"> 10 Cara Mempromosikan Produk MLM Yang Sangat Efektif

10 Cara Mempromosikan Produk MLM Yang Sangat Efektif

3 min read

Dalam bisnis MLM persentase orang yang bisa mencapai posisi puncak dan berhasil adalah kurang dari lima persen. Yang dapat mencukupi kebutuhan hidup melalui MLM lebih kurang sekitar dua puluh lima persen. Lalu tujuh puluh persen sisanya hanya memperoleh diskon anggota saat membeli produk. Cara mempromosikan produk MLM dapat Anda lakukan melalui media internet maupun promosi dengan cara lama. Berikut adalah 10 cara mempromosikan produk MLM yang sangat efektif yang telah kami rangkum untuk Anda.

Manfaatkan Kemajuan Teknologi Internet

Keuntungan dari pemanfaatkan teknologi internet dalam promosi adalah cakupan area yang luas – hingga internasional. Berikut ini cara promosi produk MLM menggunakan teknologi internet:

1. Buat Website dan/atau Blog

Sumber informasi manusia milenial adalah Google. Jadi manfaatkanlah itu untuk mempromosikan produk MLM Anda dengan membuat website dan/atau blog. Data statistik menunjukkan jutaan orang dari seluruh penjuru dunia mengakses Google setiap detiknya untuk mencari informasi terkait bermacam hal.

Optimasikan website dan/atau blog Anda sehingga dapat muncul di halaman pencarian pertama dari Google, niscaya orang akan tertarik untuk mengklik dan satu cara promosi sudah Anda lakukan.

Jika Anda tidak begitu mengerti dalam perkara pembuatan website dan/atau agak tertinggal dalam mengoperasikannya, jangan ragu untuk menghubungi ahlinya. Banyak jasa pembuatan, operasional, dan juga pembuatan postingan artikel yang bisa meningkatkan kinerja website dan/atau blog Anda.

2. Gunakan Kolom Komentar dan Forum Online Bertopik MLM

Cara yang kedua ini cukup mudah, namun butuh ketelatenan ekstra. Yaitu pertama mencari blog tentang produk MLM dan tinggalkan komentar di sana. Bukan sekedar komentar biasa, melainkan komentar harus bisa meninggalkan kesan yang baik dan berikan informasi mengenai produk MLM yang Anda tawarkan.

Yang kedua adalah dengan mencari forum-forum online dengan thread mengenai MLM. Terlibatlah secara aktif dalam memberikan pertanyaan dan jawaban. Sertakan pula link produk MLM yang Anda tawarkan dalam setiap postingan thread Anda.

3. Promosikan Melalui Akun Sosial Media

Media sosial adalah metode pergaulan masa kini. Hampir semua orang yang dapat mengakses internet memiliki akun media sosial. Manfaatkanlah kondisi ini sebagai lahan bagi promosi produk MLM Anda. Para pengguna sosial media adalah sepenuhnya calon konsumen Anda.

Buatlah akun Facebook, Twitter, ataupun Instagram khusus untuk media promosi. Gunakan foto dan profil keterangan resmi yang dapat mewakili produk MLM Anda. Jangan lupa untuk update setiap hari, terutama pada saat traffic hour karena kesempatan postingan Anda akan dilihat oleh lebih banyak orang akan semakin tinggi.

Sekarang sudah ada jasa iklan di website-website media sosial. Jika Anda bersedia mengeluarkan biaya, tidak ada salahnya untuk ikut mempromosikan produk MLM Anda melalui jasa iklan ini.

4. Pakai Jasa Endorser

Menggunakan jasa endorser adalah cara yang sangat populer di Indonesia. Anda bisa mencari seseorang yang memiliki ribuan pengikut di akun media sosial dan/atau subscriber di YouTube, lalu meminta mereka untuk memberikan review kepada produk MLM Anda dan mempromosikannya.

Meski harus mengeluarkan biaya, namun cara ini dinilai sangat ampuh dalam mempromosikan produk MLM. Dalam sepuluh tahun ke belakang, endorser sudah menjadi satu jenis mata pencaharian baru.

5. Buat Iklan Melalui Google AdWords

Cara ini juga perlu mengeluarkan biaya yang lebih, yaitu dengan memasang iklan melalui Google. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Google AdWords, lalu melakukan pembayaran via kartu kredit atau internet banking. Kemudian iklan produk MLM Anda akan muncul di halaman pertama pencarian Google saat seseorang mengetikkan kata kunci terkait.

6. Pasang Iklan dengan Bantun Google AdSense

Berbeda dengan Google AdWords yang memunculkan iklan di halaman pertama mesin pencarian Google, melalui Google AdSense Iklan Anda akan ditayangkan di website dan/atau blog milik orang lain. Anda hanya perlu memiliki akun AdSense dan jika terjadi kesepakatan dengan pemilik website dan/atau blog mengenai biaya pemasangan, maka iklan Anda akan ditampilkan di sana.

Dengan cara ini, cakupan promosi produk MLM akan akan lebih luas.

Itulah beberapa cara ‘kekinian’ untuk mempromosikan produk MLM yang memanfaatkan perkembangan teknologi internet. Sebagian memang ‘gratis’ dan sebagian lainnya harus tetap membutuhkan anggaran. Namun hidup di zaman milenial seperti sekarang, Anda akan tertinggal jika tidak melakukan pendekatan kepada calon konsumen Anda dengan memanfaatkan internet.

Jangan Lupakan Cara Konvensional

Walaupun banyak yang cenderung lebih menyenangi promosi dengan internet, ada baiknya Anda juga tetap berpromosi dengan menggunakan metode konvensional alias cara lama.

7. Sebarkan Pamflet

Pamflet adalah metode promosi yang dinilai masih sangat efektif dan masih banyak digunakan karena murah. Buatlah pamflet mengenai produk MLM yang Anda tawarkan dan sebarkan.

Bisa dititipkan melalui jasa kurir koran dan/atau surat kabar, menyebarkan secara langsung di tempat-tempat keramaian, titipkan di meja kasir toko atau swalayan, serta jika mau sedikit repot – masuk ke kompleks perumahan atau  apartemen lalu sebarkan dari rumah ke rumah.

8. Buat Iklan di Surat Kabar

Memasang iklan di surat kabar juga masih menjadi favorit sebagai media promosi. Memang, jauh lebih mahal dibandingkan dengan pembuatan dan penyebaran pamflet. Tapi jika mengingat budaya membaca surat kabar masih sangat digemari, membayar biaya pemasangan iklan produk MLM Anda adalah investasi yang tidak sia-sia.

9. Promosi Melalui Poster Iklan

Cara selanjutnya adalah dengan mencetak poster berisikan iklan produk MLM yang Anda tawarkan. Anda dapat menggunakan kertas ukuran A4 atau A3, yang terpenting adalah pesan iklan Anda harus jelas. Apa produk yang Anda tawarkan dan bagaimana cara mendapatkannya.

Anda bisa menempelkan poster iklan Anda di tempat-tempat strategis yang banyak dilalui orang. Bisa juga Anda titipkan penempelan poster di warung-warung makan yang ramai pengunjung. Pastikan poster yang Anda temple tidak mengganggu keindahan kota, karena bisa terancam akan dicabut oleh dinas kebersihan setempat. Dan satu hal yang perlu diingat, jangan menempelkan poster di pohon-pohon di pinggir jalan.

10. Iklan Melalui Radio dan Jaringan TV Lokal

Terakhir adalah dengan mengiklankan di radio dan jaringan TV lokal. Cara ini masih dinilai efektif karena banyak orang yang masih mendengarkan radio. Lagipula biaya memasang iklan di jaringan TV lokal masih terhitung cukup murah.

Cara-cara konvensional ini masih layak untuk dilakukan jika Anda serius dalam mempromosikan produk MLM Anda. Orang masih akan melihat iklan produk Anda dan dari sepuluh orang, pasti setidaknya ada satu yang akan tertarik.

Banyak orang yang menggabungkan antara metode baru dengan pemanfaatan internet dan metode lama yang dianggap konvensional. Dan hasilnya sangat efektif. Kenapa harus menggabungkan kedua metode baru-lama ini? Karena Anda perlu mengingat bahwa ada orang yang pandangannya selalu terpaku pada gadget dan masih ada pula orang yang tidak mengenal internet.

Jika melakukan cara mempromosikan produk MLM ini, maka dijamin promosi produk MLM Anda akan sangat efektif.

8 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol; Pemula Harus…

Layaknya jamur di musim hujan, jumlah bisnis online semakin bertambah setiap harinya. Ini disebabkan karena kecenderungan masyarakat yang mulai bergeser pada pemanfaatan fasilitas internet...
Rey
10 min read

5 Jenis Usaha Menjanjikan Untuk Pemula Dengan Modal Minimal

Menjadi wirausaha sekarang sudah mulai menjadi daya tarik bagi berbagai kalangan, karena melihat peluang usaha yang sangat terbuka. Para pemula biasanya mencari pengalaman dengan...
Rey
1 min read

20 Cara Mempromosikan Jasa Secara Online Yang Terbukti Efektif

Usaha tanpa promosi seperti tombak tanpa ujungnya, tidak akan ada gunanya karena tidak akan menghasilkan apa-apa. Tidak ada bisnis yang sukses tanpa adanya promosi,...
Rey
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *