5 Cara Optimasi SEO On Page WordPress Paling Efektif

  • September 22, 2018
Cara Optimasi SEO On Page WordPress

Sebagian besar Blogger atau pun internet marketer tahu betapa pentingnya SEO bagi website atau blog mereka. Optimasi SEO mampu mendongkrak jumlah pengunjung dan ranking sebuah website di search engine Google, yang pada akhirnya mempengaruhi pendapatan anda. Optimasi SEO bisa dilakukan on page dan off page, keduanya bertujuan sama yaitu meningkatkan trafik dan ranking sebuah website. Kali ini anda akan mengetahui cara optimasi SEO on page WordPress untuk website anda.

SEO on page adalah optimasi dengan memanfaatkan semua elemen yang ada dalam blog atau website itu sendiri. Optimasi on page bergantung kepada anda sebagai pemilik blog atau website, anda harus paham betul elemen-elemen yang harus di optimasi. Serta bagaimana caranya melakukan optimasi pada elemen tersebut, untuk mengetahui caranya simak ulasan di bawah ini.

5 Cara Optimasi SEO On Page WordPress

Optimasi on page adalah optimasi yang dilakukan dari dalam blog atau website anda sendiri. Sehingga mesin pencari dapat mengidentifikasi kecocokan keyword dengan subjek atau topik dalam website anda. Dengan teknik on page ini, anda bisa mengontrol mau melakukan optimasi yang mana saja. Berikut adalah cara optimasi on page yang bisa anda lakukan pada website WordPress anda:

1. Optimasi Konten

Secara teratur publish konten yang berkualitas dan unik serta sesuai dengan topik website anda akan berdampak positif bagi ranking website anda. Google akan mudah melakukan identifikasi topik website anda dan memberi website anda ranking pada hasil pencarian mereka. Semakin sering anda mempublikasikan konten baru, semakin sering Google mengunjungi website anda dan akan semakin cepat Google menemukan website anda. Sehingga akan mempercepat konten baru anda muncul di halaman pencarian Google.

2. Membuat Internal Link Yang Berkualitas Dan Natural

Internal link akan menunjukkan bahwa konten-konten dalam website anda memiliki elevansi dan berhubungan dengan topik website anda. Link ini akan membuat mesin pencari menemukan semua konten yang sudah anda buat, karena masing-masing telah terhubung dengan link internal yang anda buat. Hal ini akan menaikan ranking website anda di mesin pencari untuk topik yang terkait.

3. Optimasi Keyword

Keyword adalah serangkaian kata yang diketik pengguna mesin pencari untuk menemukan apa yang mereka butuhkan. Agar keyword yang anda gunakan optimal, anda harus meriset kata kunci yang sesuai dengan topik website anda, dan memeperkirakan kata kunci yang banyak dicari orang. Dengan begitu anda bisa membuat konten yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

Tapi perlu diingat, memasukkan kata kunci tidak boleh asal-asalan begitu saja, tapi harus benar-benar natural. Sehingga konten anda mendapat ranking bagus di mesin pencari dan di mata pembaca. Kata kunci yang dimasukkan secara natural, akan membuat pembaca nyaman membaca artikel anda.

4. Tags Judul Yang Unik Dan Mengandung Keyword

Judul harus unik dan mengandung kata kunci tertentu, agar mudah terindeks oleh mesin pencari Google. Jangan buat judul yang terlalu panjang karena tidak dapat ditampilkan keseluruhan oleh Google di halaman pencarian, sehingga kana dilewatkan oleh pembaca. Buatlah judul yang meyakinkan pembaca dan sesuai dengan isi dari artikel anda, agar pembaca puas dengan artikel yang mereka baca.

5. Meta Deskripsi Tag

Meta deskripsi ini yang akan ditampilkan dalam halaman pencarian Google dan dibaca pertama kali oleh pembaca. Sehingga sangat penting membuat meta deskripsi yang sesuai dengan isi konten anda, agar pembaca mendapatkan apa yang mereka cari. Dalam meta deskripsi harus mengandung keyword yang sesuai dengan topik website anda.

Demikian 5 cara optimasi SEO on page WordPress yang bisa anda lakukan sendiri untuk optimasi SEO website anda.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *