"> Membuat Kerangka Artikel: Kenali Jenis Dan Susunan Kerangka Artikel - Bikinartikel.com

Membuat Kerangka Artikel: Kenali Jenis Dan Susunan Kerangka Artikel

3 min read

Kerangka alur tulisan sangat mempengaruhi kualitas sebuah artikel, bagaimana tidak karena alur yang jelas akan membuat sebuah artikel enak dibaca. Menjadi salah satu ciri artikel berkualitas adalah enak dibaca dan mudah dipahami oleh pembaca.

Memang banyak jenis artikel yang tentu saja membutuhkan kerangka alur yang berbeda satu dengan lainnya. Sebelum menulis sebuah artikel hendaknya kenali dulu jenis artikelnya dan tentukan kerangka-nya.

Kenali Beberapa Jenis Artikel Yang Ada

Banyak jenis artikel yang perlu diketahui dan tentu saja dengan kerangka yang berbeda satu dengan lainnya. Setiap artikel memiliki susunan kerangka yang berbeda tergantung dari judul dan tujuan artikel dibuat. Hal ini karena kerangka sebenarnya adalah penjabaran dari judul yang ingin dikembangkan menjadi artikel oleh penulis.

Kerangka artikel dibuat untuk menunjukkan arah atau alur dari penjelasan di dalam sebuah artikel agar pembahasan fokus pada judul/ keyword. Dengan adanya kerangka penulis akan lebih mudah melakukan pembahasan sebuah topik secara terarah dan mencapai tujuannya. Kerangka yang benar akan memudahkan pembaca memahami isi dari artikel yang dibuat penulis.

Banyak jenis artikel yang membutuhkan kerangka saat proses penulisannya agar mudah dipahami dan mencapai target. Adapun jenis artikel yang banyak dijadikan konten sebuah blog atau website seperti artikel natural, penawaran dan review. Setiap jenis artikel tersebut tentu saja memiliki susunan kerangka yang berbeda, untuk lebih jelasnya akan diulas lebih dalam.

Susunan Kerangka Berbagai Jenis Artikel

Untuk lebih memahami kerangka artikel mungkin dibutuhkan contoh langsung bagaimana bentuk kerangka setiap jenis artikel. Di bawah ini akan dijelaskan susunan kerangka setiap jenis artikel yang biasanya digunakan konten sebuah blog atau website:

1. Artikel Natural

Artikel natural adalah artikel yang dibuat untuk menjelaskan sebuah keyword atau kata kunci tertentu bertujuan untuk mengedukasi pembaca. Penjelasan dibuat secara umum dan menyeluruh sehingga pembaca lebih paham dengan keyword yang dijelaskan. Kerangka yang bisa dibuat untuk artikel natural yaitu:

  • Judul: Mengandung keyword yang sudah ditentukan sebelumnya, sehingga artikel mudah ditemukan. Judul juga harus menarik dan membuat pembaca melanjutkan meng-klik artikel yang telah dibuat, serta melanjutkan membaca pembahasan. Jika judul saja sudah tidak menarik, maka pembaca bisa dipastikan tidak ingin melanjutkan membaca artikel tersebut.
  • Pembuka: Memberi pengantar dari judul kepada pembahasan, bisa berisi tentang latar belakang mengapa ingin membahas atau pentingnya membahas keyword pada judul. Dengan membaca pembukaan diharapkan pembaca ingin tahu lebih dalam tentang isi pembahasan artikel yang akan ditulis.
  • Pembahasan: Bagian yang membahas keyword secara lengkap, informatif dan unik, sehingga bisa jadi referensi bagi pembaca. Di dalam pembahasan seharusnya pembaca menemukan segala informasi yang berhubungan dengan keyword yang dicarinya. Maka dari itu bagian ini sebaiknya membahas segala sesuatu tentang keyword, sehingga bisa memenuhi kebutuhan informasi pembaca.
  • Penutup: Bagian ini berisi kesimpulan dari pembahasan artikel, sekaligus menjawab judul artikel itu sendiri. Dengan bagian kesimpulan ini akan semakin menguatkan apa yang telah disampaikan penulis pada pembahasan.

Nah itulah kerangka untuk artikel natural yang bisa diikuti untuk menghasilkan artikel natural yang berkualitas. Jika artikel berkualitas maka keseluruhan website atau blog akan berkualitas karena konten artikel adalah bagian terbesar dari sebuah website atau blog. Selain artikel natural yang bertujuan memberi informasi, ada juga artikel penawaran berikut penjelasannya.

2. Artikel Penawaran

Artikel penawaran adalah artikel yang dibuat karena ingin menawarkan produk dalam baik dalam bentuk barang atau pun jasa. Tujuan akhir sebuah artikel penawaran adalah closing penjualan barang atau jasa yang ditawarkan dalam artikel. Untuk mencapai tujuannya, kerangka artikel penawaran sebaiknya seperti di bawah ini:

  • Judul artikel: Judul artikel penawaran harus dapat mematik keinginan pembaca untuk membeli produk yang ditawarkan. Penulis harus mampu membuat pembaca penasaran dengan produk yang akan ditawarkan di dalam artikel tersebut. Buat judul mengandung keyword barang yang ditawarkan, agar mudah ditemukan oleh pengguna internet.
  • Pembukaan: Dalam pembukaan artikel penawaran bukan hanya sekedar basa-basi, namun harus berisi klaim produk. Penulis harus melakukan klaim bahwa produk dan jasa yang ditawarkan adalah yang terbaik.
  • Isi penawaran: Bagian isi dari artikel penawaran berisi urgensi atau pentingnya mengapa harus membeli barang atau jasa tersebut. Bisa dengan menyajikan akibat atau efek buruk jika pembaca tidak membeli produk yang ditawarkan. Dengan begitu pembaca akan berfikir untuk segera membeli produk yang ditawarkan dalam artikel tersebut.
  • Penutup: Bagian ini biasanya berisi call to action, artinya mengajak pembaca membeli produk atau jasa yang di tawarkan dan memberitahu caraya. Dalam bagian penutup penulis harus mencantumkan kontak yang bisa dihubungi jika pembaca menginginkan produk yang ditawarkan. Dengan adanya call to action ini, maka kemungkinan closing akan lebih besar karena pembaca dengan mudah menghubungi penjual.

Itulah kerangka yang cocok untuk artikel penawaran, dengan mengikuti kerangka di atas maka alur penawaran produk akan lebih mudah diterima pembaca. Alur yang benar akan lebih mudah mempengaruhi pembaca, karena informasi akan lebih mudah dipahami dan diterima oleh pembaca. Maka closing penjualan yang diharapkan akan segera terjadi pada produk yang ditawarkan.

3. Artikel Review

Artikel review atau ulasan adalah artikel yang bertujuan mengulas sebuah produk dan membuat pembaca memahami produk dalam bentuk barang atau jasa tersebut. Jenis artikel ini bisa dijadikan referensi bagi pembaca yang tertarik dengan sebuah produk namun membutuhkan review terlebih dahulu. Cara membuat artikel review atau ulasan yang berkualitas adalah dengan urutan penulisan sebagai berikut:

  • Judul artikel: Judul artikel review sebaiknya dibuat sesuai dengan produk yang diulas, sehingga pembaca tahu apa yang akan direview penulis. Kata yang dipilih tidak perlu berlebihan namun jelas dan lugas menunjukkan produk yang akan diulas.
  • Pembuka. Bagian pembuka bisa menerangkan latar belakang atau alasan mengapa mengulas produk tersebut. Dan sedikit memberi informasi tentang produk yang akan diulas pada bagian isi. Memberikan pengantar kepada pembaca untuk menerangkan apa saja yang akan dibahas pada artikel tersebut.
  • Review produk: Pada bagian ini bisa berisi tentang informasi penyedia produk yang diulas, sehingga pembaca tahu dimana bisa mendapatkan produk tersebut. Kemudian tentang deskripsi detail produk yang diulas, mulai dari bentuk, rasa, warna, varian atau apa saja yang bisa dideskripsikan. Lalu juga membahas kelebihan dan kekurangan produk yang direview sehingga informasi akan berimbang bagi pembaca.
  • Penutup: Bagian penutup ini bisa berisi rekomendasi yang diberikan penulis terhadap produk yang direview. Dengan demikian akan membantu pembaca memutuskan menggunakan atau tidak produk tersebut atau setidaknya memberi referensi pada pembaca tentang sebuah produk.

Demikianlah kerangka beberapa jenis artikel yang bisa dijadikan konten sebuah blog atau website. Dengan mengikuti kerangka di atas, maka artikel akan lebih mudah dipahami oleh pembaca atau pencari informasi yang berhubungan dengan keyword. Penulisan artikel yang benar akan memudahkan penulis mencapai goal dari artikel yang ditulisnya.

Ini Cara Menghindari Perang Harga Agar Harga Produk &…

Dalam dunia bisnis terutama perdagangan baik itu barang maupun jasa, persaingan selalu terjadi bahkan nyaris tidak bisa dihindarkan. Berbagai upaya dilakukan untuk tetap menjaga...
update
3 min read

Contoh Artikel Kesehatan Dan Penjelasannya

Ada banyak contoh artikel kesehatan yang beredar di internet. Semuanya bertujuan untuk memberitahukan mengenai informasi tentang kesehatan. Artikel kesehatan merupakan salah satu konten yang...
Rey
3 min read

Pengertian & Contoh Artikel Pendidikan

Sangat penting memang mengupdate informasi tentang pendidikan melalui sumber informasi apa pun yang bisa didapatkan. Salah satu sumber informasi tentang pendidikan bisa didapat dari...
Rey
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *