Layanan Riset Keyword

Hidup di era sekarang, tentunya segala sesuatu seringkali bermuara ke Google, mesin pencari yang menjadi rujukan terdepan semua penduduk bumi. Nah, saat membuka Google ini, pasti akan mengetikkan sesuatu di kolom pencarian. Kata atau gabungan kata yang diketik itu dikenal dengan sebutan keyword. Google pun nantinya akan memunculkan berbagai informasi yang berkaitan dengan keyword yang telah diketikkan.

Sedikit bergeser sudut pandang, hal ini dapat diartikan bahwa penyedia informasi harus dapat menjawab setiap pertanyaan yang dimunculkan pengguna melalui keyword. Artinya, saat mengetikkan keyword tertentu, harus dapat mengeneralisir ke mana arah informasi yang diinginkan oleh pengguna.

Selain itu, penggunaan keyword yang terlalu umum juga dapat memunculkan hasil pencarian yang terlalu variatif dan tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Inilah yang mendasari adanya layanan riset keyword gratis yang kami tawarkan.

Mengenal Apa Itu Keyword

Dalam Bahasa Indonesia, kata keyword biasa diartikan sebagai kata kunci. Maksudnya adalah kata (atau frasa) yang menjadi konsep dasar dalam suatu pembahasan. Sementara itu, keyword ini erat kaitannya dalam dunia kepenulisan artikel. Bisa dibilang, bahwa kedudukan keyword di sini adalah sebagai topik yang mendasari penulisan dari setiap artikel.

Sebagai sebuah jasa penulisan artikel SEO, kami sangat mengerti arti penting dari sebuah keyword. Tak bisa asal memilih, sehingga terlalu umum; akan tetapi tak boleh pula terlalu spesifik, hingga informasi tersebut tak dibutuhkan oleh pengguna.

Sebuah artikel SEO (Search Engine Optimization) memiliki beban yang tak bisa dipenuhi oleh jenis artikel lain. Hal ini dikarenakan artikel SEO memiliki misi khusus untuk mengoptimalkan posisi website atau blog di mesin pencari – dalam hal ini Google.

Terlebih lagi, beberapa waktu lalu Google baru saja memperbarui sistem algoritma yang digunakan. Di mana hasil pencarian yang ditayangkan akan disesuaikan dengan preferensi dari setiap pengguna. Bahasa mudahnya, custom made result. Artinya setiap pengguna bisa saja mendapatkan hasil pencarian yang berbeda, meski mengetikkan sebuah kata kunci yang sama.

Pentingnya Riset Keyword

Secara sekilas, dapat dilihat betapa pentingnya posisi sebuah keyword dalam penulisan artikel SEO. Ini berkaitan langsung dengan layanan yang kami berikan, yakni gratis riset keyword. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan pentingnya melakukan riset keyword ini:

1. Menemukan Keyword yang Sesuai dengan Target Market

Sama seperti jenis tulisan lainnya, penulisan artikel pun memiliki target pembaca yang disasar. Dengan begitu, topik yang dipilih serta bahasa yang digunakan disesuaikan dengan siapa saja target pembaca yang dituju. Di sini, kami akan menyesuaikan keyword yang dipilih dengan siapa yang diharapkan sebagai pembaca dari artikel yang akan ditulis.

Contoh mudahnya, jika membahas tentang tema arsitektur. Akan berbeda pilihan keyword yang digunakan untuk pembaca para praktisi ahli yang berkecimpung di dunia arsitektur dengan para lulusan SMA yang ingin kuliah di jurusan tersebut.

2. Memilih Keyword yang Sesuai dengan Tingkat Persaingan

Saat mengetikkan sebuat keyword pada kolom pencarian di Google, hasil yang akan dimunculkan tidak hanya satu saja. Itulah yang disebut sebagai tingkat persaingan keyword. Hal ini menunjukkan bahwa bahasan tersebut banyak dicari, sekaligus banyak yang sudah mengupas tentang itu. Di sinilah fungsi dari riset keyword yang paling mendasar, yaitu menentukan keyword yang tepat.

Artinya, keyword yang dijadikan sebagai bahasan artikel memang sesuatu yang banyak dicari oleh para pengguna. Sejalan dengan itu, belum begitu banyak orang yang membahas tentang sudut pandang yang diangkat. Dengan begitu, masih ada kesempatan untuk mendongkrak ranking website melalui artikel SEO yang dituliskan.

3. Lokalisasi SEO

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa Google kini melakukan pembaruan pada mesin pencarinya. Salah satu hal yang bisa diamati adalah hasl pencarian yang cenderung lokal. Di mana Google lebih mengedepankan artikel-artikel yang secara spasial lebih dekat terhadap si pengguna. Penggunaan keyword lokal seperti ini biasanya diiringi dengan nama lokasi dan paling cocok untuk digunakan pada

Misalnya saja, pengguna adalah orang Surabaya yang membutuhkan informasi terkait jadwal tayang sebuah film. Informasi-informasi teratas yang akan muncul pada hasil pencariannya adalah jadwal bioskop yang ada di Surabaya dan sekitarnya.

4. Dasar bagi Internet Marketing

Jika mencari di internet akan arti penting dari sebuah riset keyword, maka akan muncul sekitar 151 juta hasil pencarian. Semuanya menerangkan akan pentingnya meriset keyword. Dari semua hal tersebut, satu poin yang berulang kali disebutkan yaitu keyword menjadi kunci sukses dari internet marketing.

Maksudnya adalah bahwa meriset keyword dapat mengarahkan pengguna pada laman artikel yang dituliskan. Semakin banyak pengguna artikel yang membuka artikel tersebut, maka semakin banyak pula orang yang mengetahui tentang apa yang dituliskan. Artinya, semakin besar pasar yang berhasil dibuka hanya dengan sebuah artikel tersebut.

Dalam marketing, hal ini dapat dikatakan sebagai sebuah kesuksesan. Bayangkan saja jika keyword yang dipilih tidak sesuai, maka kecil kemungkinan pengguna akan ‘nyasar’ ke artikel yang dituliskan. Jelas, hal tersebut tidak mengindikasikan akan mendatangkan pengguna baru ke laman artikel slash website.

Kelebihan Layanan Riset Keyword yang Kami Tawarkan

Salah satu cara yang paling mudah untuk meriset keyword adalah dengan memanfaatkan Google’s suggestion. Caranya, cukup ketikkan satu atau dua kata di kolom pencarian Google, dan biarkan mesin yang bekerja memberikan usulan. Meski akurat, hal itu bisa dilakukan oleh siapa saja selama memiliki sarana dan akses internet.

Jelas saja, bukan riset seperti itu yang kami lakukan. Kami menggunakan Ubersuggest secara premium serta ahrefs. Keduanya merupakan sebuah SEO tools khusus yang juga banyak digunakan oleh para pakar artikel SEO kelas dunia. Dua aplikasi berbasis web ini memberikan informasi mengenai setiap keyword. Baik detail mengenai volume pencarian dari setiap keyword serta nilai CPC yang dimilikinya.

Jelas, keberadaan kedua alat ini membantu ‘mengawal’ kami dalam menentukan setiap keyword yang kami pilih untuk dijadikan sebuah artikel. Dengan begitu, kami pun berani menjamin bahwa tingkat keunikan dari niche yang kami pilih lebih tinggi, namun tetap sesuai dengan kebutuhan dari artikel yang ada.

Di samping alat yang digunakan, tim editorial kami pun memahami akan arti penting dari riset keyword ini. Kami tak hanya mengandalkan alat semata dalam meriset keyword, namun juga melakukan analisis terhadap arah keyword yang sepantasnya digunakan. Artinya, sebelum berkonsultasi kepada kedua tools tersebut untuk setiap keyword, kami sudah lebih dulu melakukan analisis keyword seperti apa yang cocok dipakai.

Belum lagi, jika merasa bahwa keyword yang kami tawarkan masih kurang sesuai dengan yang diinginkan, maka kami juga siap untuk melakukan riset ulang. Ini merupakan bentuk perwujudan profesionalitas dari tim kami sebagai sebuah jasa yang dapat dipercaya.

Secara garis besar, layanan riset keyword yang kami tawarkan secara gratis harusnya dijadikan sebagai peluang yang tak boleh disia-siakan. Tak perlu lagi bersusah-payah mengumpulkan daftar keyword, namun cukup menyampaikan tema apa yang diinginkan.