Penting! Inilah Cara Mengembalikan File WA Yang Terhapus Dan Mengamankannya

By: rianda 2 min read

cara mengembalikan file wa yang terhapus

Terkadang pengguna mencari lagi file WA yang sudah dihapus atau yang secara tidak sengaja terhapus untuk berbagai kepentingan. Cara mengembalikan file WA yang terhapus bisa dilakukan melalui beberapa cara yang tidak sulit untuk memulihkan file tersebut.

Sebenarnya WA melakukan pencadangan (backup) secara otomatis dan jika tidak melakukan pembersihan di perangkat maka file WA akan tetap tersimpan selama tujuh hari. Setelah tujuh hari atau jika melakukan pembersihan maka file akan hilang.

Untuk langkah pengamanan proses pencadangan juga bisa dilakukan dan disimpan di Google Drive atau di SD Card agar data tidak mudah hilang atau terhapus. Kini simaklah cara pemulihannya berikut ini:

Cara Mengembalikan File Melalui Perangkat Android

Upaya pertama pemulihan file adalah melalui perangkat android yang digunakan untuk operasional WA tapi harus dimulai dengan melakukan pencadangan file terlebih dulu. Ikutilah langkah lengkapnya berikut ini:

1. Lakukan Pencadangan File Lebih Dulu

Langkah pertama adalah melakukan backup (pencadangan) file yang ada di WA termasuk chat dan aneka file lainnya, caranya sederhana yaitu:

  • Buka aplikasi WA dan pilih menu “Setting” (titik tiga di kanan atas).
  • Pilih opsi “Chats” lalu geser ke bawah.
  • Lanjutkan dengan memilih “Chat Backup.” Nanti akan diperlihatkan waktu terakhir kali backup dilakukan.
  • Tekan tombol “Back Up” untuk memulai proses pencadangan.

2. “Uninstall” Aplikasi-nya

Aplikasi WA harus di-uninstall untuk mengembalikan semua file yang pernah ada pada chat WA di perangkat. Jadi pastikan backup-nya sudah selesai sebelum melakukan langkah ini. Temukan master aplikasi WA di perangkat lalu hapus.

3. Lakukan Install Ulang Aplikasi WA

Setelah perangkat bersih dari aplikasi WA yang lama, langkah berikutnya adalah mengunduh kembali aplikasi ini dari Playstore kemudian menginstalnya kembali. Lakukan langkah rutin pemasangan aplikasi di perangkat seperti biasa, dengan verifikasi nomor telepon dan kode yang diberikan.

4. “Restore” File

Pengembalian aplikasi WA ke perangkat akan membuatnya secara otomatis melakukan pendeteksian untuk menemukan file yang tersimpan saat backup. Setelah menemukannya aplikasi akan menampilkan menu “Restore Backup” secara otomatis dan pengguna bisa memulihkan file yang terhapus tersebut.

Proses ini akan cukup memakan waktu tergantung dari seberapa banyaknya file yang terhapus atau file yang dikembalikan. Tapi setelah proses “Restore” ini selesai, pengguna bisa mendapatkan kembali file yang sebelumnya terhapus.

Cara Mengembalikan File Melalui Perangkat iPhone

Langkah pemulihan file di perangkat iPhone secara prinsip hampir sama dengan yang dilakukan dengan perangkat android karena langkah terpentingnya tetap melakukan backup data lebih dulu. Ikuti langkah cara mengembalikan file WA yang terhapus berikut ini:

1. Lakukan “Chat Backup”

Langkah ini dilakukan dengan masuk ke menu “Setting” lalu memilih opsi “Chat” kemudian opsi “Chat Backup.” Maka proses backup segera dilakukan. Tunggu proses selesai untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. “Uninstall” dan Install Ulang Aplikasi-nya

Aplikasi WA harus di-uninstall untuk mengembalikan semua file yang pernah ada pada chat WA di perangkat. Jadi pastikan backup-nya sudah selesai sebelum melakukan langkah ini. Temukan master aplikasi WA di perangkat lalu hapus.

Setelah perangkat bersih dari aplikasi WA yang lama, langkah berikutnya adalah mengunduh kembali aplikasi ini dari App store kemudian menginstalnya kembali. Lakukan langkah rutin pemasangan aplikasi di perangkat seperti biasa, dengan verifikasi nomor telepon dan kode yang diberikan.

3. “Restore” File

Pengembalian aplikasi WA ke perangkat akan membuatnya secara otomatis melakukan pendeteksian untuk menemukan file yang tersimpan saat backup. Setelah menemukannya aplikasi akan menampilkan menu “Restore” lalu klik “Setuju” untuk memulai prosesnya dan mengembalikan file yang terhapus.

Cara Mengembalikan File Melalui Google Drive

Dengan memiliki cadangan atau backup riwayat chat dan file lainnya di Google Drive, semua file akan jauh lebih aman karena bisa dilakukan pencadangan otomatis. Pengguna bisa memilih frekuensi pencadangannya misalnya hitungan hari atau minggu atau bahkan bulan.

Dalam langkah pemulihan ini pengguna harus menggunakan akun Google dan nomor ponsel yang sama saat pertama kali melakukan pencadangan. Ikuti langkah pemulihannya berikut ini:

  • Hubungkan perangkat yang digunakan dengan akun Google dimana pencadangan disimpan.
  • Install lalu bukalah aplikasi WA dan lakukan verifikasi nomor ponsel seperti biasa.
  • Tekanlah opsi “Restore” untuk mengembalikan percakapan dan file lainnya dari Google Drive.
  • Setelah proses ini selesai, tekanlah opsi “Next” maka file bisa dilihat kembali.
  • Aplikasi akan terus melakukan pencadangan sesuai jadwal yang telah dibuat.

Cara Mengembalikan Melalui Pencadangan Lokal

Jika sebelumnya pengguna tidak pernah melakukan pencadangan melalui Google Drive, maka aplikasi memulihkan file secara otomatis dari pencadangan lokal (local backup). Untuk itu pengguna harus memindahkan file ke perangkat menggunakan SD Card atau File Explorer dengan langkah seperti berikut ini:

  • Unduhlah aplikasi File Manager dan install hingga siap digunakan.
  • Masuklah ke aplikasi lalu pilih menu “Local Storage” atau “SD Card”.
  • Lanjutkan dengan memilih “Whatsapp” lalu pilih “Databases.”
  • Jika data tidak tersimpan dalam SD Card, maka carilah di “Internal Storage”. Lalu salinlah file pencadangannya ke folder Databases tadi.
  • Install dan bukalah aplikasi WA dan verifikasikan nomor ponsel yang digunakan.
  • Tekan opsi “Restore” untuk memulihkan file dari media pencadangan lokal tersebut.

Sekedar mengingatkan, perangkat hanya akan menyimpan file cadangan selama tujuh hari terakhir dan pencadangan dilakukan setiap jam 02.00 dini hari.

Cara mengembalikan file WA yang terhapus tidak sulit dilakukan namun sangat disarankan untuk selalu melakukan proses pencadangan file agar mudah ditemukan saat dibutuhkan. Aturlah jadwal pencadangan otomatis agar aplikasi bekerja rutin menyimpan file dalam WA.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.