7 Syarat Daftar Google Adsense Harus Diketahui Oleh Para Blogger

By: rianda 2 min read

Syarat Daftar Google Adsense

Bagi para blogger dan youtuber tentu Google Adsense tidak asing lagi. Ya, kebanyakan para blogger dan youtuber mendapatkan uang dari keberhasilannya dalam memonetisasi blog dan channel yang dimilikinya. Nah, apa saja syarat daftar Google Adsense? Para pemula wajib mengetahui ini sebelum memutuskan untuk menjadi fulltime blogger. Berikut syarat-syaratnya:

1. Konten Menarik

Pertama, konten yang disajikan balik di blog haruslah konten menarik. Konten menarik ini dapat diartikan sebagai konten yang informatif dan memberikan banyak manfaat bagi orang banyak. Pada dasarnya, penentuan konten ini bisa dicari melalui Google Trends maupun mesin pencari keyword lainnya.

Konten yang menarik biasanya membahas hal-hal yang sedang tren saat ini. Selain itu, konten bisa berisi tutorial, prosedur maupun ulasan yang mendalam mengenai suatu topik. Sebagai seorang blogger perlu untuk mengulik hal-hal positif daripada mencari sensasi demi menaikkan traffic.

Hindari hal-hal yang bersinggungan langsung dengan isu politik, SARA, dan hal-hal yang sifatnya masih berupa dugaan sementara tanpa bukti yang memadai karena beresiko dianggap hoax. Artikel yang ditulis merupakan artikel unik dengan tingkat originalitas 100%, untuk menghindari anggapan bahwa artikel tersebut plagiat, tak ada salahnya menggunakan software atau website untuk mengecek plagiasi.

2. Akun Blogger Aktif & Terverifikasi

Berikutnya, persyaratan yang kedua adalah akun blog harus aktif dan terverifikasi. Lantas bagaimana membuat akun blog menjadi terverifikasi atau verified? Caranya dengan membuat jadwal rutin untuk memposting artikel di setiap minggu.

Hal ini dikarenakan, dengan rutinnya memposting artikel maka secara otomatis algoritma Google akan mulai melirik blog tersebut. Postinglah artikel yang bermanfaat dan berguna agar SEO dapat membaca dan berpengaruh terhadap peringkat blog tersebut dalam tren pencarian di Google.

3. Jumlah Kata Di Setiap Artikel

Di setiap artikel yang akan diunggah dalam blog tersebut, usahakan setiap artikel memiliki panjang lebih dari 500 kata. Panjang artikel sebanyak 500 kata bila dikonversikan dengan waktu membaca kurang lebih 3 menit. 3 menit adalah waktu yang dikatakan krusial untuk pengunjung melihat keseluruhan isi blog maupun website termasuk iklan yang terdapat di dalamnya.

4. Umur Blog Harus Cukup

Umur sebuah blog yang bisa didaftarkan di Google Adsense minimal berumur 6 bulan sejak pertama kali mendaftar. Blog yang berumur 6 bulan dengan jumlah postingan tidak kurang dari 60 artikel. Setiap artikelnya usahakan terdiri dari 600 hingga 1000 kata.

Blog yang mampu untuk mengunggah konten secara rutin selama 6 bulan berturut maka akan terbaca oleh algoritma Google. Algoritma Google akan membaca sebuah blog atau website melakukan proses upload konten secara rutin dengan mendatangkan pengunjung dengan jumlah pengunjung lebih dari 50 pengunjung setiap harinya. Kemudian, Google Adsense akan menawarkan iklan pada blog tersebut.

5. Batasi Jumlah Gambar

Selanjutnya, batasi jumlah gambar yang diupload pada setiap artikel. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan iklan yang akan ditampilkan oleh Google Adsense bisa berupa gambar yang nantinya akan mengisi blog dan website. Proporsionalnya 1 artikel dengan panjang 1000 setidaknya memiliki gambar 3 hingga 5 gambar.

6. Navigasi Yang Mudah

Navigasi untuk sebuah blog harus mudah dan user friendly. Syarat daftar Google Adsense ini wajib bagi para blogger yang ingin banjir tawaran iklan dari Google Adsense. Hal ini dikarenakan dengan kemudahan navigasi blog dengan pengkategorian konten dan isi akan membuat pengunjung merasakan pengalaman yang menyenangkan ketika berkunjung ke blog.

7. Memiliki Pengunjung Harian Tetap

Bila sudah memenuhi persyaratan teknis yaitu panjang artikel, banyaknya gambar dan navigasi yang mudah telah terpenuhi. Hal perlu dikelola adalah pengunjung harian yang datang setiap harinya. Bagaimana cara mengelola pengunjung? Jawabannya adalah dengan memberikan artikel yang menarik dan memanfaatkan fitur Subscribe untuk berlangganan.

Saat blogger mengunggah postingan terbarunya, maka bagi para subscriber yang sudah berlangganan secara otomatis akan menerima pemberitahuan sehingga para subscriber akan menjadi pengunjung tetap.

Nah, ketujuh syarat daftar Google Adsense ini dapat dilakukan apabila sebagai seorang blogger sudah mengupload konten dengan konsisten. Hal ini dikarenakan setelah menerima tawaran AdSense, sebagai seorang blog harus tetap aktif untuk membuat postingan artikel bermanfaat dan berkualitas agar para pengiklan puas dengan blog tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.