yang ditulis lebih terasa dari kaca mata pembaca. Namun pada akhirnya, semua akan tergantung pada jam terbang atau pengalaman.

Ditulis oleh Bagas (Penulis artikel bola)

Contoh Artikel Populer Tema Pendidikan & Kesehatan

Bagi orang awam semua artikel sama saja tanpa tahu membedakan isi dan bentuk sebuah artikel. Ada satu jenis artikel yaitu artikel populer, yang memiliki...
Rey
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *