Cara Memulai Bisnis Properti Skala Kecil Tanpa Modal

By: rianda 3 min read

Cara Memulai Bisnis Properti Skala Kecil

Memiliki usaha di bidang properti menjadi suatu tantangan tersendiri bagi pelakunya. Semakin derasnya arus persaingan menjadikan semakin kreatif dalam menentukan inovasi untuk dapat diterima masyarakat. Memulai bisnis properti skala kecil menjadi solusi agar tidak takut dalam melangkah. Bisnis properti skala kecil pun dapat menguntungkan apabila dijalankan dengan serius.

Semakin banyak orang yang ingin terjun dalam bisnis properti. Namun, sebelum memulainya sebaiknya mempelajari terlebih dahulu segala hal seputar dunia properti. Sejatinya setiap bisnis memiliki resiko masing-masing. Untuk itu, tidak perlu takut sebelum melangkah, karena  semangat optimis tentu akan mampu menghadapi rintangan yang ada di depan mata.

Untuk mempelajari seputar memulai bisnis properti skala kecil, dapat dengan cara memperbanyak membaca seputar bisnis properti terlebih dahulu. Tak cukup sampai disitu, berlanjut pada pengelolaan secara langsung bisnis properti dengan penuh semangat dan tanpa ragu. Setiap rintangan yang akan datang ke depan menjadi pecut untuk lebih meningkatkan diri.

Mengapa Memilih Bisnis Properti Skala Kecil?

Banyak pilihan bisnis yang bisa dipilih. Namun, bisnis properti termasuk pilihan bisnis yang tidak banyak orang meliriknya. Disisi lain, banyak alasan yang dapat menjadikan motivasi agar lebih semangat dalam menekuni bisnis properti ini. Berikut alasan memulai bisnis properti skala kecil:

  • Nilai jual tanah dan hunian yang semakin naik. Bisnis properti termasuk bisnis yang cukup menjanjikan. Produk yang dijual berupa properti dari segi harga semakin hari semakin mahal. Untuk itu tidak menjadikan takut terkena dampak inflasi. Harga tanah yang dibeli sekarang, tentu berbeda dengan harga tanah kedepan. Terlebih untuk daerah strategis dari segi harga mengalami peningkatan yang drastis.
  • Bisa mendapat keuntungan besar. Memulai bisnis properti skala kecil terasa hasilnya pada saat membeli properti dengan harga yang lebih murah dan dijual kembali dengan harga lebih mahal. Hal ini karena properti yang ditawarkan pada orang yang tepat. Letak yang cukup strategis pun juga memiliki pesona tersendiri untuk orang yang berkeinginan untuk membeli terlebih untuk tempat bisnisnya.
  • Bisa dijadikan investasi jangka panjang. Memiliki bisnis properti seperti halnya investasi jangka panjang. Investasi tanpa takut terjadi penurunan harga. Sebagai contoh bisnis properti penyewaan homestay. Hal tersebut bagaikan panen uang setiap waktu. Investasi jangka panjang tak hanya lewat logam mulia atau saham saja, namun memiliki beberapa properti juga termasuk investasi yang sangat menguntungkan.

Cara Memulai Bisnis Properti Skala Kecil Tanpa Modal

Sebagian orang yang ingin mempunyai bisnis selalu terbentur memikirkan modal. Padahal jika dipahami lebih dalam, segalanya tidak harus menggunakan modal. Banyak bisnis yang dapat dilakukan dengan tanpa modal awal atau modal terbatas. Berikut cara memulai bisnis properti skala kecil tanpa modal.

  1. Menjadi perantara penjualan properti. Menjadi perantara penjualan properti menjadi menarik untuk dilakukan apabila telah mengetahui traffic bisnis satu ini. Dalam hal ini seperti menjadi makelar atau agen properti. Pada umumnya keuntungan yang didapatkan bisa mencapai 1% hingga 2,5% dari harga properti tersebut. Besar keuntungan berdasarkan hasil kesepakatan bersama. Cara seperti ini tidak membutuhkan modal.
  2. Menawarkan produk pada para investor. Untuk terjun dalam bisnis properti namun terhambat pada modal yang cukup besar bisa dengan mencari beberapa investor yang terpercaya. Banyak orang yang memiliki harta kekayaan yang dapat diajak bisnis bersama. Pastikan saat menawarkan kepada investor dengan perjanjian yang jelas diantara keduanya.
  3. Membuat situs jual beli properti. Sekarang ini dunia serba digital. Kemajuan zaman serba digital dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan usaha atau bisnis, bahkan juga dapat menjadi wadah untuk orang melakukan promosi. Ini kesempatan untuk memfasilitasi mereka dengan membuat website jual beli. Tentu ada keuntungan setiap properti yang terjual. Hal ini menjadikan situs seperti halnya marketplace, yakni sebagai wadah yang mempertemukan penjual dan pembeli.
  4. Kerjasama dengan pemilik tanah. Salah satu solusi bisa bisnis properti dengan tanpa modal adalah dengan cara mengajak kerjasama pihak pemilik tanah. Meskipun secara keuntungan tidak sebesar apabila memiliki tanah sendiri secara keseluruhan, namun hal tersebut dapat dijadikan sebagai pengalaman berharga.

Persiapan Memulai Bisnis Properti Skala Kecil

Memulai bisnis dengan adanya keraguan merupakan hal wajar yang dialami setiap individu. Sifat seperti itu jangan sampai menjadikan ragu untuk melangkah lebih maju. Secara rinci, berikut persiapan memulai bisnis properti skala kecil tanpa ragu yang dapat dijadikan sebagai penambah wawasan:

1. Memahami Target Pasar

Salah satu cara sukses dalam dunia properti adalah memahami target pasar yang ada di depan mata. Tentu target pasar yang ingin dibidik setiap orang berbeda-beda, tergantung pada kualitas produk itu sendiri. Memahami target pasar salah satu cara yang akan membantu agar promosi yang dilakukan dapat berhasil, karena telah tepat sasaran. Dengan promosi yang efektif akan menghemat biaya promosi.

2. Memilih Jenis Properti

Dunia properti cakupannya luas, jenis properti itu sendiri juga banyak tergantung jenis yang dipilih. Contohnya yang ingin dijual dapat berupa jenis properti tanah, rumah, ruko, homestay dan masih banyak lagi. Bisnis properti selain dari harga yang selalu naik dari waktu ke waktu juga dari segi kualitas selalu mengalami peningkatan.

Dalam tahap awal, fokuslah pada salah satu jenis saja agar bisa fokus. Pilih properti yang harganya relatif murah agar bisa cepat laku dan segera mendapatkan keuntungan. Dengan seringnya bertransaksi dengan banyak orang, maka akan menambah skill bisnis. Jika sudah mahir baru pilihlah properti dengan nilai yang lebih tinggi.

3. Mulai Mencari Properti Yang Dijual

Setelah memilih jenisnya, langkah selanjutnya adalah dengan mulai mengumpulkan list properti yang sedang dijual. Jangan lupa gali informasi yang mendalam dari pemilik properti, agar ketika menawarkan properti ada data lengkap mengenai properti tersebut. Dapatkan sebanyak mungkin properti yang dijual agar calon pembeli nantinya punya pilihan. Semakin banyak list semakin mudah juga terjual.

4. Membuat Website

Bisnis properti ranah lingkupnya luas, untuk itu dalam melakukan promosi dapat memanfaatkan media Website. Website banyak dilirik oleh berbagai kalangan atas hingga bawah. Dengan adanya Website dapat menunjukkan bisnis properti tersebut layak diperhitungkan. Dengan melakukan promosi lewat Website salah satu langkah efektif dalam melakukan pendekatan pada calon pembeli.

Website dapat digunakan untuk mendisplay list properti yang dimiliki. Selain itu semua detail properti dapat dicantumkan di website agar calon pembeli dapat mempelajarinya tanpa harus banyak bertanya terlebih dahulu. Jika kesulitan membuat website, percayakan pada jasa pembuatan website agar website dapat dibuat secara profesional.

5. Aktif Promosi

Kemajuan zaman dari segi digital dapat dimanfaatkan untuk melakukan promosi. Selain Website, dapat juga memanfaatkan media sosial lainnya seperti Facebook, WhatsApp, Youtube dan media sosial lainnya. Aktif di media sosial menjadikan memiliki target pasar yang jelas, karena jangkauannya luas.

Memulai bisnis properti skala kecil sebagai bukti awal dalam meniti karir di bidang properti. Seiring berjalannya waktu, akan banyak ilmu dan manfaat yang akan didapatkan, yang nantinya dapat berkembang lebih maju. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan mengikis keraguan untuk memulai bisnis properti. Berhasil tidaknya harus dicoba terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.