"> 8 Contoh Artikel Bahasa Indonesia Dengan Berbagai Tema

8 Contoh Artikel Bahasa Indonesia Dengan Berbagai Tema

10 min read

Di Indonesia, menjadi seorang penulis artikel untuk publikasi online seringkali bukan merupakan sebuah pekerjaan yang dipandang serius. Anggapan masyarakat masih awam, bahwa pekerjaan yang baik adalah yang pagi pergi ke kantor dan sore pulang ke rumah. Padahal, menulis sebuah contoh artikel Bahasa Indonesia saja tak kalah seperti kala menyusun proposal skripsi.

Banyak proses yang harus dilakukan, namun dipercepat karena tuntutan tenggat waktu penyelesaian. Aturan dan kaidah penulisan pun harus dipatuhi tanpa menyadur dari orang lain secara berlebih. Harus unik dan tak boleh ada plagiasi secuil apa pun. Pada akhirnya, hasil tulisan contoh artikel Bahasa Indonesia inilah yang digunakan sebagai rujukan oleh banyak orang.

Berikut ini ada 8 contoh artikel Bahas Indonesia mengenai berbagai tema pembahasan. Ada teknologi, kepenulisan, kesehatan, dan hiburan. Masing-masing tema memiliki dua contoh artikel Bahasa Indonesia dan dituliskan dengan kaidah penulisan artikel yang baik dan benar.

Contoh Artikel Bahasa Indonesia Tema Teknologi

Teknologi merupakan bentuk perkembangan peradaban manusia yang tak terelakkan dan sudah menyentuh semua lini kehidupan. Oleh karenanya, banyak contoh artikel Bahasa Indonesia yang mengangkat tentang tema teknologi. Banyak orang yang selalu tertarik dengan perkembangan teknologi dan terus mencari berita-berita terbaru terkait teknologi. Berikut di bawah ini adalah contoh artikel Bahasa Indonesia dengan tema teknologi.

————————————————————————————————————————-

Mengenal Pengertian 5G, Generasi Terbaru dari Layanan Wireless

2019 adalah tahun yang banyak dinanti, terlebih oleh para pecandu teknologi. Tak genap sebulan, angka 8 akan berganti menjadi 9 dan hitungan tahun yang baru pun di mulai. Ada apa gerangan dengan tahun 2019? Apa lagi kalau bukan peluncuran layanan wireless terbaru 5G yang siap menggantikan 4G. Sebenarnya apa bedanya dengan 4G dan apa pengertian 5G? Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut.

Yang Membedakan 5G dari 4G

Pada dasarnya, yang membedakan setiap generasi teknologi wireless adalah masalah kecepatan. Baik dari masa 2G ke 3G, 3G menuju 4G, dan sebentar lagi 4G menjadi 5G. Hingga saat ini, teknologi 4G dengan format LTE masih berhasil membuat orang berdecak kagum akan kecepatan akses data yang mampu dilakukan. Sayangnya, sedikit saja ketika sinyal sedikit melemah, bermacam kendala buffering pun mulai bermunculan.

Dalam 5G, dengan format NR (new radio), kendala tersebut akan menjadi sejarah. Secara teori, batas sinyal terendah dari 5G NR merupakan batas atas dari sistem 4G LTE. Oleh karenanya bersiaplah tercengang dengan kecepatan kilat dari teknologi 5G yang akan mulai bisa dinikmati tahun depan.

Gelombang Modulasi 5G

Disinggung pada pembahasan di atas, bahwa kecepatan terendah 5G merupakan kecepatan tertinggi pada 4G. Seperti diketahui, rentang kecepatan akses dari 4G adalah antara 5 – 100 Mbps. Sementara itu, 5G dikabarkan memiliki rentang kecepatan antara 100 Mbps – 20 Gbps.

Ini dikarenakan 5G menggunakan gelombang radio milimeter berfequensi tinggi (high-frequency millimeter radio wave) antara 30 – 300 GHz, yang dinamakan sebagai ‘mmWave’. Penggunaan jenis gelombang ini sebelumnya sangat terbatas dan tidak bisa diakses umum karena aturan yang ketat dan mahalnya pembiayaan. Gelombang milimeter ini berkapasitas lebih besar dibandingkan dengan jenis gelombang radio sub-5 GHz yang masih banyak digunakan saat ini.

Melihat perkembangan teknologi yang ada, rasanya masih perlu perpanjangan waktu menunggu lagi sampai Indonesia bisa merasakan kehebatan 5G. Bahkan sampai saat ini, penyebaran teknologi 4G pun masih berpusat di kota-kota besar saja. Di daerah yang lebih pelosok lagi, 3G malah masih menjadi barang mewah.

————————————————————————————————————————-

5 Aplikasi Menulis Terbaik bagi Penulis Kekinian

Ketika seorang penulis ditanya aplikasi apa yang digunakannya untuk menulis, hampir sebagian besar pasti menjawab Microsoft Word. Dengan sebagian besar pengguna komputer di Indonesia menggunakan sistem operasi Windows, jawaban tersebut adalah jawaban default. Padahal, masih ada aplikasi menulis lain yang layak untuk dicoba. Berikut adalah 5 aplikasi menulis terbaik selain Microsoft Word:

1. iA Writer

Aplikasi menulis ini direkomendasikan terutama untuk tulisan-tulisan pendek semacam artikel atau postingan untuk blog. Memiliki fitur tampilan layar jelas pada apa yang sedang diketikkan, iA Writer membantu penulis untuk tetap fokus pada alur yang dikehendaki. Aplikasi ini hanya tersedia untuk produk gadget keluarah Apple seperti iPhone, iPad, dan Mac.

2. Evernote

Evernote sangat membantu dalam mengabadikan ide yang tiba-tiba muncul di mana saja. Aplikasi catatan pada ponsel ini mudah untuk digunakan, baik untuk sekedang mencatat ide atau bahkan menuliskan draf tulisan secara keseluruhan. Dilengkapi dengan fitur transkipsi dari suara menjadi teks membuat aplikasi ini layak dimiliki oleh para penulis.

3. Grammarly

Aplikasi yang top notch dan harus dicoba oleh para penulis – khususnya bagi penulis artikel Bahasa Inggris. Alasannya adalah karena Grammarly membantu dalam segala aspek penulisan, mulai dari grammatical dan spelling. Versi premiumnya telah terbukti mampu meningkatkan kualitas tulisan yang dihasilkan oleh penulis.

4. Google Docs

Siapa yang tak kenal dengan Google Docs, aplikasi keluaran dari tujuan rujukan jutaan umat, Google. Aplikasi banyak digunakan karena kelebihan dalam sharing dokumen. Dilengkapi dengan data lengkap apa saja perubahan yang dilakukan oleh tiap penulis, aplikasi ini banyak dimanfaatkan oleh banyak penulis untuk saling berkolaborasi.

5. Text Editor

Aplikasi terbaik terakhir yang direkomendasikan kepada para penulis adalah Text Editor. Program bawaan dari segala jenis sistem operasi komputer, dengan jenis file .txt, Notepad pada Windows atau TextEdit pada Mac. Selain murah karena tak memerlukan biaya instalasi tambahan, dokumen file .txt telah terbukti multi fungsi.

Selain daftar aplikasi menulis terbaik yang tercantum dalam daftar di atas, masih banyak lagi aplikasi menulis lainnya. Mungkin saja, ada yang tidak setuju dan merasa aplikasi lain jauh lebih baik, itu adalah hak pribadi. Daftar ini dibuat berdasarkan beberapa pertimbangan dan kecenderungan dari penulis.

————————————————————————————————————————-

Contoh Artikel Bahasa Indonesia Tema Kepenulisan

Menjadi penulis artikel adalah salah satu jenis pekerjaan freelance yang ramai peminat, namun juga cenderung fluktuatif. Jumlah penulis artikel terus bertambah secara signifikan, namun tak sedikit pula yang memilih menyerah di tengah jalan. Melihat fenomena ini, banyak penulis lain yang menuliskan contoh artikel Bahasa Indonesia bertemakan tentang kepenulisan sebagai bentuk berbagi ilmu dan pengalaman. Seolah menyampaikan kepada para penulis pemula untuk tidak bersegera mundur teratur.

————————————————————————————————————————-

5 Tips Menulis Artikel SEO, Membantu Meningkatkan Rangking Di Google

Menulis artikel SEO dalam konten website adalah salah satu cara yang banyak digunakan dalam upaya meningkatkan rangking. Keberadaan konten artikel SEO terbukti ampuh dalam mencapai tujuan tersebut. Google sebagai mesin pencari yang rajin memberikan penilaian, memasukkan artikel SEO sebagai salah kriteria. Berikut adalah 5 tips yang dapat digunakan untuk membantu dalam menuliskan artikel SEO:

1. Kreatif Memilih Keyword Unik dan Niche

Ada banyak keyword yang nyaris serupa bertebaran, namun memiliki penekanan yang berbeda. Hindari menggunakan keyword yang telah banyak digunakan. Baiknya menggali kreativitas dengan membuat keyword yang unik dan niche. Misalnya ingin menulis tentang ‘gelang perak’, maka buat keyword menjadi ‘gelang perak cantik’, jangan hanya ‘gelang perak’ saja.

2. Buat Kerangka Tulisan dari Turunan Keyword

Perlu diingat, dalam menulis artikel SEO harus dihindari overstuffing keyword alias menjejalkan keyword tanpa melihat ketepatan penggunaannya. Tak peduli seunik apa pun keyword yang digunakan, harus tetap mengindahkan kaidah penulisan yang baik dan benar. Sangat disarankan untuk membuat kerangka tulisan dari turunan keyword. Keberadaan kerangka ini dimaksudkan agar pembahasan tidak melebar ke mana-mana.

3. Beri Out-Link pada Sumber yang Dirujuk

Memberikan out-link atau hyperlink dalam tulisan artikel bertujuan untuk meyakinkan pembaca bahwa tulisan tidak asal dibuat, melainkan telah melalui proses riset. Website rujukan yang dituju haruslah memiliki pembahasan mendetail yang lebih mendalam, jikalau pembaca membutuhkannya. Hanya saja, jangan terlalu banyak menambahkan out-link karena akan diartikan penulis malas.

4. Jangan Malu untuk Membagikan Link Laman Artikel yang Telah Ditulis

Sikap yang umumnya dimiliki oleh penulis adalah malas (atau malu) membagikan hasil tulisannya pada orang lain. Padahal jika setiap kenalan yang dimiliki membuka artikel tersebut, sudah jelas akan menambah angka kunjungan. Bayangkan saja berapa banyak kunjungan tambahan yang akan diterima jika setiap kenalan di media sosial mengklik link yang dibagikan.

5. Pastikan Konten Artikel Bisa Dibagikan (In-Link)

Rangking (di Google) sebuah konten artikel pasti akan lebih baik jika terpantau ada aktivitas sharing. Periksa kembali pengaturan konten, apakah bisa dibagikan atau tidak, andai belum maka sebaiknya segera perbaiki. Selain secara langsug meningkatkan peringkat, fitur sharing juga akan membantu dalam menambah kunjungan.

Menulis artikel SEO adalah pekerjaan yang juga bergantung pada keberuntungan. Tidak selalu penulis artikel profesional mampu mendaratkan setiap artikel tulisannya pada halaman pertama Google. Yang diperlukan adalah selalu berusaha dan jangan berputus asa.

————————————————————————————————————————-

5 Cara Menemukan Pekerjaan Menulis Freelance

Menjadi penulis freelance memiliki banyak keuntungan, di antaranya seperti memilih sendiri jam serta beban kerja. Sayang dalam prakteknya, mendapatkan pekerjaan menulis freelance tidaklah semudah seperti yang diceritakan dalam novel. Di bawah ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan dalam menulis freelance.

1. Meminta Pekerjaan Langsung pada (Calon) Klien

Tidak banyak penulis yang berani melakukan hal ini, padahal kesempatan untuk sukses mencapai 50%, diterima atau ditolak. Tanpa saingan dan tak perlu berebut mengikuti lelang pekerjaan. Hubungi langsung kepada blogger, pengusaha, perusahaan, atau bahkan bisnis kecil bahwa ada penulis freelance yang siap membatu membesarkan bisnis.

2. Networking

Cara lama, namun tak pernah ketinggalan zaman, menjalin hubungan dengan rekan sejawat alias bergabung dalam komunitas sesame penulis freelance. Dengan mengikuti komunitas pasti akan mendapatkan setiap kali ada informasi pekerjaan menulis. Ketika terdesak dan membutuhkan pekerjaan, boleh saja bertanya langsung kepada rekan penulis lain untuk memberi pekerjaan.

3. Ikuti Lelang Pekerjaan Menulis pada Situs Pencari Kerja

Bergabunglah dalam situs pencari kerja, ada banyak situs khusus untuk freelancer seperti UpWork, Freelancer, atau Guru. Di sana, banyak dimuat informasi-informasi mengenai orang yang membutuhkan jasa penulis freelance. Jadilah aktif dalam menawar pekerjaan (mengikuti lelang) dan jangan memulai dengan memasang tarif jasa terlalu tinggi jika belum memiliki nama.

4. Tanyakan pada Teman, Keluarga, Rekan Kerja

Bentuk cara konvensional lain, tapi selalu efektif. Bertanyalah kepada teman, keluarga, atau rekan kerja, barangkali di antara mereka (atau kenalan mereka) ada yang membutuhkan jasa penulis Freelance. Tak perlu malu untuk melakukannya, karena bukan sedang mengiba belas kasihan. Meminta pekerjaan tidak sama dengan mengemis, jadi jangan diartikan serupa.

5. Rajin Menulis di Blog Sendiri

Terakhir adalah cara yang biasanya hanya dilakukan oleh para penulis profesional. Padahal tulisan di blog dapat digunakan sebagai portofolio jika sewaktu-waktu ada (calon) klien yang bertanya. Tinggal beri saja link menuju blog dan (calon) klien akan menilai sendiri. Selain itu, dengan rajin mengisi entri blog, secara tidak langsung akan semakin mengasah kemampuan menulis.

Serius dalam menekuni pekerjaan menulis freelance tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan penghasilan yang lumayan. Dengan pergeseran zaman dan kebutuhan akan berbagi informasi banyak dibutuhkan, menjadi penulis freelance adalah sebuah peluang yang bisa diraih. Ingatlah nasehat lama dari orang tua, bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha (dan doa).

————————————————————————————————————————-

Contoh Artikel Bahasa Indonesia Tema Kesehatan

Dunia kesehatan adalah salah satu yang tak mungkin berhenti berkembang. Bahkan penyakit pun terus saja berevolusi, mengikuti perubahan lingkungan akibat aktivitas manusia. Berikut adalah contoh artikel Bahasa Indonesia dengan tema kesehatan.

————————————————————————————————————————-

Penyakit Autoimun, Satu Penyakit Yang Memiliki Banyak Jenis

Penyakit autoimun merupakan penyakit yang terjadi ketika sistem imun justru menyerang sel dan/atau jaringan yang ada di dalam tubuh. Terjadi ‘kebingungan’ pada sistem umum penderita penyakit ini, di mana sistem imun tidak bisa membedakan mana sel jaringan tubuh dan mana ancaman asing. Penyebabnya sendiri masih belum diketahui secara pasti hingga sekarang.

Yang sudah dapat dipastikan adalah penyakit ini memiliki banyak jenis dan wujud. Sesama pengidap autoimun, namun bisa jadi menjalani proses pengobatan yang berbeda karena gejala yang muncul berbeda pula. Berikut adalah daftar jenis penyakit autoimun yang banyak ditemukan.

1. Alopecia Areata

Jaringan yang diserang adalah folikel rambut sehingga penderita mengalami kebotakan pada beberapa bagian rambut yang terlihat seperti pitak halus. Selain kebotakan ambut, dapat pula menyebabkan rasa gatal pada seluruh permukaan kulit yang disertai rasa panas terbakar. Bisa pula menjalar sampai ke kuku dan menyebakan kuku menjadi cekung dan kasar.

2. Psoriasis

Daerah yang diserang adalah kulit, di mana bagian-bagian kulit mengalami penuaan dini dan tidak bisa mengikuti siklus pengguguran sel kulit mati. Akibatnya sel kulit mati dari bagian yang terjangkit psoriasis akan mengerak dan tertimbun pada permukaan kulit. Dari lima tipe psoriasis yang ada, yang paling sering terjadi adalah tipe plak (plaque).

3. Rheumatoid Arthritis (RA)

Termasuk jenis penyakit sistemik, di mana sistem imun khusus menyerang jaringan sendi-sendi. Dampak terburuk dari RA adalah menyebabkan terjadinya pelapukan sendi hingga mengakibatikan deformitas, sehingga sendi tak bisa lagi digunakan. Keunikan dari RA ini adalah menyerang secara simetris, artinya di kedua sisi tubuh yang sama, misalnya kedua lutut.

4. Systemic Lupus Erythematosus (SLE)

Jenis penyakit ini adalah yang paling populer dibandingkan dengan autoimun yang lain, namun seringkali terlambat disadari. Termasuk sebagai penyakit sistemik, hanya saja tidak secara spesifik menyerang sistem jaringan tertentu. Gejala yang terjadi beragam dan memiliki kesamaan dengan gejala yang muncul pada AIH (autoimmune hepatitis).

5. Autoimun Hepatitis (AIH)

Memiliki kemiripan gejala dengan SLE, pada AIH autoimun terjadi akibat pengaruh dari aktivitas liver. Entitas asing masuk ke dalam liver dan ikut bersirkulasi dalam tubuh sehingga meningkatkan aktivitas antibodi dan hypergammaglobulinemia. Seringkali AIH juga disalahartikan sebagai penyakit hepatitis.

Selain pada AIH, penyakit autoimun terjadi akibat faktor keturunan, sehingga tidak bisa dicegah. Sampai saat ini masih belum ditemukan cara menyembuhkan penyakit ini. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan mengobati sesuai dengan gejala yang muncul.

————————————————————————————————————————-

Waspadai Penyakit Lupus Sering Terlambat Diketahui

Penyakit lupus adalah salah satu penyakit langka yang masih jarang diketahui oleh masyarakat umum. Penyebabnya yaitu adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh. Gejala yang muncul pada setiap penderita lupun pun dapat berbeda, mulai dari kelelahan hingga rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu. Seringkali lupus disalahartikan sebagai jenis penyakit lain. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan gejala yang sering terjadi:

  • Biasanya penderita lupus mengalami anemia, sehingga menyebabkan rasa lelah, letih, maupun lemas yang berlebihan.
  • Kulit ruam dan kerontokan rambut. Ruam terjadi pada daerah wajah dari hidung, bawah tulang pipi, sampai ke bawah dagu yang muncul paparan sinar matahari langsung. Selain ruam, terjadi pula kerontokan rambut yang berlebihan hingga kulit kepala mengalami luka.
  • Rasa nyeri yang dirasakan biasanya ada di area dada atau persendian.
  • Retensi air hingga kencing berdarah. Gejala ini muncul karena ginjal penderita lupus mengalami kerusakan dan seringkali terlambat diketahui.
  • Luka pada lapisan mulut. Berbeda dari sariawan, luka di sini tidak menyebabkan rasa sakit.
  • Kejang sampai kehilangan memori. Lupus dapat menyerang jaringan otak.
  • Kesehatan mental. Masalah ini muncul karena penderita lupus mengalami stress dan khawatir yang berlebihan.

Demikian ciri dan gejala dari penyakit lupus yang perlu diwaspadai. Penyakit ini seringkali terlambat diketahui sehingga terlambat penanganannya. Belum ada obat yang dapat menyembuhkan lupus, usaha yang dilakukan adalah mengobati sesuai dengan gejala yang muncul.

————————————————————————————————————————-

Contoh Artikel Bahasa Indonesia Tema Hiburan

Tak hanya tulisan artikel dengan tema-tema yang serius, artikel bertema hiburan pun banyak dicari. Artikel dengan tema hiburan dapat dijadikan sebagai bahan bacaan ketika otak terlalu lelah untuk berpikir serius. Dapat pula digunakan sebagai referensi untuk memilih film dan/atau bacaan yang sesuai. Berikut merupakan dua contoh artikel Bahasa Indonesia dengan tema hiburan.

————————————————————————————————————————-

3 Drama Korea Tentang Sekolah Yang Wajib Ditonton

Sejak awal tahun 2000-an, drama Korea mulai merambah penonton di penjuru Asia. Dimulailah proyek pembuatan drama di Korea dilakukan secara lebih serius dengan melibatkan pendanaan yang besar-besaran. Dari semua jenis drama yang telah diproduksi, jenis drama bertemakan sekolah adalah yang sering diangkat. Berikut adalah daftar drama korea bertema sekolah terbaik.

1. School 2013

Bercerita tentang dua orang guru yang saling bertolak belakang, satu mengejar materi dan satunya lagi berdedikasi. Dikisahkan pula mengenai dua sahabat yang menjadi bermusuhan karena sebuah kecelakaan di masa lalu. Akan mimpi yang gagal diraih dan rasa bersalah yang berkepanjangan. Salah satu drama Korea terbaik yang penah diproduksi dan banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik.

2. Reply 1988

Merupakan judul seri Reply yang paling laris yang pernah diproduksi, meski kedua seri lainnya (Reply 1997 dan Reply 1994) tak kalah dalam jumlah penggemar. Drama ini mengambil latar pada saat Korea Selatan menjadi tuan rumah Olimpiade 1988. Menceritakan tentang keseharian sekelompok siswa SMA yang tinggal di satu lingkungan yang sama.

3. Sassy, Go Go

Dibandingkan dengan dua judul drama yang telah disebutkan sebelumnya, drama yang satu ini kurang mendapatkan perhatian dari publik dalam bentuk rating penonton. Cerita berpusat pada seorang siswi yang berusaha untuk mewujudkan mimpinya menjadi seorang penari, diselingi dengan konflik khas remaja. Sekilas memang drama ini memiliki jalan cerita yang klise, namun karena disajikan dalam alur yang apik membuat drama ini layak ditonton.

Mengangkat tema sekolah tak lantas membuat drama-drama di atas digarap dengan serampangan. Justru banyak pelajaran berharga yang dapat dipetik sekaligus bernostalgia mengenang masa-masa sekolah. Selain ketiga drama yang telah disebutkan, masih ada banyak drama korea bertemakan sekolah lainnya yang layak dijadikan tontonan di waktu senggang.

————————————————————————————————————————-

5 Alasan Kenapa Komik Detective Conan Masih Digemari Meski Sudah Berusia Lebih dari 20 Tahun

Menginjak usia lebih dari 20 tahun, serial komik Detectif Conan masih belum menunjukkan tanda-tanda akan segera tamat. Banyak spekulasi mengenai akhir cerita detektif SMA yang menyusut menjadi anak SD oleh para penggemar di forum diskusi online. Tetap saja, hingga kini ceritanya masih berstatus ongoing. Lebih dari dua dekade berlalu, serial komik ini masih memiliki banyak penggemar. 5 alasan yang menjadikan penggemar tidak meninggalkan karya Aoyama Gosho ini di antaranya adalah:

1. Trik Kasus yang Nyaris Mustahil Tetapi Tetap Logis

Menurut sang penulis cerita, lamanya waktu penyelesaian serial Detektif Conan adalah dikarenakan percobaan trik untuk setiap kasus. Sebelum dijelaskan mengenai trik yang digunakan, sebagian besar menyangsikan apakah hal itu mungkin dilakukan. Setelah penjelasan dilakukan, semua pun mengangguk setuju dan menantikan trik-trik nyaris mustahil selanjutnya.

2. Persahabatan Shinichi – Heiji

Salah satu momen paling menggairahkan saat membaca Detectif Conan adalah ketika Shinichi (lebih sering dalam wujud Conan) bersatu dengan Heiji untuk memecahkan kasus. Heiji selalu merasa ada persaingan di antara persahabatannya dengan Shinichi. Di lain pihak Sinichi (sok) cuek, meski secara tidak sadar enggan kalah. Pada akhirnya, kedua sahabat ini tetap  bisa tersenyum bersama setelah selesainya kasus.

3. Grup Detektif Cilik

Awalnya sedikit menyebalkan melihat segerombolan anak kecil yang sok tahu dan suka ikut campur, tapi lama kelamaan, muncul rasa sayang juga. Grup Detektif Cilik adalah kedok yang digunakan oleh Shinichi Kudo dalam tubuh Conan Edogawa untuk memecahkan kasus kejahatan.

4. Kaito Kid Alias Kid Si Pencuri

Di setiap cerita pahlawan kebenaran, pasti ada penjahat yang menjadi musuh abadi. Dapat dikatakan, Kaito Kid adalah rival abadi dari Shinichi. Bedanya adalah lebih sering Kid bertindak seperti pahlawan kesiangan (urung melakukan kejahatan) daripada merugikan orang lain. Diceritakan, Kid adalah penjahat yang memiliki banyak penggemar fanatik.

5. Kisah Cinta Shinichi – Ran

Tak lengkap rasanya membicarakan mengenai Detectif Conan tanpa menyinggung tentang Ran. Sejak awal, dikisahkan bahwa Ran adalah teman dekat Shinichi. Keduanya adalah teman sepermainan sedari kecil dan selalu ada untuk satu sama lain. Memasuki buku komik volume 90-an, keduanya sudah resmi berpacaran.

Hampir seperti Doraemon, banyak penggemar komik Detectif Conan yang bertambah usia, namun Conan tetap saja kelas 1 SD. Hal tersebut tidak menjadi masalah, karena banyak pengetahuan umum yang bisa diperoleh. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan Detektif Conan dibandingkan dengan serial komik yang lain, yaitu mengedukasi pembacanya pada berbagai pengetahuan umum.

————————————————————————————————————————-

Demikian berbagai contoh artikel Bahasa Indonesia dengan berbagai tema bahasan. Gaya bahasa penulisan artikel akan menyesuaikan dengan tema serta topik yang dibahas, walau tetap sama-sama menggunakan bahasa penulisan formal. Hanya saja, tetap terlihat perbedaan pemilihan kata yang sesuai dengan tema yang dibahas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *