20 Cara Mempromosikan Jasa Secara Online Yang Terbukti Efektif

Cara Mempromosikan Jasa Secara Online

Usaha tanpa promosi seperti tombak tanpa ujungnya, tidak akan ada gunanya karena tidak akan menghasilkan apa-apa. Tidak ada bisnis yang sukses tanpa adanya promosi, oleh sebab itu promosi dianggap paling penting dalam sebuah usaha. Saat ini promosi jasa bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara offline dan online menggunakan media digital. Ada banyak cara mempromosikan jasa secara online, namun anda harus tahu mana yang bisa berjalan dengan efektif.

Hal ini karena tidak semua cara promosi jasa secara online bisa berjalan mulus. Promosi yang efektif akan meningkatkan penjualan dan keuntungan usaha jasa yang anda jalankan. Simak ulasan cara promosi di bawah ini.

1. Bangun Brand Awareness Dengan Facebook

Salah satu cara efektif mempromosikan layanan jasa anda adalah melalui media sosial facebook. Dengan memanfaatkan kelebihan facebook yaitu media sosial dengan jumlah pengguna paling banyak. Anda bisa meningkatkan kesadaran akan adanya usaha jasa anda kepada masyarakat luas melalui pengguna facebook.

Bangun Brand Awareness Dengan Facebook

Banyak cara yang bisa anda gunakan saat mempromosikan jasa secara online menggunakan facebook seperti, membuat akun public, memanfaatkan fan page. Anda bisa memperkenalkan brand anda dengan membagi informasi-informasi penting yang relevan dengan usaha jasa anda.

Sebagai contoh jika anda memiliki sebuah usaha jasa layanan kesehatan, maka anda bisa membagikan info terkait kesehatan dan permasalahannya. Jika konten anda banyak disukai dan di like, maka akan menyebabkan viral konten dan menguntungkan bagi brand usaha jasa anda.

2. Branding Dengan Endorse Instagram

Media sosial lainnya yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan promosi usaha jasa anda adalah Instagram. Banyak keunggulan fitur pada Instagram yang bisa anda jadikan alat untuk berpromosi jasa kepada masyarakat luas.

Untuk usaha jasa jika mengupload foto haruslah yang bisa menggambarkan jasa yang anda berikan. Hal itu bertujuan agar foto tersebut bisa mewakili anda untuk menjelaskan layanan jasa yang akan anda berikan kepada masyarakat.

Branding Dengan Endorse Instagram

Sebagai contoh seorang dokter gigi yang memberikan pelayanan kesehatan gigi, bisa membagikan foto-foto gigi sebelum dan sesudah rekontruksi. Sehingga followernya bisa mengetahui hasil jasa yang diberikan oleh dokter gigi tersebut dalam memperbaiki gigi yang rusak.

Anda juga bisa menggunakan endorse selebgram atau artis terkenal sebagai salah satu cara mempromosikan jasa secara online. Dengan begitu follower selebriti tersebut akan mengenal layanan jasa yang bisa anda berikan.

3. Maksimalkan Fungsi Website

Website adalah seperti wajah bagi sebuah perusahaan, pengguna internet akan menilai perusahaan anda dengan melihat isi website anda. Buatlah website dengan desain elegan dan professional serta user friendly agar pengguna internet bisa mengenal usaha anda lebih jauh.

Website yang dikelola dengan baik akan sangat bermanfaat untuk kegiatan promosi usaha jasa anda. Selain berpromosi website juga bisa anda gunakan sebagai tempat melakukan transaksi dengan konsumen.

Maksimalkan Fungsi Website

Jika anda memiliki usaha jasa tour and travel, maka anda bisa menampilkan segala konten yang berisi informasi-informasi tempat wisata dalam website. Juga bisa menceritakan pengalaman anda melakukan perjalanan wisata degan customer melalui konten foto dan video. Dengan begitu pengunjung website anda akan tertarik untuk menggunakan jasa tour and travel anda.

4. Optimasi Website Dengan Teknik SEO

Mengisi website dengan konten menari, unik dan informatif saja tidaklah cukup untuk meramaikan traffic website anda. Anda harus mengerti dan paham dengan teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan rangking dan traffic website anda.

Dengan menggunakan teknik SEO maka website anda akan mudah dikenali oleh Google sebagai search engine. Jika ada pengguna internet mengetik kata kunci tertentu, maka website anda bisa muncul pada halaman pertama pencarian.

Dengan begitu website anda bisa mendapatkan peluang besar untuk dikunjungi oleh pengguna internet. Dan jika konten anda sesuai, informatif, unik dan solutif maka besar kemungkinan akan di share dan berefek pada peningkatan traffic website anda.

Jika traffic website tinggi maka transaksi penjualan akan mudah terjadi, dan usaha anda akan semakin dikenal dan dipercaya.

5. Tidak Ada Salahnya Mencoba Google Adword

Jika teknik SEO adalah cara mempromosikan jasa secara online yang bersifat organic atau berjalan dengan alami. Maka Google Adword adalah cara yang bisa anda tempuh untuk menaikkan rangking anda pada search engine Google secara instan. Memilih jalan menggunakan Google Adword, berarti anda harus menyediakan budget khusus untuk itu.

Menggunakan Google Adword memang sangat menguntungkan, karena website usaha jasa anda akan berada di urutan atas tanpa susah payah. Namun tentu selama budget anda masih tersedia, jika budget sudah habis maka hal tersebut akan terhenti.

6. Gunakan Konten Video Di Channel Youtube

Saat ini cara mempromosikan jasa secara online yang tidak kalah efektif adalah menggunakan konten video melalui channel Youtube. Sebagai forum broadcast terbesar, anda bisa menggunakannya sebagai media promosi yang sangat efektif.

Caranya dengan membuat konten video unik yang menggambarkan jasa yang bisa anda berikan kepada masyarakat luas. Video yang unik dan menarik akan menarik perhatian viewers untuk menyaksikan, dan mereka akan mengetahui tentang jasa anda.

Namun penting anda ketahui, konten yang unik dan menarik saja tidak cukup, melainkan anda juga harus memperhatikan judul video tersebut. Gunakan keyword tertentu yang familiar dan sedang in saat itu, sehingga akan banyak viewer yang menonton channel anda. Dengan demikian usaha promosi anda akan berhasil, karena konten anda akan dilihat oleh semua pecinta youtube.

7. Terapkan Teknik Copy Writing

Menerapkan copy writing pada bisnis online wajib hukumnya, karena anda tidak bertemu langsung dengan pembeli, melainkan hanya melalui tulisan. Dengan teknik copy writing anda akan dengan mudah dan cepat menarik hati konsumen untuk menggunakan jasa yang anda tawarkan. Tidak perlu khawatir teknik ini bisa digunakan untuk menjual segala macam jasa yang bisa diterapkan pada semua media promosi.

Dengan teknik copy writing maka iklan promosi bisa disampaikan dengan efektif dan efisien kepada calon konsumen. Namun diperlukan keahlian khusus untuk menerapkan teknik ini, jika diperlukan anda bisa menggunakan jasa copywriter untuk hasil yang maksimal.

8. Dapatkan Pelanggan Baru Dengan Subscriber

Teknik ini akan menawarkan bonus dalam bentuk voucher atau potongan harga jika menjadi member baru pada website toko online anda. Para member baru akan memberikan alamat email mereka untuk mendapatkan kode voucher atau diskon. Dengan begitu mereka akan tergoda untuk menggunakan voucher atau diskon tersebut dan menikmati jasa yang anda tawarkan.

Tidak berhenti sampai disitu, alamat email yang anda dapatkan bisa anda gunakan untuk melakukan email marketing. Untuk cara melakukan email marketing akan diulas pada poin selanjutnya setelah ini. Jadi anda bisa menjaring pelanggan baru dan melakukan promosi rutin kepada mereka agar selalu menggunakan jasa anda jika membutuhkan layanan jasa.

9. Program Afiliasi Untuk Pelanggan Lama

Tujuan promosi bukan hanya mendapatkan pelanggan baru, tapi juga harus bisa mempertahankan loyalitas pelanggan lama. Cara mempromosikan jasa secara online dengan afiliasi marketing cukup mudah dilakukan dan menguntungkan kedua belah pihak. Hal ini karena pelanggan lama anda akan mendapatkan penghasilan tambahan jika mengikuti program ini.

Mereka yang mempromosikan usaha anda akan mendapatkan bonus dengan ketentuan yang berlaku. Cara kerjanya adalah pelanggan yang membagi tautan promosi jasa anda di media sosialnya akan terlacak oleh anda.

10. Berpromosi Praktis Dengan Twitter

Media sosial yang ada saat ini memang banyak sekali, anda bisa menggunakan semuanya untuk membantu aktivitas promosi jasa anda. Salah satu media sosial yang paling digemari terutama oleh kalangan menengah atas adalah twitter.

Cara mempromosikan jasa secara online menggunakan twitter ini lebih mudah dan praktis. Anda bisa mendeskripsikan jasa yang anda tawarkan melalui tweet, sehingga semua follower anda bisa membacanya.

Agar promosi lebih cepat dan efektif anda juga bisa menggunakan twitter ads yang berbayar. Dengan tweet ads iklan anda akan ditampilkan kepada seluruh pengguna Twitter yang bisa diatur viewer yang anda inginkan.

11. Pilih Market Place Yang Cocok

Memang tidak semua market place cocok untuk menjual layanan jasa yang anda miliki. Anda bisa menggunakan market place seperti forum jual beli kaskus untuk menawarkan jasa yang anda miliki. Banyaknya jumlah kaskuser membuat forum jual beli Kaskus menjadi lahan yang empuk untuk melakukan promosi jasa anda secara online.

12. Rutin Update Konten Pada Blog Pribadi

Blog adalah pendukung aktivitas promosi sebuah usaha jasa, yang akan membuat usaha anda terlihat professional. Melakukan update konten secara rutin akan membuat blog anda tampak lebih terawat dan mempertahankan peringkatnya di search engine. Cara mempromosikan jasa secara online melalui blog bisa dengan menuliskan konten artikel yang mengandung keyword tertentu.

Selain itu artikel harus unik, informatif dan solutif agar berguna bagi siapa pun yang membacanya. Dengan begitu mereka akan merasa tertarik dengan usaha jasa anda dan berminat untuk menggunakan jasa anda.

13. Email Marketing Untuk Mengenalkan Jasa Anda

Email marketing merupakan cara lama yang masih efektif untuk menawarkan jasa kepada masyarakat khususnya pengguna internet. Memang dianggap kuno dibandingkan dengan media online lainnya, tapi email marketing masih memiliki kekuatan yang tidak bisa diremehkan. Promosi melalui email marketing bersifat lebih privat kepada calon kostumer sasaran.

Caranya anda bisa mengirimkan email yang menawarkan jasa layanan yang anda miliki sampai dengan penawaran produk jasa terbaru pada pelanggan. Penerima email akan lebih memperhatikan isi dari email tersebut karena ditujukan langsung kepadanya.

14. Google Plus Juga Tidak Kalah Efektif

Sebuah media sosial yang mungkin masih sedikit asing bagi anda, namun tahukah anda jika penggunanya sudah cukup banyak. Memiliki potensi untuk dijadikan target pasar untuk mempromosikan usaha jasa anda secara online. Anda juga bisa menciptakan komunitas di Google Plus dengan mudah, untuk sarana melakukan promosi.

Media sosial yang termasuk di bawah naungan Google ini sangat efektif untuk promosi usaha jasa anda. Selain itu promosi menggunakan media sosial Google Plus ini gratis tanpa biaya. Merupakan salah satu cara mempromosikan jasa secara online yang hemat dan efektif untuk pebisnis pemula.

15. Membangun Strategi Konten Marketing

Konten marketing sangat efektif untuk berpromosi secara soft selling. Dengan konten yang anda buat sedemikian rupa sehingga mampu mempengaruhi pembaca untuk melihat usaha jasa anda. Setelah melihat usaha jasa yang anda tawarkan, maka akan ada peluang mereka berminat menggunakan jasa anda.

Semakin bermutu sebuah konten maka akan menarik semakin banyak viewer yang akan membagikan konten anda kepada orang lain. Jika seperti itu maka cara mempromosikan jasa secara online yang anda lakukan sudah berhasil.

16. Layanan Terhadap Pelanggan Melalui Live Chat

Promosi bisa berupa memberikan layanan terbaik kepada pelanggan atau calon pelanggan yang tertarik jasa anda. Jika pelanggan terpuaskan dengan layanan yang anda berikan, mereka akan membantu promosi tanpa anda minta dari mulut ke mulut. Salah satu layanan yang bisa anda berikan secara online adalah live chat, yang akan melayani segala pertanyaan tentang layanan jasa yang anda tawarkan.

Tugas anda adalah meyakinkan calon pelanggan untuk menggunakan jasa yang anda miliki. Sehingga anda akan mendapatkan pelanggan baru yang tertarik untuk mencoba menggunakan jasa anda.

17. Landing Page Untuk Meningkatkan Transaksi

Landing page sangat berguna untuk menghasilkan konversi penjualan, meskipun penampilan seperti sama saja dengan halaman website biasa. Namun landing page lebih efektif untuk meningkatkan konversi penjualan dan ketertarikan user kepada layanan jasa anda. Buatlah halaman website anda menjadi landing page untuk meningkatkan promosi yang anda buat. Maka akan besar terjadinya konversi yang akan meningkatkan keuntungan usaha anda.

18. Berikan Call To Action Pada Setiap Postingan

Tujuan akhir dari usaha promosi adalah menarik pengguna internet untuk menggunakan jasa layanan anda. Jadi penting sekali untuk memberikan konten yang menarik hati dan memberikan solusi bagi calon kostumer yang diakhiri dengan call to action. Dapat berupa alamat email, website, atau no yang bisa dihubungi, call to action akan mengarahkan calon kostumer ke arah transaksi.

Contohnya jika anda memiliki usaha service elektronik anda bisa memberikan konten yang berisi permasalahan elektronik yang diakhiri call to action. Kalimatnya bisa berbunyi, jika anda mengalami masalah pada alat elektronik anda, bisa menghubungi nomor ini untuk mendapatkan jasa layanan kami.

19. Pasang Banner Iklan Pada Website Lain

Memasang banner online pada website lain tentu yang memiliki traffic tinggi akan sangat membantu promosi anda. Banyak pengunjung website tersebut yang akan melihat banner usaha jasa yang anda tawarkan. Sehingga perhatian terhadap brand yang anda miliki akan meningkat tajam. Akan ada kemungkinan besar terjadinya konversi penjualan dari viewer banner anda.

20. Manfaatkan Komunitas Pebisnis Online

Jaringan yang luas sangat diperlukan untuk membangun sebuah bisnis online agar kuat menghadapi persaingan. Banyak sekali komunitas pebisnis online yang ada dan bisa anda ikuti untuk memperluas jaringan anda. Caranya anda bisa mulai aktif untuk menjadi anggota forum jual beli atau forum pengusaha online yang tersebar di media sosial. Sehingga anda bisa mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia bisnis online.

Selain itu juga bisa saling bekerja sama dengan sesame pelaku bisnis online yang ada di dalam forum tersebut. Contohnya dengan saling mengiklankan usaha masing-masing, dalam hal ini anda bisa mepromosikan layanan jasa yang bisa anda berikan. Dengan cara ini anggota forum tersebut mungkin tertarik untuk menggunakan jasa anda, dan ikut memasarkan jasa yang anda tawarkan.

Itulah 20 cara mempromosikan jasa secara online yang terbukti efektif untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan bisnis. Dengan mengkombinasikan beberapa cara akan memberi dampak yang lebih besar terhadap kemajuan bisnis anda.

Ketekunan adalah kunci sukses menjalankan promosi jasa secara online, jangan sampai kehilangan semangat dan frustasi. Karena berpromosi merupakan proses yang sangat panjang yang membutuhkan kesabaran untuk memperoleh hasil yang anda inginkan bagi bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *