8 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol; Pemula Harus Tahu !

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Layaknya jamur di musim hujan, jumlah bisnis online semakin bertambah setiap harinya. Ini disebabkan karena kecenderungan masyarakat yang mulai bergeser pada pemanfaatan fasilitas internet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga tidak sedikit yang mulai mencari-cari cara memulai bisnis online dari nol dan meninggalkan pekerjaan konvensional.

Namun tak sedikit pula yang ragu untuk memulai bisnis sendiri dengan alasan takut tidak laku. Mungkin yang takut memulai itu lupa, bahwa Google pernah ditolak oleh Yahoo. Amazon pun dimulai dari sebuah garasi dan hanya menjual buku saja. Atau bisnis online rasa lokal, Gojek tidak langsung menjadi selaris sekarang.

Semuanya melalui tahapan dan proses dari bukan apa-apa menjadi sesuatu yang besar. Oleh karenanya jangan berkecil hati terlebih dahulu dan hal paling pertama yang perlu dilakukan adalah buka hati. Agar lebih yakin dalam memulai bisnis online, di bawah ini akan membahas mengenai 8 cara memulai bisnis online dari nol.

1. Susun Rencana Bisnis

Mendengar kata rencana bisnis, mungkin banyak yang akan berpikir dua kali untuk melakukannya. Padahal menyusun sebuah rencana bisnis adalah hal yang penting dilakukan dalam cara memulai bisnis online dari nol. Rencana bisnis tidak perlu berbentuk mendetail dengan bermacam rincian. Sebuah coretan catatan rincian bisnis tulisan tangan pun cukup, asalkan mencakup poin-poin penting yang dibutuhkan.

Susun Rencana Bisnis

Seringkali catatan tulisan tangan justru akan lebih lengkap dibandingkan dengan sebuah dokumen rencana bisnis yang sudah diketik rapi. Ini dikarenakan, pada catatan tangan akan menyertakan hal-hal yang esensial dan terlupakan ketika diketik dalam bentuk dokumen.

Utamanya dalam penyusan sebuah rencana bisnis, menyangkut mengenai analisis pasar hingga pro dan kontra mengenai produk. Dapat dikatakan rencana bisnis adalah coretan mengenai apa saja yang akan dilakukan, apa yang akan ditawarkan dan/atau dijual, hingga bagaimana caranya. Intinya rencana bisnis berisikan rencana tertulis mengenai langkah-langkah yang akan disebutkan selanjutnya.

2. Pelajari Kebutuhan Pasar dan Tentukan Jenis Bisnis Online

Langkah yang pertama adalah yang hal paling mendasar dalam memulai bisnis apa pun, yaitu bisnis tentang apa. Artinya apa yang bisa ditawarkan kepada konsumen, apakah yang ditawarkan itu memang benar-benar ada yang membutuhkan. Langkah pertama dalam cara memulai bisnis

Petakan Kebutuhan Pasar

Banyak orang yang melakukan kesalahan dan memulai bisnis dengan tidak mencari tahu terlebih dahulu apa yang sedang dibutuhkan. Memulai bisnis tanpa tahu kebutuhan sama halnya seperti pedagang wedang ronde yang membuka dagangan di siang bolong. Salah sasaran dan tidak tepat, karena siang hari yang paling dicari adalah minuman es.

Demikian pula dalam cara memulai bisnis online dari nol. Harus dipastikan dulu apakah bisnis itu bisa benar-benar bisa dilakukan secara online serta berapa banyak yang membutuhkannya. Semua itu harus diketahui sebelum memulai sebuah bisnis online. Beberapa hal yang bisa dilakukan demi mengetahui kebutuhan pasar di antaranya seperti:

  • Aktif menjelajah di media sosial serta forum-forum diskusi untuk melihat arah kecenderungan dan minat pasar.
  • Cari tahu apa yang paling banyak dicari orang di mesin pencari, tetapi tidak banyak situs yang menyediakan layanan tersebut.
  • Seperti kata pepatah, belajarlah dari musuhmu. Jelajahi situs-situs bisnis lain dan pelajarilah bagaimana cara mereka dalam meyalani konsumen.

Niche

Dalam memulai sebuah bisnis online, harus pandai dalam menemukan celah. Maksudnya siap melakukan inovasi baik dalam hal produk maupun pelayanan. Berani berbeda dan berpikiran terbuka, tidak takut dengan tatapan sinis serta komentar negatif yang dikatakan oleh orang. Jika hal itu terjadi, ingat saja bahwa Amazon dan Google bermula dari sebuah garasi.

Istilah niche biasanya diterapkan pada konten blog, website, atau bahkan vlog. Namun rasanya tak masalah jika menerapkan konsep ini untuk menentukan bisnis online apa yang ingin digeluti. Karena sama halnya dengan media-media tersebut, keseragaman dalam bisnis pun tidak akan berdampak baik.

Setelah melakukan pemetaan kebutuhan pasar, maka akan diketahui daftar apa saja yang paling banyak dibutuhkan oleh banyak orang. Dari sana, dapat dipilih apa yang paling diinginkan kemudian tentukan inovasi apa yang bisa dilakuan untuk menarik minat konsumen.

Sebaiknya Pilih Apa yang Disukai dan Dikuasai

Penjelasan untuk poin ini bisa dibilang cukup sederhana, karena mengerjakan sesuatu yang disukai pasti akan menyenangkan. Saat hati merasa senang, maka pekerjaan pun akan terasa mudah. Seseorang yang suka dengan makeup cocok untuk membuka channel khusus tentang cara ber-makeup. Ia pasti akan tekun dan sabar dalam melakukannya, sebab melakukannya dengan senang hati.

Tidak mustahil bahwa lambat laun akan semakin banyak merek-merek kosmetik yang meminta untuk diulas. Itu sudah merupakan satu bentuk bisnis online berupa jasa review kosmetik. Perlu diketahui, bahwa sebuah bisnis tidak harus melulu berbentuk menjual produk. Banyak bisnis, termasuk bisnis online, yang menjual jasa.

Atau contoh lain misalnya, orang yang jago desain membuka bisnis berupa jasa pembuatan desain secara online. Orang yang memiliki bakat dalam berjualan akan cocok untuk membuka toko online. Sederhananya, konsumen akan mempercayakan sesuatu kepada ahlinya.

3. Tentukan Media

Cara memulai bisnis online dari nol yang berikutnya adalah menentukan media dalam menjalankan bisnis. Media yang dimaksud di sini adalah apakah bisnis akan dilakukan dengan perantara atau tidak. Contoh mudahnya media perantara adalah seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, OLX, Amazon, Ebay, dan lain sebagainya.

Sementara itu, tanpa menggunakan media perantara berarti produk dan/atau jasa akan ditawarkan langsung kepada konsumen tanpa perantara. Hubungan yang terjalin adalah dua arah antara si pemilik bisnis dengan konsumen. Tidak ada pihak ketiga yang memfasilitasi hubungan tersebut.

Terdapat pro dan kontra dalam menentukan apakah bisnis yang dijalankan memerlukan media perantara atau tidak. Pro dan kontra inilah yang perlu diperhatikan, apakah  bisnis membutuhkan media perantara atau bisa berjalan sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kedua hal tersebut.

Menggunakan Platform yang Sudah Ada

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada platform yang bisa menjembatani antara pelaku bisnis online dengan konsumen. Amazon, Ebay, Tokopedia, atau Shopee untuk bisnis toko online; AirBnB untuk jasa penginapan; Fiverr untuk jasa freelance; dan lain-lain. Meskipun sama-sama berbentuk bisnis online, namun situs-situs tersebut memang bertujuan untuk menjadi perantara.

Banyak orang yang memulai bisnis online dengan memanfaatkan platform media seperti ini. Bagi yang ingin membukan toko online, maka langkah teraman adalah dengan membuka toko di situs pusat perbelanjaan online. Bagi yang ingin menawarkan jasa kreatif seperti menulis atau desain, mendaftar sebagai anggota pada situs freelance adalah pilihan yang tepat.

Dengan menggunakan platform media yang sudah ada, kemungkinan konsumen akan menemukan bisnis tersebut akan semakin besar. Anggap saja bergabung dengan situs perantara adalah salah satu langkah dalam mempromosikan bisnis online. Terlebih yang baru memulai dan belum memiliki nama.

Satu tips yang bisa diberikan jika memilih untuk menggunakan media perantara ini yang pertama adalah pastikan agar ‘lapak’ tampak paling keren. Misalnya dengan memasang gambar produk yang berkualitas tinggi serta memberikan penjelasan produk dengan sebaik-baiknya. Untuk jasa freelance, dapat dilakukan dengan mengunggah portfolio pada laman profil dan beri penjelasan singkat, padat, serta mengenai jasa yang ditawarkan.

Menggunakan Aplikasi Khusus

Rasanya agak berlebihan untuk mencantumkan ini sebagai cara memulai bisnis online dari nol, namun bukannya tidak mungkin. Memang akan jauh lebih sulit dan merepotkan, karena harus membangun dari nol. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun sebuah aplikasi pun tidak sedikit. Tentu itu akan mempengaruhi besarnya modal yang harus dikeluarkan untuk memulai sebuah bisnis.

Beberapa contoh bisnis online yang membutuhkan penggunaan aplikasi khusus adalah seperti Gojek atau Grab. Sulit bagi bisnis transportasi online ini untuk beroperasi jika tidak memiliki aplikasi khusus sejak awal. Administrator dari Gojek dan Grab perlu mengetahui langsung bagaimana kondisi di lapangan. Hal itu akan dapat terlaporkan dengan baik melalui aplikasi.

Oleh karenanya perlu dipastikan lagi, apakah benar-benar harus membangun aplikasi khusus untuk bisnis online atau tidak. Apabila masih bisa memanfaatkan media platform lain yang sudah ada, maka tak perlu sampai membuat aplikasi khusus. Namun, bisa dipandang aplikasi khusus memang diperlukan, maka lakukanlah.

4. Buatlah Website

Website adalah wajah dari sebuah bisnis online, karenaya para pakar menekankan betapa pentingnya keberadaan website bagi sebuah bisnis online. Konsumen akan mencari tahu terlebih dahulu produk dan/atau jasa yang ditawarkan dengan cara mengunjungi website. Oleh sebab itu, pembuatan website juga dimasukkan sebagai salah satu cara memulai bisnis online dari nol.

Tentukan Nama

Nama adalah sesuatu yang sangat penting, termasuk untuk sebuah bisnis online, sehingga dicantumkan dalam cara memulai bisnis online dari nol. Tak peduli meski Shakespare mengatakan apalah arti dari sebuah nama, namun adat budaya Indonesia mengajarkan bahwa nama adalah doa. Apa yang digunakan sebagai nama adalah representasi dari bisnis online yang dijalankan.

Tidak jarang konsumen yang mempertimbangkan nama dari bisnis dalam memberikan tingkat kepercayaan. Secara psikologis, orang akan lebih mempercayai bisnis dengan nama ProDesign dibandingkan dengan BelajarDesign sebagai jasa desain (nama adalah rekaan). Pilihlah nama yang terdengar profesional, sehingga orang tidak akan sempat merasa ragu.

memilih nama domain

Jadikan nama sebagai brand dan gunakan untuk nama domain website. Menggunakan nama bisnis, walau online, sebagai nama domain website akan meningkatkan nilai profesionalitas di mata konsumen. Konsumen akan menilai bahwa bisnis dijalankan secara serius. Selain itu, pilihlah nama yang mudah diingat, sehingga konsumen (dan calon konsumen) tidak akan tersesat saat mencoba mengunjungi website.

Oleh sebab itu sangat disarankan untuk menentukan nama bisnis dan mendaftarkan nama domain dalam waktu bersamaan. Siapa tahu sudah ada yang menggunakan nama yang telah dipilih untuk domain website lain. Untuk lebih amannya, akan lebih baik jika menyiapkan beberapa nama alternatif lain.

Useable Website

Setelah nama, langkah selanjutnya dalam cara memulai bisnis online dari nol yang terkait dengan websiter adalah adalah menentukan desain. Disarankan untuk menggunakan desain yang cenderung polos dan tidak terlalu mencolok. Mata akan cepat lelah saat melihat obyek dengan warna-warna yang mencolok. Secara tidak langsung hal itu akan berpengaruh pada lama waktu kunjungan konsumen.

Pastikan fitur menu yang ada dalam website mudah untuk dioperasikan, meskipun oleh orang yang tidak terlalu menguasai teknologi. Artinya pemilihan desain dan ukuran huruf serta pemilihan warna dan gambar latar harus ramah dan sederhana. Letakkan fitur menu pada bagian yang akan mudah terlihat dan jangan terlalu banyak menambahkan gadget atau widget.

Mobile Friendly

Grafik pengguna ponsel pintar di dunia, termasuk Indonesia, terus mengalami peningkatan. Mulai dari anak-anak hingga lansia tak asing lagi dengan benda temuan abad ke-21 ini. Angka ini pun turut meningkatkan pula pengguna internet. Menurut sebuah hasil survei, diketahui bahwa lebih dari lima puluh persen pengguna internet melakukannya dari ponsel pintar.

Website pun dituntut turut beradaptasi dan semakin gencar digalakkan untuk ramah terhadap pengguna ponsel pintar. Beberapa cara yang bisa dilakuan adalah misalnya dengan membatasi jumlah kata maksimal dalam kalimat dan mempersingkat panjang paragraf. Kalimat atau paragraf yang terlalu panjang akan melelahkan mata jika dibaca melalui layar ponsel.

Selain itu, resolusi gambar atau video pun diperkecil tanpa mengurangi kualitas adalah salah satu langkah dalam cara memulai bisnis online dari nol. Penggunaan gambar atau video dengan resolusi tinggi dapat memperlama proses loading bagi konsumen yang mengunjungi website dengan ponsel. Bahkan Google menambahkan mobile friendly sebagai salah satu variabel dalam perangkingan website.

5. Tingkatkan Traffic Pengunjung Website

Setelah membuat website, langkah berikutnya dalam cara memulai bisnis online dari nol adalah meningkatkan traffic. Angka jumlah kunjungan website atau lebih dikenal sebagai traffic menjadi salah satu patokan utama dalam melihat kesuksesan dalam mempromosikan bisnis online. berikut adalah 3 hal yang perlu diperhatikan agar traffic pengunjung website meningkat.

Konten Unik dan Kreatif

Sama halnya dengan website natural non bisnis, website khusus bisnis online pun perlu yang namanya konten unik. Keberadaan konten yang unik dapat menjamin peningkatan angka traffic pengunjung website. Meningkatnya angka traffic dapat diasumsikan akan meningkatkan pula angka pengenalan produk yang berujung pada meningkatnya angka penjualan.

Cara memulai bisnis online dari nol tentang meningkatkan traffic pengunjung website melalui konten, berhubungan erat dengan kreativitas dari pelaku bisnis. Mengunggah konten-konten yang unik dan kreatif akan menjadikan website menjadi terkenal dan mengundang banyak pengunjung. Tak harus menjadi website berumur dengan segudang pengalaman. Banyak juga website baru yang langsung melejit karena keunikan yang dimiliki.

Nilai lebih bagi website bisnis online untuk menyertakan konten unik adalah menambah potensi (calon) konsumen dari para pengunjung yang datang karena penasaran. Andaikan terdapat setidaknya 1 orang yang tertarik menjadi konsumen dari setiap 10 pengunjung, berapa jumlah konsumen yang akan didapatkan jika angka tersebut dinaikkan. Akan ada 10 konsumen dari 100 pengunjung dan 100 konsumen dari 1000 kunjungan.

Kualitas Gambar dan Video

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya pada salah satu poin cara memulai bisnis online dari nol mengenai mobile friendly. Kualitas gambar dan video yang diunggah juga akan mempengaruhi jumlah kunjungan. Mengunggah gambar dan video berkualitas, namun dengan resolusi yang rendah akan membuat betah pengunjung. Pengalaman itu pun tidak jarang ingin diulangi dan kemungkinan besar akan ditularkan.

Kecepatan loading gambar dan video dengan kualitas baik ikut membentuk image dari website yang secara langsung mempengaruhi image bisnis online. Memiliki website yang informatif dengan ditunjang gambar dan video berkecepatan loading tinggi dan berkualitas adalah suatu keharusan di era digital ini. Tidak hanya kekuatan internet dari pengunjung, akan tetapi besarnya resolusi yang digunakan pun sangat berpengaruh.

Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan tidak memposting banyak gambar dalam satu postingan. Selain itu, ada baiknya untuk comprese gambar sebelum mengunggahnya. Sedangkan untuk video, kalau bisa hindari mengunggah video beresolusi tinggi. Resolusi yang disarankan adalah antara 240p sampai dengan 480p, jika kurang video tidak akan jelas dan jika lebih akan membutuhkan waktu loading lebih banyak.

Posting Artiket yang Masih Berkaitan dengan Jenis Bisnis

Pertimbangkan untuk menambahkan menu blog pada website sebagai ruang untuk memposting artikel-artikel yang berkaitan dengan jenis produk dan/atau jasa. Tidak harus berisikan artikel promosi langsung, karena dapat juga berupa artikel ulasan mengenai topik-topik yang berhubungan. Banyak yang telah membuktikan bahwa menulis artikel dapat dijadikan sebagai salah satu cara memulai bisnis online dari nol yang efektif.

Misalnya saja, produk dari bisnis online yang dijalankan adalah sabun dari bahan natural. Artikel terkait yang diposting melalui blog dapat berupa kelebihan bahan-bahan alami untuk produk kulit. Tentunya artikel yang dimaksud adalah yang memenuhi standar SEO (search engine optimization). Pada saat ada orang yang mencari kata kunci yang berkaitan, mesin pencari akan mengarahkannya pada artikel tersebut.

Sebagai sebuah bisnis online yang baru, pastinya tidak akan banyak orang yang mengenalnya. Di sinilah fungsi dari artikel terkait dengan produk dan/atau jasa yang diposting. Ketika diarahkan pada artikel sesuai dengan kata kunci yang dituliskan, pasti akan mengundang rasa penasaran. Dari situ, muncul keinginan untuk menjelajahi isi website dan datanglah calon konsumen.

Inilah kenapa pada langkah kedua poin ketiga, ditekankan mengenai memilih jenis bisnis online yang disukai. Sebagai sebuah bisnis baru, dengan kemungkinan terbesar budget teratas, kemampuan untuk menggunakan jasa penulis artikel profesional pun kian kecil. Pilihan termurah adalah dengan menulis sendiri artikel yang akan diposting.

Satu atau dua artikel yang tidak sesuai dengan minat mungkin masih bisa, tapi bagaimana nantinya jika sudah memasuki postingan kesekian belas dan seterusnya. Minimnya penguasaan ataupun rasa senang saat menulis dapat mempengaruhi efek tulisan. Ditakutkan, bukannya mengundang calon konsumen, justru akan membuat orang enggan berkunjung kembali.

6. Pertimbangkan Program Afiliasi atau Iklan Berbayar

Cara memulai bisnis online dari nol yang selanjutnya adalah mempertimbangkan program afiliasi atau iklan berbayar. Poin langkah ini dapat dilihat melalui dua sudut pandang, yaitu mengikutinya atau melakukannya sendiri.

Pertama, mengikutinya. Di sini, pengusaha bisnis online mendaftarkan diri (bisnisnya) pada program afiliasi dan/atau sebagai sarana untuk iklan berbayar dari situs lain. Artinya mendapatkan penghasilan sampingan selain dari hasil penjualan produk dan/atau jasa. Dengan menyediakan ruang untuk menawarkan produk dan/atau jasa lain dapat menambah pemasukan selain dari penjualan langsung.

Hanya saja, aktivitas ini sebaiknya dilakukan jika memanfaatkan platform perantara sebagai sarana promosi, bukan website sendiri. Apabila menggunakan website sendiri, dikhawatirkan justru akan membingungkan konsumen mengenai produk dan/atau jasa yang ditawarkan. Terlebih karena merupakan bisnis baru dan harusnya membesarkan ‘toko’ sendiri, bukannya sibuk menawarkan ‘dagangan’ orang lain.

Kedua, melakukannya sendiri. Berarti, membuka program afiliasi atau membuat iklan berbayar sendiri yang ditujukan untuk website dan blog lain. Cara memulai bisnis online dari nol yang satu ini memang terbukti ampuh dalam menaikkan angka kunjungan ke website. Dikarenakan para pengguna internet sebagai calon konsumen belum mengenal nama dari bisnis online yang baru ini.

Sayangnya, ini terlalu riskan untuk dilakukan oleh bisnis online yang baru saja memulai usaha, karena tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Program afiliasi sama halnya dengan mengurangi jumlah keuntungan penjualan dan memasang iklan berbayar artinya menambah biaya promosi. Lain halnya jika ini dilakukan oleh jenis bisnis yang memang sudah dimaksudkan untuk langsung menjadi besar.

7. Bangun Reputasi

Fungsi utama internet adalah untuk mencari beragam informasi. Ada banyak informasi yang dapat ditemukan melalui internet. Mulai dari yang paling ekstrem hingga yang paling aneh. Oleh karenanya, dengan melakukan cara memulai bisnis online dari nol langkah ke-5 poin ke-3, sudah termasuk menyediakan sarana informasi.

Dengan informasi yang disediakan tersebut, akan semakin banyak orang yang merujuk pada website dan akhirnya akan mengetahui mengenai bisnis online tersebut. Tidak seperti legenda Candi Prambanan yang selesai dalam waktu semalam, reputasi dari sebuah bisnis online perlu dibangun secara bertahap. Dimulai dengan memberikan informasi, lalu lama kelamaan pasti akan diketahui mengenai bisnis yang dijalankan.

Selain dengan menyediakan blog berisi informasi pada website, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk membangun reputasi website. Di antaranya seperti  menggelar acara give away serta rajin berkomentar di media sosial dan forum online. Bisa juga menambahkan tomboll ‘kirim ke teman’, khususnya pada konten yang dirasa cukup mumpuni dan layak untuk dibagikan.

8. Legalisasi Bisnis

Satu hal yang paling sering dilupakan dari cara memulai bisnis online dari nol adalah measalah legalisasi bisnis. Tidak sedikit yang berpendapat bahwa karena hanya merupakan bisnis online, maka tidak perlu mendaftarkan bisnis kepada pemerintah. Padahal anggapan tersebut salah. Justru, jika ingin serius menekuni bisnis online, harus memikirkan sampai pada masalah kelegalan bisnis yang dijalankan

Pahami Aturan Mengenai Bisnis Online

Seiring berjalannya waktu, kini bisnis online pun telah dibuatkan regulasi dan aturan khusus. Semakin banyak orang yang menggeluti dunia bisnis secara online, sehingga pemerintah pun harus dapat bersikap fleksibel. Kini dikenal ada undang-undang khusus yang mengatur masalah internet dan bisnis online di Indonesia.

Melalui undang-undang mengenai informasi dan transaksi elektronik (UU ITE), sudah dijelaskan mengenai aturan yang harus dipatuhi dalam menjaga informasi yang bersifat rahasia. Khususnya yang terkait dengan data konsumen. Dengan demikian, rasa percaya konsumen pun akan muncul dan ada jaminan bahwa informasi data diri yang diberikan tidak akan disalahgunakan.

Daftarkan Bisnis pada Instansi yang Bertanggung Jawab

Apabila tetap berpacu pada konsep bisnis lama yang harus berwujud, maka perlu menunggu sampai bisnis seramai Tokopedia baru bisa mendaftarkan bisnis secara legal. Padahal banyak bisnis-bisnis kelas menengah yang tak memiliki omzet sebesar Tokopedia, tapi mungkin malah jauh lebih besar dibandingkan bisnis konvensional. Ingat, tak berwujud bukan berarti tak ada.

Urus Masalah Perpajakan Bisnis

Setelah mengurus masalah melegalkan bisnis, langkah selanjutnya dalam cara memulai bisnis online dari nol adalah mengurus pajak. Ada baiknya mengurusi pajak bisnis online sejak awal daripada kerepotan dan terkena sanksi di kemudian hari setelah bisnis membesar. Paling baik adalah dengan berkonsultasi kepada ahli pajak yang berpengalaman.

Demikian langkah-langkah dalam cara memulai bisnis online dari nol yang dapat diikuti untuk memulai bisnis. Sama halnya seperti jenis bisnis konvensional, bisnis online pun memerlukan keseriusan dalam menekuninya. Bahkan diperkirakan, dalam tiga puluh tahun mendatang, bisnis online akan sepenuhnya menggantikan sistem bisnis lama.

error: Content is protected !!