"> 15 Cara Mempromosikan Produk Secara Online yang Terbukti Efektif

15 Cara Mempromosikan Produk Secara Online yang Terbukti Efektif

6 min read

Promosi merupakan salah satu cara agar produk yang diproduksi dapat dikenal dan terjual di pasaran. Apalagi di dalam sebuah usaha, faktor promosi menjadi kunci kesuksesan. Promosi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara online maupun offline. Namun beberapa orang kurang paham bagaiamana cara mempromosikan produk secara online yang efektif.

Jika dahulu promosi dilakukan dengan mencetak pamflet, spanduk, brosur maupun leatlet. Kini cara mempromosikan produk secara online lebih dilirik daripada secara offline.

Cara ini lebih efektif untuk menarik pelanggan, karenan hampir semua orang kini menggunakan dunia internet. Tidak hanya itu, promosi secara online juga terbukti lebih murah, praktis dan mudah.

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar yang memiliki minat pada online shop. Sehingga sudah menjadi hal yang wajib bagi yang menjalani bisnis untuk belajar mengenai internet.

Apalagi kita harus mengikuti perkembangan zaman agar bisnis yang kita jalankan berkembang. Ada banyak cara mempromosikan produk secara online sehingga memberikan keuntungan pada usaha kita. Berikut penjelasannya:

1. Berjualan Di Marketplace

Marketplace merupakan salah satu pasar terbesar dalam mempromosikan produk. Dengan hadirnya marketplace ini memudahkan dalam menjual produk.

Apalagi perkembangan marketplace di Indonesia sangat besar. Tidak hanya itu, kebanyakan konsumen juga merasa percaya dengan membeli produk melalui marketplace.

Promosi melalui marketplace sangat mudah. Apalagi kita tidak perlu membayar biaya pemasangan iklan. Dengan pangsa pasar yang luas, tentu menambah keuntungan menjadi lebih besar. Beberapa marketplace yang terpercaya adalah bukalapak, lazada, shopee, olx, berniaga.com dan tokopedia.

Berpromosi secara online melalui marketplace memiliki cakupan pembeli yang besar. Berjualan di marketplace seperti memiliki toko online sendiri. Beberapa hal yang harus ada saat berjualan lewat marketplace adalah :

  • Deskripsi Produk
  • Foto
  • Profil Usaha
  • Alamat Usaha
  • Kontak
  • Cara Pemesanan
  • Cara Pembayaran
  • Testimoni

2. Membangun Web atau Blog

Bagi pengusaha dalam skala besar, web atau blog menjadi senjata promosi online yang harus dimiliki. Dengan mengelola web atau blog menunjukkan sisi profesionalitas seorang pengusaha.

Promosi online melalui web atau blog dengan trik – tertentu pastinya akan menarik minat calon pembeli. Seperti adanya diskon maupun promo yang terpampang jelas di web.

Keuntungan promosi melalui web atau blog tentunya akan berkali – kali lipat. Tidak hanya keuntungan dari produk yang dijual saja, melainkan dari web itu sendiri sudah memberikan penghasilan.

3. Beriklan Menggunakan Google Adwords

Bagi pengguna setia internet tentu sudah tidak asing lagi dengan forum pencarian google. Melalui google, siapapun dapat mencari produk yang dijual di pasaran dengan mudah.

Promosi produk melalui google adword akan sangat menguntungkan. Karena dengan menggunakan google adword menjadikan produk yang dijual berada di urutan teratas. Untuk promosi melalui google adword, diharuskan mendaftar terlebih dahulu.

Dalam google adword ada tools yang dapat membantu Anda melakukan promosi dengan efisien. Yaitu promo navigator. Promo navigator merupakan tools otomatis yang dapat membantu Anda dalam membuat campaign di Google Adwords menjadi mudah. Beberapa kemudahan beriklan menggunakan promo navigator :

  • Dapat menyarankan beberapa keyword terbaik untuk Anda
  • Bisa menyarankan anggaran yang akan Anda gunakan dengan biaya seefisien mungkin sehingga sesuai dengan target
  • Promo Navigator dapat mengatur Auction pada Google, sehingga tidak perlu lagi melakukan observasi

4. Menggunakan Teknik SEO

SEO hampir mirip dengan google adword, namun SEO lebih banyak digunakan untuk mempromosikan web atau blog. Dengan menggunakan SEO memungkinkan Anda bersaing dengan web sejenis lainnya, sehingga agar produk Anda muncul di urutan teratas.

Teknik SEO banyak dipilih karena cara ini efektif untuk jangka panjang. Cukup optimasi di awal saja website anda dan seiring berjalannya waktu website akan muncul di halaman awal google. Dengan demikian anda akan mendapatkan banyak calon pembeli baru.

Cara mudah dan sederhana untuk membuat website anda muncul di halaman pertama google adalah dengan mengupdate artikel secara konsisten. Namun jika anda kesulitan anda bisa memesan artikel pada jasa penulis artikel seo yang sudah dipercaya.

5. Dengan E-mail Marketing

Cara mempromosikan produk secara online memang sangat banyak sekali, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan email marketing. Beberapa orang meremehkan dan menilai cara ini sangat kuno.

Namun jangan salah, promosi melalui email marketing membuat Anda mudah untuk mengirimkan berita promosi terbaru dair produk yang dijual.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menawarkan produk kepada langganan Anda. Mengingat semua orang yang memiliki sosmed pasti memiliki email yang aktif. Tentunya akan memberikan keuntungan yang besar.

6. Memanfaatkan Youtube

Siapa yang tidak tahu youtube. Forum broadcaster video terbesar dengan pengguna terbanyak di dunia ini tentu menjadi solusi tepat bagi Anda untuk mempromosikan produk secara online.

Dengan membuat konten video yang menarik mengenai produk Anda, tentu akan mengundang banyak viewers. Yang bisa jadi akan memesan produk yang Anda jual.

Promosi melalui youtube tidak hanya membutuhkan konten yang menarik saja, melainkan juga judul serta keyword yang familiar. Sehingga dapat menarik konsumen lebih banyak.

Keuntungan dengan promosi melalui youtube akan tinggi. Mengingat youtube menjadi salah satu situs yang sangat diminati oleh banyak orang, muda, tua laki – laki maupun perempuan.

7. Memanfaatkan Kelebihan Facebook

Facebook merupakan salah satu sosial media yang hingga kini masih banyak digunakan. Selain untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga maupun sahabat, facebook juga menjadi media promosi dengan tingkat keuntungan yang tinggi.

Promosi menggunakan facebook menjadi cara yang paling mudah, murah dan efektif. Anda bisa menggunakan nama toko Anda dan memperkenalkannya. Beberapa alasan mempromosikan produk melalui facebook menjadi pilihan tepat :

  • Pengguna Facebook banyak. Popularitas facebook masih terus ada hingga kini. Bahkan penggunanya sangat besar. Sehingga facebook tentu menjadi media yang cocok untuk berpromosi.
  • Hampir semua marketplace menggunakan Facebook. Meskipun Anda sudah mempromosikan produk melalui marketplace, namun facebook tetap menjadi pilihan utama. Hal ini dikarenakan, hampir semua marketplace menggunakan fitur share di facebook. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam mempromosikan produk. Karena marketplace dan facebook terhubung,  akan mempermudah konsumen untuk mengunjungi toko online Anda di marketplace melalui facebook.
  • Bisa menggunakan berbagai media promosi. Promosi melalui facebook sangat efektif karena sudah tersedia media promosi yang canggih. Tidak hanya teks saja, Anda bisa membagikan gambar produk maupun video. Sehingga konten Anda semakin terlihat eye catching.
  • Berpotensi mendapatkan daftar konsumen loyal. Membeli produk secara online menjadi pilihan yang paling diminati. Mulai dari orang yang coba – coba belanja online, hingga mereka yang loyal. Dimana konsumen loyal sangat berarti bagi Anda.

8. Menggunakan Fitur Instagram Yang Powerfull

Selain facebook, cara mempromosikan produk secara online juga dapat menggunakan instagram. Instagram merupakan sosial media kekinian yang memiliki minat tinggi. Terutama dalam hal jual beli online. Anda bisa mengupload foto, video hingga siaran langsung untuk mempromosikan produk Anda.

Selain itu, melalui instagram Anda juga dapat promosi melalui endorse. Dimana produk Anda akan dipromosikan oleh orang yang terkenal seperti, atlit, selebgram hingga artis. Beberapa manfaat menggunakan instagram sebagai media promosi :

  • Dapat melihat insight market. Cara mempromosikan produk secara online melalui instagram memang menguntungkan. Bagaimana tidak, Anda dapat mengetahui data statistik demografi followers. Melipuri usia, jenis kelamin, domisili followers hingga jam online.
  • Dapat jam upload foto. Media instagram akan memberikan insight market sehingga Anda dapat mengetahui jam berapa followers Anda online. Dengan begitu Anda dapat menentukan kapan waktu upload yang tepat dan tidak perlu bergantung pada prime time lagi.
  • Event Off Air. Dari insight market Anda dapat mengetahui domisili dari followers Anda. Sehingga tentu Anda dapat mengadakan event off air. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kesalahan menentukan target market.
  • Instagran memudahakan konsumen menghubungi Anda. Dalam mengisi profil bisnis, Anda harus mencantumkan alamat, email ataupun nomor telepon. Dari sinilah konsumen akan dengan mudah menghubungi Anda.
  • Terhubung dengan Facebook page. Menggunakan fitur instagram bisnis berarti Anda harus memiliki facebook terlebih dahulu. Dengan demikian jangkauan Anda bisa lebih lebar karena Facebook terhubung dengan instagram.
  • Informasi kategori instagram bisnis. Di instagram terdapat beberapa kategori bisnis yang dapat dipilih. Seperti fashion, organization, shopping & retail dan masih banyak lagi. Sama hal nya dengan di facebook page, sehingga akan lebih baik jika Anda membuat facebook page terlebih dahulu. Sehingga Anda dapat menentukan kategori bisnis yang lebih spesifik di instagram bisnis Anda.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk promosi melalui instagram :

  • Upload Foto atau video mengenai produk
  • Intastory
  • Endorse selebgram
  • Paid promote
  • Give away
  • Instagram Ads

9. Review Produk di Blog

Tidak hanya melalui siaran pers saja, Anda juga dapat mempromosikan produk dengan mereview produk Anda. Anda bisa menghubungi para blogger terkenal untuk mempromosikan produk Anda.

Para blogger akan tertarik ketika Anda mengirimkan sample produk kepada mereka. Yang kemudian bisa mereka review secara gratis maupun berbayar di blog mereka.

Cara mempromosikan produk secara online yang satu ini terbukti ampuh. Karena kebanyakan orang yang ingin membeli secara online, selalu mencari tahu review maupun testimonial dari orang lain, khususnya blogger.

10. Broadcast Pesan Di WhatsApp

Whatsapp menjadi salah satu aplikasi yang populer yang sangat memudahkan dalam berkomunikasi. Hampir semua orang memiliki smartphone dimana mereka juga selalu memasang aplikasi whatsapp ini.

Selain telepon, chatting dan video call, whatsapp memiliki fitur berbagi kiriman melalui status. Disinilah Anda bisa melakukan promosi berupa foto, video maupun teks.

Namun jika ingin lebih efektif lagi anda bisa mencoba broadcast pesan masal dengan bantuan software whatsapp yang sekarang sudah banyak yang beredar.

11. Soft Selling di Linkedin

Berbagai cara akan dilakukan oleh pengusaha untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Salah satunya dengan berjualan melalui linkedin. Salah satu situs terbesar yang sering digunakan untuk resume dan membaca blog.

Situs ini biasanya berorientasi pada karir dan artikel berita. Tidak hanya itu, linkedin juga digunakan untuk menjangkau konsumen secara potensial. Hampir semua orang dapat mengakses situs ini terutama perusahaan yang mencari konsumen baru.

Terdapat perbedaan antara promosi menggunakan linkedln dan media sosial lainnya. Promosi soft selling melalui linkedin merupakan promosi secara profesional dimana Anda hanya perlu membuat profil Linkedin yang menarik. Serta memberi informasi penting dan menunjukkan prestasi. Dengan begitu akan menarik orang bahkan perusahaan lain untuk menghubungi Anda.

12. Membuat Program Afiliasi

Untuk Anda yang ingin mudah dalam promosi, Anda bisa menggunakan program afiliasi marketing. Cara promosi menggunakan program ini sangat menguntungkan. Banyak orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui internet. Salah satunya dengan program afiliasi.

Sistem kerjanya sangat mudah, dimana orang lain akan mempromosikan produk Anda. Yaitu dengan membagikan tautan khusus di media sosialnya. Dan dari tautan itu Anda dapat melacak siapa saja yang mendorong penjualan.

13. Promosi Dengan Gambar Di Pinterest

Pinterest merupakan aplikasi yang sering digunakan oleh orang – orang. Banyak pengguna internet yang aktif. Mereka mencari – cari gambar yang menarik untuk mendapatkan inspirasi maupun untuk membeli barang. Jadi tidak ada salahnya jika produk yang dibuka.

Langkah jitu untuk promosi produk lewat pinterest yaitu dengan membuat board produk sebaik mungkin. Yang harus ada dalam board Anda tentu saja deskripsi, kategori dan gambar produk. Dan, dengan memulai membuat sematan pin  untuk  produk yang ada di situa Anda ke board yang Anda buat.

14. Memaksimalkan Sistem Referral Marketing

Referral marketing merupakan pemasaran word of mouth atau dikenal dari mulut ke mulut. Strategi promosi ini sangat ampuh untuk memperkenalkan produk Anda kepada orang lain.

Pada website yang sudah Anda desain sebagai toko online, Anda dapat menerapkan referral marketing. Sehingga orang – orang yang mengunjungi web Anda akan dengan mudah menekan tombol share.

Agar lebih menarik Anda juga biaa memberikan penawaran tertentu bagi mereka yang sukses merekomendasikan produk Anda ke orang lain. Misal dengan voucher diskon, promo dal lainnya.

15. Menggunakan Line Marketing

Line merupakan sarana promosi produk yang baik. Line marketing sendiri merupakan media promosi yang sangat baru, fresh dan menjanjikan. Line@ merupakan aplikasi yang resmi dirilis awal bulan Maret tahun 2015.

Aplikasi ini sangat lengkap karena menggabungkan platform sosial media, messenger dan toko online. Sehingga tidak salah kalau promosi menggunakan aplikasi ini menjadi trend. Line@ memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dari Instagram dan Facebook. Fitur – fitur tersebut antara lain :

  • Timeline post
  • Like dan share
  • Post texg only
  • Post pictures
  • Post video
  • Broadcast message
  • Auto boradcast
  • Auto reply
  • Auto post
  • Coment
  • Filter coment
  • Multi admin
  • Auto add friends
  • Free call and video call

Itulah 15 cara mempromosikan produk secara online yang paling efektif dan efisien. Dengan beberapa cara tersebut tentunya lebih memudahkan Anda dalam menambah pundi – pundi uang. Yang terpenting Anda harus teratur dan rutin dalam menjalankan bisnis Anda.Jangan lupa untuk langsung

8 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol; Pemula Harus…

Layaknya jamur di musim hujan, jumlah bisnis online semakin bertambah setiap harinya. Ini disebabkan karena kecenderungan masyarakat yang mulai bergeser pada pemanfaatan fasilitas internet...
Rey
10 min read

5 Jenis Usaha Menjanjikan Untuk Pemula Dengan Modal Minimal

Menjadi wirausaha sekarang sudah mulai menjadi daya tarik bagi berbagai kalangan, karena melihat peluang usaha yang sangat terbuka. Para pemula biasanya mencari pengalaman dengan...
Rey
1 min read

20 Cara Mempromosikan Jasa Secara Online Yang Terbukti Efektif

Usaha tanpa promosi seperti tombak tanpa ujungnya, tidak akan ada gunanya karena tidak akan menghasilkan apa-apa. Tidak ada bisnis yang sukses tanpa adanya promosi,...
Rey
7 min read

One Reply to “15 Cara Mempromosikan Produk Secara Online yang Terbukti Efektif”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *