Ini 10 Cara Mempromosikan Jasa Secara Online Yang Terbukti Efektif

Cara Mempromosikan Jasa Secara Online Yang Terbukti Efektif

Promosi merupakan salah satu cara yang ditempuh seseorang untuk memperkenalkan usaha yang tengah digelutinya. Kegiatan promosi ini sudah menjadi hal yang wajib agar suatu usaha dapat berjalan dengan lancar bahkan berkembang pesat, misal promosikan usaha dalam bidang jasa. Berbagai macam metode  untuk mempromosikan jasa yang dapat membuat usaha jasa Anda lebih dikenal orang lain. Namun yang paling efektif adalah dengan cara mempromosikan jasa secara online.

Promosi jasa dengan cara online dinilai lebih menguntungkan dibandingkan promosi offline seperti dengan menyebarkan selebaran-selebaran. Mengingat saat ini seseorang selalu berhubungan erat dengan internet di sebagian besar aktifitasnya. Namun promosi jasa secara online ini memiliki cara-cara tersendiri agar tujuan promosi Anda tersampaikan ke khalayak umum. Inilah cara-cara untuk mempromosikan jasa secara online:

1. Beriklan Dengan Google Adword

Google Adword merupakan platform periklanan dari Google yang memungkinkan Anda dapat mengatur penempatan iklan untuk bisnis Anda. Google Adword ini merupakan salah satu cara promosi jasa secara online yang efektif. Karena Anda dapat mengatur tempat untuk penempatan iklan pada google search atau jaringan google, lokasi target pasar, bahasa, dan sebagainya

Dengan menggunakan Google Adword ini jasa Anda akan masuk dalam pencarian teratas jasa yang dicari oleh konsumen. Meskipun untuk mempromosikan jasa Anda di Google Adword ini membutuhkan biaya yang relatif banyak, namun dampak dari penggunaan Google Adword ini sangat signifikan. Promosi dengan Google Adword akan mendatangkan banyak keuntungan dari jasa Anda seperti yang Anda inginkan.

2. Promosi Melalui Marketplace Jasa

Promosi dengan marketplace memungkinkan penyedia jasa bertemu dengan calon konsumen baru. Penyedia jasa akan menjual jasanya di lapak yang sudah disediakan oleh e-commerce dengan konsep marketplace. Marketplace ini merupakan salah satu cara promosi jasa secara online yang tepat. Mengingat kini  perkembangan marketplace di Indonesia sangat pesat. Marketplace terpercaya yang saat ini banyak diminati karena menawarkan transaksi yang aman dan mudah.

Dengan kehadiran marketplace ini Anda dapat mempromosikan jasa Anda lebih luas lagi. Sehingga usaha jasa yang sedang Anda geluti memiliki pangsa pasar yang luas. Tentu saja cara promosi dengan marketplace ini jaug lebih efektif jika dibandingkan dengan promosi offline. Karena promosi dengan cara offline hanya bisa menjangkau pasar untuk wilayah-wilayah tertentu saja.

3. Memanfaatkan Website atau Blog

Cara yang satu ini adalah dengan membuat website sebagai sarana yang siap diakses dan dilihat oleh target iklannya untuk membuat pangsa pasar semakin luas. Apabila Anda ingin menggunakan website sebagai media promosi, website tersebut haruslah mempunyai konsep ressmi dan profesional, memiliki tampilan yang baik dan responsive, serta memuat berbagai informasi terkait usaha jasa yang sedang Anda jalankan.

4. Menggunakan Email Marketing

Dengan menggunakan Email Marketing, memungkinkan Anda untuk dapat mengirimkan berita promosi jasa Anda kepada penerima. Anda juga dapat mengirimkan promo-promo yang menjadi strategi penjualan jasa Anda. Memang menurut banyak orang mempromosikan jasa secara online dengan menggunakan email marketing dinilai sudah kuno. Namun apabila Anda menekuni promosi dengan email marketing ini, Anda akan semakin banyak mengumpulkan pelanggan usaha jasa Anda. Email marketing ini sudah seperti sosial media, setiap orang yang mempunyai sosial media tentunya memiliki satu email aktif. Inilah yang menjadi peluang Anda untuk menawarkan promosi jasa secara online.

5. Promosi Dengan Youtube

Saat ini Youtube sudah menjadi salah satu situs web yang paling banyak dikunjungi. Sebagian besar pengguna internet pun sudah mempunyai akun youtube. Apalagi sekarang telah banyak muncul video vlog dari pengguna youtube. Vlog merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video dengan menggunakan perangkat camera ponsel atau jenis kamera lainnya. Kemudian diedit sedemikian rupa sehingga bertujuan untuk menghibur pengguna youtube lainnya.

Fenomena vlogging yang sedang viral ini seringkali dimanfaatkan oleh banyak pengusaha untuk mempromosikan produknya. Jika Anda mempunyai usaha di bidang jasa, Anda dapat menggunakan fasilitas youtube ini untuk mempromosikan jasa Anda, misal dengan sistem endorse oleh vlogger terkenal. Tentunya seorang vlogger yang terkenal mempunyai banyak subscriber dari berbagai wilayah. Hal ini merupakan kesempatan yang bagus untuk Anda agar jasa Anda banyak dikenal orang. Cara mempromosikan jasa secara online dengan menggunaka Youtube ini sangat efektif yang bisa Anda coba untuk usaha jasa Anda.

6. Menggunakan Teknik SEO

Kepanjangan dari SEO adalah Search Engine Optimization. Sesuai dengan kepanjangannya, SEO ini adalah sebuah langkah optimasi website di mesin pencarian google supaya mudah ditemukan. Dengan menggunakan teknik SEO ini memungkinkan Anda untuk bersaing dengan web lainnya yang sejenis dengan jasa Anda. Apabila Anda menginginkan jasa Anda muncul pada tautan teratas di mesin pencarian google maka Anda harus menguasahi teknik SEO. Dengan menggunakan SEO , peran internet sebagai media promosi akan semakin optimal.

7. Memanfaatkan Facebook

Siapa yang tidak mengenal facebook. Media sosial yang satu ini merupakan salah satu media sosial yang paling digandrungi pada masanya. Bahkan sampai saat ini masih banyak yang menggunakan facebook sebagai media promosi online. Mempromosikan jasa secara online dengan facebook ini biasanya dengan bergabung pada grup-grup atau komunitas jual beli. Dengan begitu memungkinkan Anda untuk dapat bertemu secara online dengan para penjual lainnya dan para konsumen. Melakukan promosi dengan facebook ini dianggap sebagai metode promosi yang paling mudah dan murah. Anda cukup mengunggah inforrmasi terkait jasa Anda. Apabila ada konsumen yang tertarik mereka bisa langsung mengomentari atau bertanya terkait usaha jasa Anda pada kolom komentar.

8. Menggunakan Instagram

Saat ini media sosial yang paling banyak digandrungi oleh semua kalangan adalah instagram. Di instagram ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah beberapa foto yang dapat dilihat oleh pengguna instagram lainnya. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pebisnis untuk mempromosikan produknya di media sosial ini. cara mempromosikan jasa secara online dengan instagram merupakan metode yang sangat efektif dan mudah saat ini. mengingat pengguna instagram sangat banyak bahkan hampir di seluruh dunia. Anda bisa mempromosikan jasa dengan sistem endorse kepada pengguna instagram yang mempunyai followers yang banyak. Dengan begitu jasa Anda akan banyak dikenal orang.

9. Promosi Melalui Twitter

Dengan menggunakan media sosial twitter ini Anda dapat mengenalkan produk Anda ke target konsumen. Anda bisa memposting twit secara teratur, menambah banyak followers, serta mempromosikan website Anda. Mempromosikan jasa secara online dengan twitter saat ini sudah banyak membawa keuntungan bagi para pebisnis yang mempromosikan jasanya.

10. Menggunakan BBM Dan Whatsapp

Sebelum Anda mempromosikan jasa Anda ke khalayak umum, Anda bisa mempromosikannya ke kerabat terdekat Anda. BBM dan whatsapp merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan oleh semua orang yang memungkinkan Anda untuk dapat berinteraksi dengan teman atau kerabat Anda. Untuk mempromosikan jasa bisa Anda lakukan dengan mengirim pesan terkait jasa Anda kepada beberapa kontak yang ada di hanphone Anda. Dengan memanfaatkan aplikasi ini untuk media promosi Anda, maka hal tersebut akan membawa dampak bagi usaha jasa anda.

Itu tadi 10 cara mempromosikan jasa secara online yang paling efektif. Apabila Anda menginginkan jasa Anda dikenal oleh orang banyak dan tepat sasaran ke target yang diinginkan, Anda harus menggencarkan promosi jasa Anda. Selain itu, Anda harus semakin meningkatkan kualitas pelayanan dari jasa Anda. dengan begitu jasa Anda akan semakin terpercaya.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *