7 Strategi Pemasaran Produk Secara Online Yang Efektif Dan Efisien

Strategi Pemasaran Produk Secara Online

Memasarkan produk secara online bukanlah semudah membalikkan tangan. Diperlukannya proses yang panjang dan lumayan susah juga. Sekarang kegiatan pemasaran semakin mudah dengan adanya pemasaran online. Anda tidak perlu memasarkan produk anda secara offline dan bertemu langsung dengan calon pembeli. Dengan pemasaran produk secara online ini, jangkauan pasar anda semakin luas dan tak terbatas. Konsumen dapat menemukan produk anda dan anda dapat memasarkan produk anda di mana pun dan kapan pun, hanya saja membutuhkan internet saja. Untuk itu, dibutuhkannya strategi pemasaran produk secara online yang efektif dan efisien.

Strategi berikut adalah strategi yang mudah dan efisien waktu. Hanya saja anda perlu teliti dan rutin untuk riset pasar yang sedang tren sekarang. Dengan pemasaran online ini konsumen anda akan mendapatkan kemudahan dalam membeli produk anda secara online. Lalu apa saja strategi pemasaran produk secara online yang efektif?

1. Riset Produk Dan Riset Pasar

Strategi pertama adalah anda perlu melakukan riset produk dan riset pasar terlebih dahulu. Anda perlu melihat pesaing anda dan menyediakan produk yang sedang tren serta yang paling banyak dibutuhkan oleh konsumen. Lakukan riset siapa sasaran pasar anda, dan siapa pesaing anda di pemasaran online. Maka usaha anda lebih tertarget dan menghasilkan konsumen yang besar.

2. Gunakan Social Media Sebagai Tempat Pemasaran Produk Anda

Sosial media memegang peranan terbesar dalam internet. Akhir-akhir ini sosial media sangatlah berkembang pesat dan banyak fitur yang disediakan untuk memasarkan produk anda secara online. Salah satunya adalah Facebook dan Instagram. Dewasa ini banyak pebisnis yang mulai berbondong-bondong melakukan pemasaran produk secara online di Sosial Media, khususnya Instagram dan Facebook. Kedua sosial media tersebut memiliki pengguna aktif yang sangat besar di indonesia. Anda bisa melakukan pemasaran dengan membuat akun khusus bisnis dan mulai memposting produk anda disana.

Isilah akun bisnis anda dengan konten yang menarik calon pembei produk anda. Dibutuhkannya skill content marketing agar setiap konten yang anda posting di akun anda dapat menarik pembeli yang tertarget.

3. Buat Website Khusus Produk Anda

Dengan membuat website, calon konsumen dengan mudah menemukan produk yang dicari. Website sangat berguna dalam hal pemasaran produk secara online. Dengan website, kegiatan pemasaran semakin mudah dan bisnis terlihat professional dengan website. Dengan website juga pemasaran online smenjadi efektif karena calon konsumen mudah menemukan produk anda.

4. Perhatikan SEO (Search Engine Optimization) Website

Membangun website untuk kegiatan pemasaran memang mudah, banyak cms yang disediakan untuk menunjang anda, atau anda juga bisa memesan website pada orang yang lebih ahli. Tetapi dibalik website yang bagus, anda juga perlu memikirkan SEO untuk website anda. Dengan website dan konten website yang sudah di optimasi SEO maka kemungkinan besar website anda masuk ke noomr satu di pencarian. Melalui SEO juga target pasar yang dituju bisa lebih spesifik dan relevan dengan produk anda

5. Alternatif SEO, yaitu Search Engine Marketing

Dengan SEM produk anda otomatis masuk ke dalam pencarian nomor satu, sesuai dengan biaya yang anda lontarkan untuk membuat unit iklan. Dalam hal Search Engine Marketing ini anda bisa menggunakan Google Adwords. Anda bisa mengatur biaya dan unit iklan yang anda butuhkan. Taget pasar juga lebih spesifik dan relevan.

6. Email Marketing

Saat Anda bisa memasarkan produk dengan mudah dan tertarget dengan strategi ini. Anda hanya perlu daftar email konsumen sebanyak-banyaknya agar dapat melaukan pemasaran produk ini. Anda bisa mendapatkan email calon pelanggan dengan menyediakan survey atau apapun.

7. Gunakan Jasa Digital Marketing

Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan jasa digital marketing. Dengan digital marketing, produk anda mudah muncul dan diteukan calon konsumen dan dapat mendatangkan pengunjung yang tinggi. Anda bisa menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads, Google Adwords, dll.

Itulah strategi pemasaran produk secara online yang bisa anda lakukan. Semua bisa anda kembangkan sendiri berdasarkan pengalaman-pengalaman yang anda peroleh nantinya.

Ditulis oleh Rizky Prayoga

Tags:
error: Content is protected !!