11 Website Penyedia Gambar Gratis untuk Pendukung Konten

By: rianda 5 min read

website penyedia gambar gratis

Memperkuat konten di media digital, membutuhkan gambar sebagai pendukung. Namun, kreator jika hanya mencari melalui Google, tidak semua gambar akan sesuai dengan kebutuhan. Gambar bisa saja memiliki hak cipta, atau watermark. Solusi dari masalah ini adalah website penyedia gambar gratis. Sekarang para kreator konten tak perlu khawatir mencari gambar yang pas untuk tulisannya. Semua gambar yang tersedia di website ini bisa diunduh dan digunakan ulang.

1. Pixabay

Website yang memberikan sumber gambar gratis untuk diunduh, yang pertama, adalah Pixabay. Pixabay adalah web khusus gambar, yang memiliki katalog berisi jutaan gambar gratis. Tak hanya itu, ada juga vector, video, sampai ilustrasi musik yang bisa dicari.

Pixabay

Konten kreator bisa memanfaatkan website ini untuk mendapatkan gambar pendukung yang sesuai dengan isi tulisan. Gambar yang banyak di website ini didukung juga dengan tampilan yang rapi. Sehingga, akan semakin mudah menelusurinya.

Menjelajahi pixabay juga tidak akan menyulitkan. Web ini memiliki fitur pencarian yang sangat lengkap. Kreator bisa masuk dan mencari dari filter yang disediakan, mulai dari kategori, orientasi gambar, hingga warna yang diinginkan. Tidak hanya itu, terdapat juga pilihan SafeSearch yang mengamankan hasil pencarian gambar dari konten berbatas umur.

Website ini sangat recommended, dan rasanya tidak berlebihan jika disebut sebagai yang terbaik di kelasnya. Hal itu karena tak sedikit social blog yang menyarankan kontributornya untuk mengambil gambar dari Pixabay.

Keunggulan dari gambar yang diambil dari web ini adalah, beragamnya pilihan resolusi yang diinginkan. Apalagi, filter Editor’s Choice semakin memudahkan para pencari gambar untuk memilih yang terbaik.

2. Unsplash

Keunggulan Pixabay ditempel ketat oleh Unsplash. Website ini juga populer sebagai penyedia gambar terapik sejagat maya. Tak tanggung-tanggung, lebih dari 2 juta gambar yang bisa diakses dengan bebas setiap harinya.

unsplash

Pencarian di Unsplash pun tidak akan membingungkan. Web ini memilah gambar-gambar tersebut sesuai kategori seperti teknologi, nature, atau fashion. Selain itu, ada juga kategori yang terbilang unik, di mana kreator bisa mencari gambar untuk tulisan spiritual.

Selain kategori di atas, pencarian juga dapat dibantu dengan menggolongkan berdasarkan tekstur, pola, atau filter double exposures. Dengan demikian, para pencari gambar bisa semakin dalam menjelajahi web ini dan menemukan gambar-gambar menarik.

Salah satu kelebihan dari web ini yang sehingga banyak digemari adalah, integrasi dengan berbagai tools serta aplikasi populer. Para pengguna Trello, Zoom, atau Google Slide biasanya sudah tak asing dengan akses menuju Unsplash.

Hal itu karena melalui aplikasi pertemuan tersebut, kreator bisa langsung masuk ke Unsplash untuk mengakses gambar dan menggunakannya. Selain bisa mencari gambar berdasarkan topik yang sedang ditulis, web ini juga menampilkan resolusi yang sederhana dalam satuan small, medium, atau large.

3. Pexels

Bagi yang sering menulis di media online tentu tak asing dengan website penyedia gambar yang satu ini. Pexels menjadi salah satu web rujukan untuk gambar-gambar gratis sebagai pendukung konten artikel di beberapa social blog.

Pexels

Jika mencermati kemudahannya menjelajahi web ini, tak kalah nyaman dibandingkan dua web sebelumnya. Koleksi gambar yang tak kalah banyak, cukup menyenangkan untuk dimanfaatkan bersamaan dengan fitur menarik lainnya.

Pada web ini, terdapat fitur unggulan Advanced Search yang memungkinkan pengguna mendapatkan rekomendasi keyword, orientasi gambar, sampai ke pilihan warna gambar. Alhasil, pencarian gambar bisa lebih dioptimalkan sesuai kebutuhan konten.

Situs ini juga terintegrasi dengan beberapa tools ternama dengan ekstensi Chrome, Ms. Office, serta plugin dalam WordPress. Hal itu tentu saja membuat para blogger akan semakin nyaman menulis konten, tanpa khawatir kekurangan gambar pendukung.

Dengan integrasi tersebut, mencari gambar ketika menulis di blog tidak perlu meninggalkan aplikasi yang sedang dipakai. Menu navigasi yang ada pun sangat mudah dipahami. Pengguna dapat mengakses menu discovery untuk menemukan gambar populer dengan mudah.

Ditambah dengan menu fotografer, yang membantu para penjelajah menemukan gambar dari banyak sekali kontributor favorit. Meskipun penataan gambar per topik dirasa kurang jelas, namun Pexels tetap mendapat tempat di konten para penjelajahnya.

4. Reshot

Sedikit berbeda dengan website sebelumnya, Reshot menawarkan akses untuk memilih ilustrasi berupa vector. Terdapat puluhan ribu koleksi gambar, SVG, dan juga vektor yang bisa dengan mudah diakses, diunduh, dan digunakan sebagai gambar pendukung.

reshot

Koleksi gambar yang ada di web Reshot juga sangat artistik. Gambar-gambar ini sangat cocok bagi para konten kreator yang membutuhkan gambar pendukung yang unik dan kreatif. Dengan desain web minimalis, semakin menunjukkan bahwa web ini menyuguhkan bantuan.

Satu keunggulan yang dimiliki oleh web ini adalah fitur pencarian yang sangat user friendly. Gambar dengan tema kreatif dan minimalis pun banyak diakses oleh penjelajah di kalangan remaja. Menu kategori yang tidak tampil di halaman depan, tampaknya bukan penghalang bagi profesional kreatif.

5. Burst

Jika pernah mendengar Shopify, e-commerce pembangun web terbaik, tentu juga tak akan asing dengan Burst. Website ini memang bagian dari Shopify, yang memberikan gambar-gambar gratis bagi para pembuat konten.

burst

Meskipun terafiliasi dengan e-commerce tersebut, namun penggunaan Burst tidak terikat pada platform itu saja. Pengguna tetap dapat mengakses secara bebas, tidak hanya untuk keperluan komersial, tetapi juga gambar untuk konten blog, social media, atau konten lainnya.

Hal unik lain yang disuguhkan oleh web ini adalah, penjelajah gambar bisa meminta special request manakala tidak menemukan gambar yang sesuai dengan kebutuhan. Fitur ini tentu sangat membantu, karena meskipun ada jutaan gambar di web gratis, kebutuhan yang sesuai konten terkadang tetap sulit dicari.

Bagi pencari gambar high resolution, website ini juga menyediakannya dan menjadi salah satu keunggulan Burst dibandingkan yang lain. Keunggulan lain adalah, Burst mempersilahkan para pengguna untuk berlangganan gambar-gambar menarik melalui email subscription.

Meski demikian, beberapa pengguna masih ada yang kesulitan menggunakan website ini, karena tidak menemukan fitur pencarian. Alhasil, masih agak sulit mendapatkan gambar yang spesifik sesuai tema tulisan atau konten.

6. PikWizard

Jika mengakses beranda PikWizard, pengguna akan disuguhkan beberapa kategori gambar yang bisa diunduh. Inilah salah satu kemudahan di awal pencarian yang disajikan oleh web pencarian gambar gratis.

PikWizard

Pengguna tidak perlu berpindah halaman ketika akan mengunduh gambar. Sehingga, bisa tetap mencari dan membandingkan gamabr-gambar gratis di halaman yang sama dalam beragam kategori. Bahkan, web ini juga menyediakan kategori foto ekspresif yang sangat unik.

Banyak sekali gambar menarik dan artistik yang bisa diakses di dalam web ini, dan semuanya tentu akan mendukung konten menjadi lebih cantik. Bagi yang merasa kurang pas dengan gambar yang disajikan, masih ada fitur edit gambar yang juga bisa digunakan secara gratis.

Dengan demikian, pencari gambar bisa langsung mengeksekusi gambar dengan berbagai filter atau tambahan teks, tanpa bantuan aplikasi lainnya. Menggunakan PikWizard tentu terbilang hemat efisien dari segi waktu, karena pengunduhan bisa langsung dilakukan di beranda.

Apalagi, gambar bisa langsung berpindah ke web yang dimiliki, dengan akses kode HTML. Hal ini sedikit membantu meskipun tidak diketahui berapa resolusi gambarnya sebelum dilakukan pengunduhan.

7. Gratisography

Satu lagi web penyedia gambar gratis yang tak kalah populer. Gambar-gambar koleksinya sangat eksentrik dan full colour. Bahkan, tak sedikit yang menyediakan tampilan seni out of the box. Kombinasi warna-warna cerah dan karakter lucu seperti kucing atau gorilla, membuatnya Gratisography banyak diakses dan diunduh gambarnya. Selain itu, juga memiliki pilihan gambar dengan berbagai teks yang ditulis dengan font-font menarik.

gratisography

Meski demikian, website ini tidak memberikan kerumitan dalam aksesnya. Penjelajah bisa sangat mudah mencari gambar, dan mengikuti navigasi yang sederhana. Jika ingin membuat konten dengan visual gambar yang mencolok, web ini akan sangat membantu.

Gratisography juga memiliki ‘newsletter’ yang memungkinkan pengguna mendapatkan informasi terbaru terkait gambar yang tersedia. Meskipun koleksi gambar yang ada masih terbatas, namun keunikan gambar yang sudah tersedia sudah cukup menyenangkan untuk diulik.

8. Kaboompics

Website penyedia gambar berikutnya adalah Kaboompics. Tak kalah menarik dibandingkan dengan web-web yang lain, karena situs ini juga menyajikan berbagai kategori yang akan cocok dengan blog ber-niche lifestyle atau kuliner.

kaboompics

Selain itu, website ini juga banyak digemari karena bukan hanya menyediakan gambar free, tetapi juga jenis gambar berupa foto dan photoshoot. Pada jenis photoshoot, maka rangkaian gambar akan lebih mudah ditemukan dalam 1 sesi pemotretan.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat melakukan sortir dari hasil pencarian menurut tanggal atau jumlah unduhan. Resolusi gambar pun dapat diatur sebelum mengunduh, yang tentunya akan menghemat waktu untuk me-resize.

Bagi yang biasa bermain warna, website ini memberikan informasi kode warna di dalam foto. Dengan demikian, konten yang dibuat bisa mengacu kepada kode tersebut jika ingin diubah tampilan visualnya. Kelebihan ini hanya dimiliki oleh Kaboompics.

9. Picjumbo

Salah satu website untuk mengunduh gambar gratis tanpa terhalang hak cipta adalah Picjumbo. Website ini terbilang mirip dengan Kaboompics yang merupakan website pribadi, dengan koleksi gambar-gambar unik.

picjumbo

Namun, web ini tidak hanya menyediakan gambar. Masih ada berbagai icon, template, dan juga mockups yang bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan. Tampilannya yang sederhana membuat situs ini sangat mudah dijelajahi. Pengguna bisa menemukan gambar terbaru, langsung dari halaman muka.

Keunikan lain dari website Picjumbo adalah, pengguna bisa menggunakan mode gelap, bagi yang lebih nyaman menggunakan mode ini. Gambar gratis yang dikoleksi pun bukan sekadar mudah diunduh, tetapi juga sering diulas dalam blog informatif. Dengan begitu, pengguna lebih mudah mencari rekomendasi gambar terbaik.

10. Stockvault

Situs ini terbilang cukup lama berdiri. Sejak Tahun 2004, Stockvault menyediakan gambar gratis yang sangat banyak, dan cukup eksis di jagat maya dengan ratusan ribu koleksi. Selain gambar, ada juga ilustrasi vektor yang bisa diambil.

stockvault

Lagi-lagi navigasi sederhana membuat website penyedia gambar digemari oleh banyak pengguna. Begitu pun Stockvault yang memiliki banyak pengguna, karena koleksi yang lengkap, mudah diakses, dan user friendly.

Gambar-gambar yang tersedia di Stockvault sudah dilengkapi dengan informasi yang sangat lengkap. Mulai dari ukuran gambar, resolusi, kontributor, bahkan lisensi. Tentunya hal ini akan sangat membantu pengguna jika ingin mencantumkan credit picture.

11. Librestock

Situs gambar gratis ini memiliki fungsi yang lebih mirip search engine. Ketika pengguna memasukkan kata kunci pencarian, hasil yang didapat bisa berasal dari website lain. Alhasil, website ini tentu akan menyajikan hasil gambar lebih variatif.

librestock

Namun, hal ini mengharuskan pengguna berpindah ke web lain setelah mendapat referensi gambar. Alih-alih praktis ketika mencari gambar, web ini dirasa kurang nyaman bagi yang ingin praktis mencari di sebuah situs saja.

Dari sekian banyak website penyedia gambar tersebut, pengguna dapat menjelajah dan menyesuaikan dengan kebutuhannya. Selain itu, kemudahan pencarian di masing-masing web juga bisa dipilih yang paling membuat nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *