10 Cara Promosi Usaha Tour And Travel Yang Mudah Diterapkan Bagi Pemula

10 Cara Promosi Usaha Tour And Travel Yang Mudah Diterapkan Bagi Pemula

Anda memiliki usaha tour and travel? Di dalam beberapa waktu belakangan ini, usaha tour and travel memang sedang menjadi incaran sebagian masyarakat. Bagi anda yang baru saja terjun ke dunia bisnis tour and travel, tentu saja perlu mempersiapkan strategi promosi. Cara promosi usaha tour and travel memang sangat beragam. Apa sajakah cara mempromosikan usaha tour and travel yang mudah diterapkan? Inilah beberapa ulasannya.

1. Memasang Iklan Melalui Google Adwords

Sekarang ini, mempromosikan usaha ataupun bisnis memang dapat memanfaatkan digital marketing. Nah, di era digital ini, salah satu cara promosi usaha tour and travel yaitu bisa memanfaatkan Google Adwords.

Melalui tool yang satu ini, anda bisa menentukan dan menemukan calon klien yang dituju dengan cepat. Bahkan melalui Google Adwords, promosi bisa dilakukan dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan usaha anda. Misalnya saja kata kunci tentang bisnis tour and travel.

Promosi usaha tour and travel dengan menggunakan Google Adwords juga bisa menghemat biaya pemasaran. Budget promosi usaha anda dapat diminimalkan dengan menggunakan tool yang satu ini. Apalagi sekarang ini, banyak masyarakat yang lebih mengandalkan pencarian jasa tour and travel via internet.

2. Melalui Grup Agen Tour And Travel

Tentu saja salah satu tujuan pokok dari promosi tour and travel adalah agar usaha/bisnis yang dikelola dapat dikenal oleh banyak orang. Nah, melihat hal ini tentu saja salah satu cara promosi usaha tour and travel adalah dengan menjalin relasi dengan berbagai pohak, khususnya sesama penyedia jasa tour and travel.

Untuk bisa mendapatkan relasi, baik dengan para penyedia jasa agen tour and travel ataupun calon klien, maka anda perlu bergabung dengan komunitas. Sebagai langkah awal, anda bisa meminta untuk bergabung di berbagai grup tour and travel. Setelah itu, anda bisa ikut berdiskusi tentang berbagai topik yang sedag dibahas. Dengan demikian, anda bisa menawarkan jasa tour and travel yang dimiliki.

3. Memposting Penawaran Melalui Listing Website Travel

Cara yang satu ini bisa dibilang cukup sederhana. Anda hanya perlu mengumpulkan atau mendaftar berbagai website yang bergerak di bidang tour and travel. Nah, setelah anda berkomunikasi dengan pengelola website tersebut, segera lakukan promosi melalui website yang bersangkutan.

Cara ini tergolong efektif karena website tersebut sudah memiliki traffic yang banyak, sehingga iklan anda akan dibaca oleh banyak orang. Jangan lupa juga mencantumkan informasi yang lengkap di iklan tersebut seperti layanan yang ditawarkan dan kontak pemesanannya.

4. Membuat Website Tour And Travel Sendiri

Jika anda tidak ingin menumpang di website orang lain, maka tidak ada salahnya jika membuat website tour and travel sendiri. Buatlah sebuah website profesional yang memang khusus melayani di bidang tour and travel.

Setelah membuat website tour and travel, jangan lupa untuk mengisinya dengan artikel-artikel yang SEO friendly, menarik dan informatif. Bahkan, untuk membangun dan mendukung kredibilitas usaha, anda juga bisa menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

5. Promosi Melalui Radio

Mungkin bagi sebagian orang, radio menjadi media informasi yang tidak begitu kekinian. Namun ternyata tidak sedikit pula masyarakat yang masih suka mendengarkan radio. Bahkan, cara promosi usaha tour and travel dengan memanfaatkan radio ini bisa dibilang memiliki peluang yang cukup bagus.

Mengapa? Ya, karena biasanya para pemakai jasa tour and travel berasal dari masyarakat berusia dewasa-tua. Banyak dari mereka yang masih mendengarkan radio sebagai media hiburan dan informasi. Selain itu, promosi melalui radio ini budgetnya juga lebih murah dan efisien.

6. Mengadakan Event Menarik

Sebagai permulaan, tentu saja anda perlu menarik pengunjung agar mengenal agen tour and travel yang anda miliki. Nah, selain cara promosi usaha tour and travel berbasis online, tidak ada salahnya jika anda menggunakan cara offline. Salah satunya yaitu dengan mengadakan event-event yang menarik.

Anda bisa mengajak berbagai organisasi untuk berkolaborasi, ataupun mengadakan event secara mandiri. Di dalam acara ini, anda bisa menampilkan berbagai perlombaan dengan doorprize dan juga macam-macam hiburan. Sebaiknya event-event seperti ini diselenggarakan di lapangan terbuka agar banyak masyarakat yang tertarik untuk berkunjung.

7. Melakukan Promosi Dengan Optimasi SEO Dengan Kata Kunci Panjang

Sekarang ini cara promosi berbasis online memang sangat diminati oleh banyak masyarakat. Nah, anda juga bisa memanfaatkan ini untuk menjadi salah satu cara promosi usaha tour and travel. Cara yang satu ini bisa anda lakukan ketika sudah memiliki website yang profesional dan optimal.

Orang zaman sekarang biasanya akan lebih sering mencari suatu hal dengan memanfaatkan mesin pencari seperti google. Nah, hal ini bisa anda gunakan untuk membuat website yang berisi artikel-artikel tentang wisata, tempat wisata ataupun tips dalam berwisata.

Menggunakan kata kunci panjang dalam optimasi SEO sangat membantu anda dalam mempromosikan usaha tour and travel. Mengapa perlu menggunakan kata kunci yang panjang dalam optimasi SEO? Kata kunci yang pendek sekarang ini sudah umum digunakan sehingga artikel anda akan mendapatkan saingan yang banyak.

Nah, selain itu penggunaan kata kunci panjang juga lebih memudahkan anda mendapatkan calon pelanggan yang lebih spesifik. Tentu saja hal ini juga akan berimbas pada popularitas website tour and travel yang dimiliki.

8. Menggaet Para Blogger

Mengapa perlu bekerjasama dengan para blogger? Sekarang ini, masyarakat lebih sering membaca artikel-artikel ataupun referensi di internet, khususnya pada blog. Nah, sebagai salah satu cara promosi usaha tour and travel, anda juga bisa mengajak blogger untuk berbagi keuntungan. Artinya, anda bisa menitipkan promosi usaha tpur and travel tersebut di blog-blog mereka. Secara otomatis ketika para netizen membuka/membaca blog tersebut, maka foto usaha tour and travel anda juga akan muncul.

Lambat laun masyarakat merasa penasaran dan ingin tau, sehingga akan ‘kepo’ dengan tour and travel yang anda promosikan. Bahkan anda juga bisa menyisipkan alamat webite agar para pengunjung blog yang tertarik, bisa segera berkunjung ke website milik anda.

9. Memajang Portofolio Tour And Travel Di Berbagai Media

Cara promosi usaha tour and travel lainnya yang bisa anda lakukan tanpa takut biaya pemasaran membengkak adalah memajang portofolio tentang usaha tersebut. Dimanakah anda bisa memajang portofolio ini? Tentu saja yang paling hemat adalah memajang foto-foto atau video tersebut di website milik usaha tour and travel. Adanya portofolio ini akan semakin membuat publik tertarik dan melihat hasil jepretan konsumen lain yang menggunakan jasa tour and travel milik anda.

10. Membuat Review Atas Perjalanan Menggunakan Tour And Travel

Sekarang inui publik memang sedang waspada atau lebih meningkatkan rasa was-wasnya dengan usaha yang mengatasnamakan tour and travel. Tentu saja anda tidak boleh menyerah begitu saja. Membuat review perjalanan bisa menjadi salah satu cara promosi usaha tour and travel yang cukup brilian.

Jadi, di website ataupun sosial media milik tour and travel sebaiknya juga ada pojok pajangan yang berisi tentang review dari para konsumen anda. Melalui cara ini lambat laun masyarakat akan lebih percaya dan yakin dengan kredibilitas usaha tour and travel. Nah, pada akhirnya setelah membaca berbagai review tentang usaha anda, masyarakat akan memilih menggunakan tour and travel tersebut.

Sebuah usaha memang sangat memerlukan berbagai strategi untuk memasarkannya, tidak terkecuali untuk usaha tour and travel. Ada beberapa cara promosi usaha tour and travel yang bisa dijadikan pilihan bagi pemiliknya.

Ada cara promosi yang berbasis offline dan banyak juga strategi marketing berbasis teknologi internet/online. Masing-masing cara promosi usaha tour and travel tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Jadi jangan lupa untuk melihat kondisi sasaran terlebih dahulu sebelum menerapkan salah satu cara promosinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *