"> 8 Cara Membuat Artikel Unik Dan Cepat Dengan Hasil Memuaskan

Kenalilah 8 Cara Membuat Artikel Unik Dan Cepat Dengan Hasil Memuaskan

3 min read

Website maupun blog yang profesional memang membutuhkan yang namanya artikel. Artikel yang digunakan untuk mengisi website atau blog tentu tidak boleh sembarangan. Apalagi jika meniru artikel orang lain. Tentu saja artikel tersebut akan terkena yang namanya plagiasi. Nah, agar tidak terkena plagiarisme, maka artikel yang ditulis hendaknya unik. Unik atau tidaknya sebuah artikel biasanya dapat dibuktikan dengan check plagiarisme. Selain unik, membuat artikel perlu dibatasi dengan waktu agar efektif dan efisien. Tentunya membuat artikel yang unik apalagi dalam waktu yang cepat memang tidak mudah. Lalu bagaimana cara membuat artikel unik dan cepat? Anda tidak perlu merasa cemas dan khawatir, inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat artikel yang inik dalam waktu cepat.

1. Melakukan Teknik ATM (Amati, Tiru, lalu Modifikasi)

Cara penulisan ini memang cukup mudah diaplikasikan baik untuk penulis pemula ataupun yang sudah senior. Hanya saja, biasanya teknik penulisan ini akan lebih cocok diterapkan oleh penulis yang kategorinya masih pemula. Di dalam teknik ATM ini setidaknya ada 3 langkah yang perlu dilakukan, yaitu dimulai dari amati, kemudian meniru dan diakhiri dengan memodifikasi artikel untuk menciptakan suatu karya yang baru. Berikut ini rincian langkah dari penerapan teknik ATM.

Mengamati

Tentunya sebelum mengamati, anda perlu mengkhususkan tema artikel yang akan dibuat. Nah, setelah mengetahui spesifikasi artikel yang akan dibuat, tinggal mencari berbagai contoh artikel di internet dengan tema serupa. Anda bisa membaca berbagai referensi artikel yang telah dikumpulkan sesuai dengan tema artikel yang akan ditulis. Saat mencari referensi artikel, sebaiknya pastikan isinya sesuai dengan tema artikel yang akan dibuat. Hal ini akan memudahkan anda untuk mengerti dan mendalami topik artikel yang akan ditulis.

Meniru

Pada tahap meniru ini, hal yang perlu anda lakukan adalah menyalin kata-kata dari beberapa artikel referensi lalu menempelkannya pada notepad. Mengapa harus ditempelkan pada notepad? Sebenarnya tujuan utamanya adalah agar tulisan yang kita copy tadi bebas dari format sebelumnya. Pada tahapan ini, sebaiknya anda perlu meng-copy paste dari berbagai artikel referensi. Jadi, anda tidak akan terjebak plagiarisme.

Memodifikasi

Selanjutnya, langkah yang perlu anda lakukan adalah memodifikasi. Tahap ini memang sangat penting dalam menerapkan beberapa cara membuat artikel unik dan cepat dengan baik. Di dalam tahapan ini, anda hanya perlu menulis ulang artikel yang telah diperoleh dari beberapa referensi sebelumnya. Tentu saja hal yang perlu diingat adalah pada saat menulis ulang harus dengan bahasa sendiri. Tujuannya agar artikel yang ditulis lolos tahap cek plagiarism.

2. Melakukan Metode Katakan, Lalu Tuliskan Dengan Bahasa Yang Baik

Untuk membuat artikel unik tentu saja anda perlu menuliskannya dengan bahasa sendiri. Nah, yang termasuk salah satu cara membuat artikel unik dan cepat lainnya adalah dengan menerapkan metode katakan dan tuliskan.

Pada penerapannya, pertama anda perlu mempelajari terlebih dahulu tentang topik artikel yang akan dibuat. Selanjutnya, pikirkan lalu katakan. Nah, sambil bercerita atau mengatakan kata-kata tentang topik artikel, anda bisa sambil menuangkannya ke dalam bentuk tulisan. Artinya anda diibaratkan menulis sambil bercerita. Teknik ini memang termasuk beberapa cara membuat artikel unik dan cepat yang mudah diterapkan. Diharapkan melalui metode ini, dihasilkan artikel yang anti plagiarisme dalam tempo yang singkat.

3. Menggunakan Fitur Dari Google Docs

Kecanggihan teknologi memang cukup memberikan peran yang sangat penting bagi seorang penulis. Kali ini Google Docs dapat mendukung penerapan beberapa cara membuat artikel unik dan cepat. Salah satu fitur terbaru dari Google Docs, yaitu voice typing ternyata bisa membantu anda untuk fokus menulis. Hanya saja, hingga saat ini tools voice typing ini hanya mampu menerjemahkan suara dalam bahasa Inggris. Jadi, memang sangat cocok bagi anda yang sedang mengerjakan artikel berbahasa Inggirs.

4. Membatasi Waktu Pembuatan Artikel

Kecepatan dalam membuat artikel memang sangat menentukan produktivitas seorang penulis dalam bekerja. Tidak heran jika salah satu cara membuat artikel unik dan cepat adalah dengan membatasi waktu. Artinya, anda perlu membuat target waktu saat sedang mengerjakan artikel. Misalnya, anda memiliki target atau batasan waktu sekitar 30 menit untuk menyelesaikan artikel dengan panjang 500 kata dan berlaku kelipatannya. Ternyata dengan cara ini, anda akan lebih mudah dan fokus dalam menuliskan artikel.

5. Memulainya Dengan Belajar Mengetik Dengan Tepat

Salah satu modal utama untuk menjadi seorang penulis tentu saja teknik pengetikan. Penguasaan teknik pengetikan yang benar tentu saja menjadi modal utama dalam menerapkan berbagai cara membuat artikel unik dan cepat. Jadi bisa dikatakan bahwa sebelum menerapkan berbagai teknik pembuatan artikel cepat, anda diharuskan lancar dalam menerapkan teknik pengetikan yang benar.

Bagaimana teknik pengetikan yang benar? Tentu saja dengan menggunakan teknik pengetikan sepuluh jari. Jika anda telah menguasai teknik ini, maka otomatis kecepatan pengetikan dan juga pembuatan artikel akan lebih cepat dan optimal. Setidaknya anda bisa menghasilkan 60 kata dalam bentuk tulisan setiap satu menitnya.

6. Mengambil Jeda Sebentar Untuk Beristirahat

Daya ingat ataupun tingkat konsentrasi setiap manusia memang berbeda-beda. Selain itu, tingkat konsentrasi seseorang tentu saja ada batasnya. Fakta ini otomatis membuat anda memerlukan yang namanya jeda istirahat saat membuat artikel.

Melakukan jeda sedikit saat menulis ternyata bisa menjadi salah satu cara membuat artikel unik dan cepat. Melalui cara ini, tingkat konsentrasi sekaligus produktivitas anda akan semakin meningkat. Bahkan sebuah penelitian menerangkan bahwa mengambil jeda waktu istirahat selama beberapa saat dapat meningkatkan konsentrasi anda hingga 10%. Namun satu hal yang perlu diingat adalah membatasi waktu istirahat yang diambil. Misalkan anda mengambil waktu istirahat antara 5-10 menit saja lalu melanjutkan untuk menulis.

7. Memberikan Deadline Pada Setiap Artikel

Selanjutnya, cara membuat artikel unik dan cepat adalah memberikan deadline pada masing-masing artikel yang dibuat. Cara ini memang bisa dibilang sangat efektif untuk menyelesaikan penulisan artikel dalam tempo yang singkat. Sebelumnya anda perlu memiliki waktu standar yang diperlukan untuk membuat artikel. Nah, untuk sampai ke tahapan ini anda perlu melakukan banyak latihan hingga tercipta waktu standar penulisan artikel secara pribadi. Biasanya untuk artikel sepanjang 1000 kata, waktu standar yang dibutuhkan adalah sekitar 1-1,5 jam. Melalui deadline waktu pengerjaan ini, pikiran anda tidak akan bercabang ke hal-hal lainnya. Jadi, secara tidak langsung otak hanya akan fokus pada artikel yang sedang dikerjakan.

8. Melakukan Teknik Writing No Editing

Lho, apakah bisa menulis tanpa mengedit? Tentu saja bisa. Teknik ini bukan berarti anda boleh menulis tanpa melakukan editing sama sekali. Tentu saja anda perlu melakukan editing pada artikel yang dibuat, hanya saja dilakukan pada saar artikel sudah jadi sampai akhir. Bahkan, proses editing ini bisa dilakukan dalam waktu yang singkat dengan memanfaatkan berbagai aplikasi dan tools pengecekan.

Ini Cara Menghindari Perang Harga Agar Harga Produk &…

Dalam dunia bisnis terutama perdagangan baik itu barang maupun jasa, persaingan selalu terjadi bahkan nyaris tidak bisa dihindarkan. Berbagai upaya dilakukan untuk tetap menjaga...
update
3 min read

Contoh Artikel Kesehatan Dan Penjelasannya

Ada banyak contoh artikel kesehatan yang beredar di internet. Semuanya bertujuan untuk memberitahukan mengenai informasi tentang kesehatan. Artikel kesehatan merupakan salah satu konten yang...
Rey
3 min read

Pengertian & Contoh Artikel Pendidikan

Sangat penting memang mengupdate informasi tentang pendidikan melalui sumber informasi apa pun yang bisa didapatkan. Salah satu sumber informasi tentang pendidikan bisa didapat dari...
Rey
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *