Cara Menambahkan User WordPress Dengan Role Author / Kontributor

Perlunya membuat akun kontributor atau author ketika sebuah website dikelola beberapa orang. Paling banyak digunakan oleh website yang memiliki banyak penulis untuk ikut berkontribusi dalam menulis artikel di website tersebut. Untuk membuat atau menambahkan user baru caranya cukup mudah, silahkan ikuti intruksi berikut:

1. Masuk Ke Dashboard Website WordPress

Untuk masuk ke dashboard website yang menggunakan CMS WordPress caranya sangat mudah. Cukup menambahkan /wp-admin di belakang domain anda seprti : bikinartikel.com/wp-admin.

Tampilan dashboard wordpress berbeda-beda namun pada intinya sama. Ada menu menu yang secara default sudah tersedia dalam wordpress itu sendiri.

2. Buat User Baru

Dalam dashboard wordpress anda akan melihat banyak menu atau navigasi di sebelah kiri. Cari dan klik menu Users dan Add New seperti gambar dibawah ini:

3. Isi Data User

Di sini anda harus mengisikan data user dan membuat sebuah password untuk user baru tersebut. Setelah terisi, pada bagian bawah pilih role user yang akan dibuat. Di tutorial kali ini yang akan kita buat adalah author, maka pilih author.

Setelah selesai klik Add New User maka user baru dengan role Author telah terbuat dan anda bisa login menggunakan data username atau email dan password yang telah dibuat di langkah kedua.

error: Content is protected !!