"> 15 Cara Mempromosikan Produk Di Instagram Yang Terbukti Efektif

15 Cara Mempromosikan Produk Di Instagram Yang Terbukti Efektif

3 min read

Akhir-akhir ini instagram telah menjelma menjadi paltform bisnis yang paling banyak digemari oleh para pebisnis online. Pasalnya, lebih dari tujuh puluh persen pengguna instagram menjadi follower akun bisnis online. Tentunya, ini menjadi calon konsumen yang potensial untuk bisnis anda. Untuk itu, anda harus pandai mempromosikan produk di akun bisnis instagram anda demi mendapatkan keuntungan yang berlipat. Berikut ini adalah 15 cara mempromosikan produk di instagram yang terbukti efektif dan perlu anda jadikan referensi.

1. Menambah Follower

Cara mempromosikan  yang pertama adalah menambah jumlah follower terlebih dahulu. Dengan follower yang banyak, maka akan banyak pula calon pembeli produk anda. Untuk menambah jumlah follower bisa dilakukan secara manual yaitu dengan mem-follow akun-akun yang menjadi terget market anda. Atau jika ingin cara yang lebih mudah dengan jumlah yang banyak, anda bisa menggunakan jasa influencer atau paid promote.

2. Memposting Foto Dan Video Yang Original

Foto atau video yang original dan tidak asal-asalan dalam membuatnya tentu akan lebih menarik siapa saja yang melihatnya. Anda perlu memperhatikan angle, komposisi dan pencahayaan yang bagus untuk mendapatkan foto produk yang menarik. Anda juga perlu menggunakan background yang unik agar foto produk anda eye catching dan menarik follower anda untuk membeli.

3. Menggunakan Konten Kreatif

Tidak semua bisnis online akan sukses hanya dengan promosi atau penawaran saja. Bahkan, para pengguna instagram akan mudah bosan dengan spam iklan. Untuk itu, sesekali anda perlu menyajikan konten yang menarik dan bermanfaat seperti berbagi tips, quotes, video dan lain sebagainya. Dengan begitu, follower akun bisnis anda akan merasa mendapatkan kebermanfaatan dari akun anda.

4. Menjadikan Instagram Bisnis

Para calon pembeli cenderung akan mempercayai akun yang profesional. Untuk itu, anda perlu mengubah akun jualan anda di instagram menjadi akun bisnis. Pada akun ini biasanya akan menampilkan informasi detail toko online anda termasuk no HP dan email. Dengan begitu, akan meningkatkan kepercayaan dari para pengguna instagram yang melihat akun anda. Selain itu, para calon pembeli juga akan lebih mudah menghubungi anda.

5. Update Dan Posting Secara Rutin

Untuk mendapatkan calon pembeli, tidak hanya sekedar menyajikan konten promosi yang menarik. Anda perlu memposting foto atau video tentang produk anda secara rutin. Dengan begitu, para follower anda akan mudah mengingat online shop anda. Jika tidak bisa memposting setiap hari, anda perlu menargetkan waktu posting dan dilakukan secara rutin. Yang terpenting adalah dilakukan secara rutin agar akun anda tidak tenggelam dan tergeser oleh akun bisnis lain yang aktif.

6. Posting Di Waktu Yang Tepat

Selain jadwal, anda juga perlu memperhatikan jam-jam kritis untuk posting. Yaitu jam-jam dimana para pengguna instagram aktif mengakses instagram baik itu untuk posting atau hanya sekedar scrooling. Biasanya, jam-jam aktif pengguna instagram adalah di siang hari saat jam istirahat atau malam sebelum tidur. Dengan begitu, postingan anda akan dilihat oleh banyak follower.

7. Menggunakan InstaStory

Cara promosi produk di instagram yang lagi happening adalah dengan menggunakan fitur instaStory. Bahkan, banyak sekali online shopper yang berhasil mendapatkan omset hingga jutaan rupiah hanya bermodalkan promosi lewat instaStory. Pasalnya, calon pembeli biasanya akan cenderung memilih online shop yang memberikan pelayanan terbaik dan juga fast respon. Dan Fitur InstaStory ini memudahkan para seller untuk berinteraksi langsung dengan calon pembeli. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan calon pembeli juga lebih besar.

8. Menggunakan Jasa Endorse Selebgram

Anda menginginkan omset penjualan yang meningkat secara drastis?. Maka, anda perlu mencoba cara mempromosikan produk di instagram yang lagi hits ini. Yaitu, dengan menggunakan jasa endorse selebgram terkenal. Para selebgram biasanya memiliki follower atau fans fanatik yang bejibun dan cenderung akan mengikuti apa saja yang dilakukan idolanya. Sehingga ketika mereka mempromosikan produk anda, maka follower akan merasa penasaran dan mencari tahu lebih dalam tentang produk anda. Dengan begitu, peluang anda untuk mendapatkan calon konsumen juga lebih besar.

9. Membuat Program Give Away

Selain jasa Endorse, Give Away juga menjadi salah satu cara yang paling banyak diminati para pebisnis online. Biasanya, seller akan memberikan produknya secara gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Misalnya saja, share di timeline, repost ,maupun mention teman-teman instagram. Give Away merupakan salah satu strategi soft marketing dengan memanfaatkan para peserta give away. Meskipun tidak berdampak secara langsung, namun jika dilakukan dengan strategi yang tepat maka akan meningkatkan penjualan produk anda.

10. Menggunakan Paid Promote

Paid promote juga menjadi salah satu cara mempromosikan produk di instagram yang menjadi favorit para pebisnis online. Tentunya anda harus memilih jasa paid promote yang terpercaya dengan follower yang banyak. Dengan begitu, produk anda akan dilihat oleh banyak pengguna instragram. Dimana semakin banyak yang melihat produk anda, maka peluang untuk mendapatkan calon pembeli juga akan semakin besar.

11. Menggunakan Instagram Ads

Instagram Ads merupakan cara  yang cukup populer di kalangan para pebisnis online. Untuk konsepnya, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan facebook Ads. Dengan menggunakan instagram Ads, anda akan mendapatkan informasi spesifik tentang para pengguna instagram. Bahkan mempunyai penargetan mulai dari lokasi, jenis kelamin, umur, hobi hingga koneksi para pengguna instagram .

12. Menjadi Peserta Aktif Di Platform

Pernahkah anda memposting sesuatu di instagram dan mendapat like atau komentar dari beberapa akun bisnis online?. Nah, ini adalah salah satu bagian dari cara mempromosikan produk  yang sangat soft dan sering tidak anda sadari. Khususnya buat orang awam yang tidak mengerti sama sekali tentang strategi promosi online. Bahkan, banyak sekali akun bisnis yang rela nye-pam di akun para influencer atau seleb terkenal. Dengan cara ini maka akan semakin banyak yang melihat akun bisnis anda khususnya para fans dari artis tersebut.

13. Menggunakan Testimoni Customer

Tidak mudah meyakinkan para pengguna instagram untuk mempercayai produk anda. Apalagi jika produk anda belum terkenal. Untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli, biasanya para seller akan menggunakan testimoni customer sebagai salah satu cara mempromosikan produk di instagram. Bahkan, testimoni bisa disebut sebagai corongnya pemasaran bisnis baik itu online maupun offline.

14. Menggunakan Hastag Yang Sesuai

Untuk mempromosikan produk di instagram anda juga harus menyertakan hastag yang sesuai dengan produk yang anda jual. Dalam sekali posting, anda bisa menyertakan minimal 30 hastag. Dengan begitu, akun bisnis anda akan mudah ditemukan para calon pembeli yang mencari produk yang sejenis dengan produk anda. Sehingga bisa dikatakan kalau hastag adalah salah satu format baku yang harus ada dalam setiap promosi online di instagram.

15. Mengadakan Kontes Hastag

Cara  yang terakhir adalah dengan cara mengadakan kontes hastag. Ini adalah cara tercepat untuk mendapatkan calon pembeli yang baru. Caranya adalah anda akan memberikan hadiah kepada para pengguna instagram yang mem-follow akun anda dan mengirimkan foto dengan hastag tertentu. Peserta dengan like terbanyak lah yang akan menjadi juara. Dengan begitu, produk anda akan semakin dikenal banyak orang.

Ditulis oleh Nuriyati

8 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol; Pemula Harus…

Layaknya jamur di musim hujan, jumlah bisnis online semakin bertambah setiap harinya. Ini disebabkan karena kecenderungan masyarakat yang mulai bergeser pada pemanfaatan fasilitas internet...
Rey
10 min read

5 Jenis Usaha Menjanjikan Untuk Pemula Dengan Modal Minimal

Menjadi wirausaha sekarang sudah mulai menjadi daya tarik bagi berbagai kalangan, karena melihat peluang usaha yang sangat terbuka. Para pemula biasanya mencari pengalaman dengan...
Rey
1 min read

20 Cara Mempromosikan Jasa Secara Online Yang Terbukti Efektif

Usaha tanpa promosi seperti tombak tanpa ujungnya, tidak akan ada gunanya karena tidak akan menghasilkan apa-apa. Tidak ada bisnis yang sukses tanpa adanya promosi,...
Rey
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *