7 Cara Optimasi Kecepatan Website Agar Loading Cepat

  • September 21, 2018
Cara Optimasi Kecepatan Website

Kecepatan website menjadi parameter penting dalam meningkatkan trafik website anda, jumlah pengunjung berbanding lurus dengan kecepatan website anda. Jadi jika ingin meningkatkan trafik dan jumlah subscribers anda harus memastikan bahwa website anda loading dengan cepat. Banyak hal yang bisa memperlambat waktu loading website anda, yang terkadang adalah kesalahan yang tidak disengaja. Apabila terjadi demikian anda perlu mengetahui cara optimasi kecepatan website, agar kecepatan loading website anda kembali maksimal.

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapat jika website mu memiliki waktu loading yang singkat, peningkatan jumlah pengunjung pasti anda rasakan. Anda juga pasti sudah tahu bahwa kecepatan website adalah salah satu faktor SEO, website yang memiliki kecepatan tinggi, maka rangkingnya akan terdorong ke atas. Jika demikian maka akan mempengaruhi trafik website anda, lalu bagaimana cara optimasi kecepatannya? Berikut ulasannya.

Cara Optimasi Kecepatan Website

Berikut adalah cara melakukan optimasi kecepatan website yang bisa anda lakukan:

1. Pilih Hosting Dengan Kualitas Top

Hosting adalah faktor utama penentu kecepatan website anda, jika ingin memiliki website berkecepatan tinggi maka pilihlah hosting yang berkualitas top. Sebelum memilih hendaknya anda lihat dulu bagaimana testimoni pengguna sebelumnya, apakah kecepatannya bagus atau tidak hosting tersebut. Kemudian sebisa mungkin pilih hosting yang murah tapi memiliki banyak fitur, sebagai keuntungan tambahan.

2. Gunakan Tema Default Platform Akan Lebih Baik

Dalam memilih tema, anda hanya memikirkan visualisasina saja tanpa memikirkan pengaruhnya pada kecepatan website anda. Tema yang memiliki banyak fitur akan memperlambat kecepatan loading website anda, jadi pilihlah tema dengan fitur minimalis tapi berguna. Menggunakan tema default platform akan lebih bagus karena tidak berpengaruh pada kecepatan.

3. Buang Plugin Yang Tidak Diperlukan Pada Website Anda

Sebelum anda menginstall sebuah plugin, sebaiknya anda pikirkan dulu apakah anda benar-benar membutuhkannya atau tidak. Jika anda terlanjur menginstallnya buanglah jika anda rasa tidak memerlukannya. Anda harus meminimalisir penggunaan plugin agar kecepatan website anda maksimal.

4. Optimasi Penggunaan Gambar pada Website Anda

Gambar adalah salah satu yang memberatkan kerja sebuah website, memperlambat kecepatan loading jika yang anda gunakan tidak optimal, ada beberapa cara optimasi gambar website anda:

  • Mengatur setting agar gambar di resixe secara otomatis
  • Memperkecil gambar dengan tools reSmush.it atau tinypng atau plugin Optimus
  • Lazy loading
  • Pilih format gambar terbaik untuk website anda

5. Lakukan Maintenance Secara Rutin

Agar website tetap dalam keadaan baik anda harus memantaince WordPress anda secara berkala, seperti:

  • WordPress dan plugin harus selalu up to date
  • Buang draft revisian lama
  • Hapus komentar yang mengandung spam

6. Kontrol Jumlah Draft Revisi Yang Tersimpan

Pada WordPress jika anda melakukan revisi pada sebuah post, maka draftnya akan disimpan setiap kali anda melakukan revisi. Semakin banyak anda melakukan revisi semakin banyak juga draft yang tersimpan, hal ini yang membuat website anda penuh. Sebaiknya hapus semua revisi ketika post tersebut sudah di publish, agar website bisa maksimal kecepatannya.

7. Optimasi Database Anda

Setelah menggunakan website anda berjalan beberapa waktu, maka database akan memiliki banyak informasi yang menumpuk dan mungkin tidak dibutuhkan lagi. Anda bisa melakukan pembersihan dengan menyingkirkan database yang sudah tidak diperlukan lagi. Jika anda menggunakan WordPress anda bisa memanfaatkan plugin Wp-Sweep untuk membersihkan database anda dari informasi yang tidak perlu. Hal ini akan meningkatkan kecepatan website anda.

Demikian Beberapa cara optimasi kecepatan website, agar kecepatan loading website anda maksimal dan trafik website anda meningkat.

Tags:
error: Content is protected !!